Waduh! Gelombang Panas Bikin Antartika Mencair

Daftar Isi

     

     

     

    LancangKuning.com-Antartika mencair. Benua yang biasanya jadi tempat terdingin di Bumi itu terlihat meleleh akibat gelombang panas.

    Observatorium Bumi NASA baru saja merilis dua foto hasil jepretan satelit Landsat 8. Dari visual tersebut menyoroti bagaimana perubahan dramatis telah terjadi, yang mana es dan salju yang biasanya menyelimuti Antartika secara perlahan menghilang.

    NASA memotret fenomena tragis itu di Eagle Island. Pada foto pertama diambil pada 4 Februari yang masih menampakkan banyak laposan salju. Di foto kedua yang dipotret pada 13 Februari, memperlihatkan adanya dataran salju meleleh menjadi sebuah kolam bercorak biru terang dan banyak tanah terbuka.

    "Saya belum melihat kolam leleh berkembang dengan cepat di Antartika," kata Mauri Pelto, seorang ahli Glasiologi di Nichols College di Massachusetts dikutip dari Cnet, Senin (24/2/2020).

    Sebagai informasi, Eagle Island letaknya tidak terlalu jauh dari pangkalan penelitian Esperanza Argentina, tempat di mana rekor suhu tinggi dicatat pada 6 Februari.

    Kejadian ini turut menarik perhatian World Meteorological Organization yang turut memverifikasi pembacaan rekor suhu yang terjadi. Menurut mereka, gelombang panas mampu melelehkan sekitar 20% dari akumulasi salju musiman di Eagle Island dalam hitungan hari.

    "Jika kalian berpikiri kalau ini berlangsung hanya di Februari, seharusnya ini tidak terlalu signifikan. Lebih penting bahwa peristiwa ini datang lebih sering," tutur Pelto.

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Waduh! Gelombang Panas Bikin Antartika Mencair
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar