Mendadak Kena PHK, Apa yang Harus Dilakukan?

Daftar Isi

     

     

     

    LancangKuning.com-Pemutusan Hubungan Kerja alias PHK kembali menjadi pembicaraan. PHK menjadi momok bagi para pekerja, pasalnya apabila seorang pekerja di-PHK, pemasukannya pun berhenti.

    Usai kena PHK, bagaimana cara mengatur keuangan untuk bertahan hidup, apalagi kalau tidak memiliki tabungan?
     

    Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho memaparkan, hal yang pertama kali harus dilakukan setelah kena PHK adalah melakukan daftar jumlah aset dan uang yang dimiliki.

    "Kalau kena PHK, yang jelas pertama kali mesti menghitung ulang posisi keuangan ada di mana, maksudnya kita kan udah tahu kita akan dapat pesangon berapa. Kemudian digabungkan dengan kondisi saat ini kita punya cash dan aset berapa aja kita rinci. Mulai rumah, deposit, logam mulia, semuanya," kata Andy Minggu (16/2/2020).

    Setelah menghitung total aset, Andy mengatakan semua cicilan dan tanggungan per bulan pun harus dihitung. Jumlah tersebut pun harus ditambah lagi dengan pengeluaran sehari-hari selama sebulan. Dengan pendataan tersebut maka keuangan bisa direncanakan, mulai dari berapa besarannya maupun berapa lama estimasi waktu keuangan bisa bertahan.

    "Kemudian hitung juga posisi utang kalau ada, berapa banyak, dari cicilan yang kecil kayak kartu kredit sampai ke cicilan kayak KPR atau kendaraan. Nah semua ditambah juga kebutuhan sehari-hari, misal Rp 5 juta plus kebutuhan sehari-hari," jelas Andy.

    "Misalnya pesangon sama semua aset totalnya Rp 30 juta, dengan pengeluaran Rp 5 juta tadi dengan kondisi sekarang bisa 6 bulan kan," lanjutnya.

    Setelah tahu berapa lama keuangan bisa bertahan, keputusan untuk mencari penghasilan lagi harus segera dilakukan. Apakah ingin mencari kerja baru, ataupun membuka usaha sendiri. Hal tersebut pun harus dilakukan dengan cepat.

    "Nah kalau sudah begitu kita harus bisa cepat memutuskan bagaimana caranya kita mesti memutuskan nyari kerja lagi atau mau buka bisnis sendiri. Kalau tadi hartanya cuma bisa tahan 6 bulan, maka kalau bisa sebelum 2-3 bulan sudah bisa mencari uang lagi," kata Andy.


    Andy mengatakan dalam kondisi darurat seperti ini kalau memang belum bisa menghasilkan uang lagi lewat bisnis ataupun bekerja kembali, jangan ragu untuk menggadaikan aset.

    "Apabila kita belum bisa dapat pekerjaan atau membuka bisnis belum kasih harapan. Baru mulai lihat aset apa yang bisa kita gadaikan untuk bertahan hidup," ungkap Andy.

    Usai PHK pekerja berada pada dua pilihan, mencari kerja baru atau beralih membuka usaha sendiri. Mana yang harus dipilih?

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mendadak Kena PHK, Apa yang Harus Dilakukan?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar