Hari Kedua Kegiatan Bounjour yang Diadakan Mahasiswa UNRI Jurusan Biologi

Daftar Isi

    Foto: Kegiatan Bounjour pada hari kedua

    LancangKuning.com, Pekanbaru - Melanjutkan kegiatan Pengabdian Biologi (BONJOUR) 2020 dengan tema "Biologi Bersinergi Mengabdi pada Negeri" yang dimulai sejak Hari Jumat, 14 Februari 2020 lalu, hari kedua berlangsungnya kegiatan ini dimulai dengan agenda solat subuh berjamaah di Bumi Perkemahan Kuntu, Kecamatan Kampar, Kampar Kiri, Sabtu (15/02/2020).

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Kegiatan BONJOUR di hari kedua dilanjutkan dengan kultum yang disampaikan oleh Bapak Hari Kapli, M. Si. Kultum tersebut disampaikan selepas solat subuh berjamaah. Setelah itu, peserta diajak untuk berceria bersama meningkatkan semangat pagi melalui senam yang dilakukan selama 10 menit.

    Foto: Kegiatan Bounjour pada hari kedua

    Sebelum memasuki kegiatan inti, peserta disuguhkan sarapan pagi. Peserta diberi waktu 30 menit untuk sarapan dan bersiap dalam agenda Art of Survive. Pemateri dari agenda ini adalah Bapak Delsem Fetibel Puga dan Bapak Farok Azmi dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS). Materi yang disampaikan dalam agenda Art of Survive oleh anggota BASARNAS ini berkenaan tentang cara bertahan hidup di alam bebas dengan alat pertahanan yang minim dan simulasi bagaimana membuat api atau pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan. "Kami berharap dengan materi yang luar biasa ini, mampu meneguhkan ketangguhan peserta terutama saat terjun ke lapangan", ujar Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Biologi (BONJOUR) 2020, Saudara Muhammad Nurdin.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Agenda selanjutnya adalah Biologi Asik Praktikum menarik. Agenda ini diisi langsung oleh alumni Biologi yang telah berpengalaman. Peserta dibagi menjadi tiga pos dengan materi yang berbeda. Pos pertama diisi oleh pemateri Dwi Adhari Nugroho, M.Sc dan di pos ini peserta diajarkan materi maupun praktik mengenai maping atau pemetaan data observasi di lapangan. Pos kedua diisi oleh pemateri Syafroni Pranata, M.Si.  Pos kedua tersebut adalah pos materi tentang ilmu tumbuhan atau Botani. Pos ketiga diisi oleh pemateri Nafisha 'ul Husna, S. Si yang menyampailan materi ilmu hewan atau zoologi dengan kaitannya terhadap ekologi kepada peserta.

    Memasuki agenda inti lainnya, yaitu Biology Back to Nature,  Peserta melalukan pengabdian desa melalui penyerahan 6 jenis pohon sebanyak 250 bibit pohon. Proses penyerahan bibit pohon kepada Kepala Desa Kuntu, Kecamatan Kampar Kiri ini dipimpin oleh Ketua Jurusan Biologi FMIPA UNRI yang diwakilkan oleh Dr. Fitmawati, M.Si selaku Sekretaris Jurusan Biologi FMIPA UNRI.

    Baca Juga:

    Agenda BONJOUR hari kedua dilanjutkan pada malam hari setelah solat maghrib dan makan malam. Agenda penutup BONJOUR hari kedua adalah Gelora Api Semangat dan Pentas Seni oleh peserta BONJOUR 2020. Dimulai dengan pembukaan kata sambutan sekaligus peletakan api unggun pertama oleh Dr. Fitmawati, M.Si, peserta maupun senior dan alumni Biologi FMIPA UNRI berseru semangat menyambut pentas seni yang akan ditampilkan oleh peserta. Berbagai jenis kecerian tercuat dari kekreatifitasan peserta mulai dari yel-yel, jargon, drama, musikalisasi puisi, ataupun vocal group yang bertemakan "Nasionalisme".

    Narasumber : Ketua Pelaksana Pengabdian Biologi (BONJOUR) 2020 : Muhammad Nurdin

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hari Kedua Kegiatan Bounjour yang Diadakan Mahasiswa UNRI Jurusan Biologi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar