Amerika Pelajari Gelombang Otak Gamers buat Latih Robot Militer

Daftar Isi


    Foto: Artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

    LancangKuning.com, AMERIKA – Sekelompok peneliti tengah mempelajari gelombang otak dan gerakan mata para pemain video game. Tujuannya untuk membangun kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) canggih guna mengoordinasikan robot militer.

    Baca Juga: Setelah Virus Corona, Kini Teror Miliaran Belalang Raksasa Serang China

    US Defence Advanced Research Projects Agency atau DARPA, mengeluarkan dana sebesar US$ 316.000 atau Rp4.4 miliar, kepada tim Artificial Intelligence dari University at Buffalo untuk penelitian ini.

    Baca Juga: Ramai di Medsos, Layanan Curhat dan Pelukan

    Meskipun pembuatan robot militer terinspirasi oleh banyak hal, namun para peneliti meyakini bahwa manusia memiliki banyak potensi untuk meningkatkan sistem pembelajaran AI. Studi yang dilakukan terhadap 25 pemain video game akan mencakup game strategi real-time seperti StarCraft, Stellaris dan Company of Heroes.

    "Idenya adalah untuk menghadirkan 250 robot yang bekerja dalam situasi kompleks. Misalnya mungkin ketika kehilangan penglihatan karena timbulnya asap dalam keadaan darurat. Robot harus dapat berkomunikasi secara efektif dan beradaptasi dengan tantangan seperti itu," kata peneliti utama, Souma Showdhury, dikutip Fox News, Senin 24 Februari 2020.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Saat para gamers sedang beraksi, para peneliti akan mempelajari keputusan yang mereka buat, melacak pergerakan mata mereka dengan kamera berkecepatan tinggi dan menonton aktivitas otak mereka melalui electroencephalograms.

    Data itu kemudian akan digunakan untuk membangun algoritma kecerdasan buatan, yang membantu perilaku robot udara dan darat yang bersifat otonom.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    "Kami tidak ingin sistem AI hanya meniru perilaku manusia. Kami ingin kecerdasan buatan itu membentuk pemahaman yang lebih dalam tentang apa yang memotivasi tindakan manusia. Itulah yang akan mengarah pada AI yang lebih maju," ujar Chowdhury.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Amerika Pelajari Gelombang Otak Gamers buat Latih Robot Militer
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar