Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Jurnalistik

Daftar Isi

    LancangkKuning.com - Seiring perkembangan media pemberitaan di Indonesia, dunia jurnalistik semakin diminati sebagai peluang untuk berkarir. Tak heran, jika jurusan ilmu komunikasi, terutama jurnalistik menjadi salah satu program studi yang menjadi incaran para calon mahasiswa.

    Jurnalistik merupakan program studi yang mempelajari tentang proses, mengumpulkan informasi, teknik dan penyuntingan penulisan hingga publikasi atau penyiaran berita. Namun dalam etimologisnya, jurnalistik diartikan sebagai laporan terkait peristiwa yang terjadi sehari-hari. Sedangkan, kegiatan jurnalistik bertujuan untuk memberikan suatu informasi yang sudah berbentuk berita kepada masyarakat.

    Di Indonesia sendiri, hampir setiap perguruan tinggi membuka program studi jurnalistik. Bahkan, tidak sulit menemukan akademi atau sekolah tinggi yang fokus mempelajari segala hal tentang jurnalistik.

    Kelebihan Jurusan Jurnalistik

    Salah satu keuntungan belajar di jurusan jurnalistik adalah memperoleh jenjang karir yang di media pemberitaan. Selain itu, ada banyak kelebihan lainnya yang diperoleh dari program studi atau jurusan jurnalistik seperti berikut ini:

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Lapangan Kerja Beragam

    Umumnya, tujuan mahasiswa yang memilih jurusan jurnalistik adalah berkarir dan bekerja di media pemberitaan. Tapi ternyata, peluang kerja untuk mahasiswa jurnalistik lebih luas dari sekedar menjadi jurnalis atau wartawan.

    Meski jurusan jurnalistik sangat fokus pada ilmu tentang memproses informasi menjadi berita hingga layak untuk dipublikasikan, jurusan jurnalistik juga membuka peluang bagi lulusannya untuk berkarir di dunia perfilman, periklanan hingga bahkan perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran.

    1. Skill Baragam

    Ketika memilih jurusan jurnalistik artinya kamu akan menguasai berbagai skill sebagai bekal di lapangan. Seperti, kemampuan komunikasi melalui lisan maupun tulisan, kemampuan wawancara, hingga kemampuan teknis dan teknologi informasi.

    1. Wawasan Luas

    Kelebihan selanjutnya yang diperoleh dari mempelajari jurusan jurnalistik, kamu akan memiliki wawasan. Sebab, mahasiswa jurnalistik tidak hanya mempelajari satu bidang, melainkan banyak aspek yang harus dipelajari. Mulai dari hukum, ekonomi, politik, psikologi, kesehatan dan lain sebagainya.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung

    Mahasiswa diharuskan memahami ilmu-ilmu lainnya sebagai bekal untuk memperoleh informasi yang tepat, akurat serta otentik sebelum disusun menjadi sebuah berita. Selain itu, mahasiswa jurnalistik mampu mengetahui informasi lebih awal meski masih barada di masa perkuliahan.

    1. Kemampuan Penyempurnaan Ejaan

    Mahasiswa jurnalistik menguasai teknik tulis menulis sebagai keahlian utama. Memang, semua orang bisa menulis. Tapi tidak semua orang mampu menulis dengan baik dan benar sesuai ejaan yang sudah ditetapkan.

    Nah, dengan menjadi mahasiswa jurusan jurnalistik, kamu akan menguasai teknik penyempurnaan ejaan dan tata bahasa secara baik dan benar setiap menulis untuk berbagai tema tulisan.

    1. Kemampuan Mengenal Beragam Karakter

    Tujuan utama program studi atau jurusan jurnalistik adalah mencetak jurnalis yang mampu berdaya saing di media pemberitaan. Sebab itu, seorang mahasiswa jurnalistik harus mampu mengenal beragam sifat maupun karakter narasumber.

    Mengenal karakter seseorang dibutuhkan untuk menghadapi narasumber ketika akan diwawancarai. Karena, tidak sedikit jurnalis yang mendapat penolakan dari berbagai narasumber ketika ingin mendapatkan suatu informasi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Berkepribadian Tangguh

    Meski terdengar mudah, jurusan jurnalistik adalah program studi yang menuntut mahasiswanya siap menanggung dan menangani segala kondisi serta risiko yang ada di lapangan.

    Hal ini disebabkan karena seorang mahasiswa jurnalistik selalu dihadapkan dengan setumpuk tugas kuliah tentang pencarian fakta dan pengumpulan kebenaran, belum lagi deadline atau batas pengumpulan tugas yang cenderung singkat. Alhasil, mahasiswa jurnalistik menjadi pribadi yang tangguh dan siap menanggung segala risiko saat melakukan peliputan.

    Kekurangan Jurusan Jurnalistik

    Selain beberapa keuntungan di atas, ada banyak lagi kelebihan jurusan jurnalistik. Namun, ada pula kekurangan didapatkan dari jurusan jurnalistik. Pertama, jurusan jurnalistik tidak cocok untuk mereka yang cenderung sulit beradaptasi di lingkungan baru. Sebab, seorang jurnalis akan selalu menemui lingkungan baru ketika melakukan peliputan.

    Kedua, meski jurusan jurnalistik memberikan kemampuan terkait teknologi informasi, namun bukanlah program studi yang fokus pada dunia teknologi. Sehingga tidak cocok untuk mereka yang cenderung senang berdiam di balik layar. Sebab, mahasiswa jurnalistik harus siap ke lapangan dan melakukan peliputan di lokasi peristiwa dengan berbagai tantangan serta risiko yang ada.(V0l1-Yl)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Jurnalistik
    Sangat Suka

    10%

    Suka

    60%

    Terinspirasi

    10%

    Tidak Peduli

    20%

    Marah

    0%

    Komentar