Pengertian Media Interaktif

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Media interaktif berasal dari bahasa latin (‘multi berarti banyak’ dan ‘medium berarti suatu yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu’).

    Menurut para ahli arti multimedia yaitu:

    1. Pada tahun 1994 Vaughan berpendapat bahwa multimedia adalah gabungan kombinasi dari video, teks, animasi dan lainnya dimana semuanya di salurkan dengan menggunakan komputer atau menggunakan elektronik lainnya.
    2. Pada tahun 1995 Rada berpendapat bahwa multimedia adalah suatu perpaduan dari aliran media. Contohnya yaitu dimana suatu gambar bergerak yang di gabungkan dengan suara.
    3. Pada tahun 1999 Molenda, Russell dan Smaldino, Heinich juga berpendapat bahwa multimedia merupakan suatu yang merujuk kepada bermacam kombinasi dari berbagai format media, dimana semuanya di integrasi ke dalam bentuk informasi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Dari pendapat para ahli tersebut dapat disimpulkan multimedia adalah suatu gabungan dari berbagai media dimana isinya berupa grafik, audio, teks dan interaksi dimana semuanya di sampaikan oleh pengirim melalui informasi ke penerima.

    Multimedia juga terbagi atas dua kategori linear dan interaktif. Multimedia linear merupakan suatu multimedia yang tidak dilengkapi oleh alat pengontrol dimana alat tersebut tidak bisa digunakan oleh pengguna. Multimedia tersebut berjalan sesuai urutan. Misalnya: Film dan TV. Sedangkan multimedia interaktif merupakan suatu multimedia yang telah dilengkapi oleh alat pengontrol dimana alat tersebut bisa digunakan oleh pengguna.

    Dari uraian tersebut disimpulkan bahwa jika pengguna dapat kebebasan saat mengontrol multimedia nya, maka dari itu juga disebut dengan multimedia interaktif.  Multimedia interaktif juga menggabungkan semua media, yaitu :

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso

    1. Teks
      Teks merupakan suatu simbol yang berbentuk medium visual dimana simbol tersebut kita gunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks terdiri dari berbagai jenis tipe misalnya arial dan lain sebagainya, juga terdiri berbagai warna dan ukuran. Teks juga memiliki ukuran yaitu size dan length.  Length digunakan untuk menyatakan banyak dari teks dalam halaman. Sedangkan size digunakan untuk menyatakan ukuran kecil atau besarnya huruf.
    2. Grafik
      Grafik merupakan suatu medium yang berbasis visual. Dimana semua gambar yang berbentuk dua dimensi disebut dengan grafik. Jika suatu gambar yang di render dalam tiga dimensi, maka akan tetap disajikan juga dalam bentuk dua dimensi.  Grafik juga memberikan kenyataan atau menyajikan lewat ikonik. Grafik yang memberikan kenyataan yaitu sebuah foto sedangkan ikonik yaitu kartun.
    3. Audio
      Audio merupakan suatu medium yang berbasis suara. Dimana suara bisa di dengar dengan menggunakan salah satu indera kita yaitu indera pendengaran. Misalnya yaitu back sound.
    4. Interaktif vitas
      Interaktif vitas merupakan suatu rancangan yang berada di belakang program multimedia. Interaktif vitas memberikan suatu izin seseorang di dalam mengakses berbagai bentuk media dimana program tersebut bisa memuaskan penggunanya.
      Interaktif vitas juga dibagi menjadi dua struktur yaitu linear dan nonlinear. Dimana linear memberikan satu pilihan kondisi sedangkan nonlinear memberikan banyak pilihan untuk pengguna.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Pada tahun 2002 Greet dan Brown berpendapat bahwa untuk menyajikan multimedia ada beberapa metode yang digunakan, yaitu:

    • Menggunakan kertas, misalnya: majalah.
    • Menggunakan cahaya, misalnya: transparasi.
    • Menggunakan suara, misalnya: radio.
    • Menggunakan gambar yang bergerak, misalnya televisi.
    • Menggunakan digital, misalnya: komputer.

    Manfaat dari multimedia interaktif.

    • Membuat proses belajar menjadi lebih menarik.
    • Lebih interaktif.
    • Membuat sikap siswa dalam belajar bisa ditingkatkan.
    • Membuat kualitas siswa dalam belajar bisa ditingkatkan.
    • Dalam proses mengajar waktunya juga bisa dikurangi.

    Kelebihan dari multimedia dalam proses pembelajaran

    • Bisa membesarkan benda yang begitu kecil, contohnya bakteri.
    • Bisa mengecilkan benda besar, contohnya rumah.
    • Bisa memberikan suatu peristiwa yang sangat kompleks, yang rumit dan berlangsung dengan begitu cepat, contohnya sistem pada tubuh manusia.
    • Bisa memberikan peristiwa yang begitu jauh, contohnya salju.
    • Bisa memberikan suatu peristiwa yang berbahaya, contohnya gempa.(Indah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Media Interaktif
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar