Tujuan Budidaya Perairan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Budidaya perairan salah satunya bertujuan untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Budidaya perairan merupakan cara yang tepat untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang tinggal di daerah ataupun wilayah perairan. Budidaya perairan dapat menjadi beberapa jenis bentuk yaitu budidaya perikanan, budidaya rumput laut, budidaya tiram, budidaya udang, dan budidaya yang lainnya.

    Budidaya perairan merupakan salah satu bentuk pemanfaatan atau cara memanfaatkan sumber daya yang ada pada alam, salah satunya ialah air.  Budidaya perairan memiliki banyak tujuan, selain meningkatkan dan memenuhi kebutuhan masyarakat, budidaya perairan bertujuan untuk pengelolaan sumber daya dari alam yang nantinya dapat memberi keuntungan kepada seorang pembudidaya.

    Jika kita mendengar budidaya perairan maka kita pasti tidak asing lagi dengan yang namanya ikan. Ikan merupakan bentuk dari pemanfaatan perairan, salah satunya yaitu budidaya perikanan. Ikan merupakan salah satu ternak yang paling banyak dan sering dibudidayakan didaerah perairan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Daerah ataupun wilayah yang terdapat perairan contohnya adalah pantai, sungai, danau, kolam, laut, danau buatan atau biasa disebut waduk. Tempat-tempat maupun wilayah tersebut kaya akan budidaya perairan karena, tempat dan wilayah tersebut mendukung dalam membudidayakan baik ternak dan juga berbagai jenis tanaman.

    Budidaya perairan merupakan bentuk usaha dan juga upaya budidaya yang mudah untuk dilakukan, serta memberikan keuntungan yang besar. Kenapa budidaya perairan dapat memberikan kemudahan serta sebuah penghasilan yang besar. Hal ini karena, tempat-tempat untuk budidaya perairan sangat banyak dan mudah untuk kita jumpai.

    Dari penjelasan tersebut kita bisa mengetahui bahwa, terdapat kemudahan dalam pencarian lokasi. Selanjutnya adalah memberikan keuntungan yang besar, budidaya perairan dapat memberikan keuntungan yang besar karena, dapat dijalankan dengan modal yang kecil. Namun, dengan adanya peluang yang besar seperti, kemudahan dalam pencarian lokasi dan modal kecil yang dapat dimanfaatkan  serta kebutuhan masyarakat yang bertambah.

    Beberapa bentuk budidaya perairan contohnya dapat kita ketahui sebagai berikut.

    Baca juga : Karakteristik Jenis-jenis Komoditas Hasil Pertanian

    • Budidaya hewan ternak contohnya;
      1. Budidaya ikan, ikan salah satu hewan ternak yang banyak dibudidayakan masyarakat karena kemudahan dalam merawat serta peminatnya yang banyak.
      2. Budidaya udang dan lobster, kedua ternak ini memiliki kesulitan dalam merawatnya namun, ternak ini memiliki peminat yang cukup banyak sehingga banyak yang membudidayakan.
      3. Budidaya kepiting, kepiting merupakan salah satu ternak yang juga banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Tidak lain karena, peminatnya yang banyak.
    • Budidaya sayuran serta tumbuhan air contohnya;
      1. Budidaya sayuran, sayuran yang dibudidayakan di air cukup banyak seperti, rumput laut, kangkung, dan yang lainnya.
      2. Budidaya tanaman atau tumbuhan seperti teratai dan eceng gondok sebagai tanaman hias.

    Budidaya perairan memiliki banyak tujuan lain beberapa diantaranya yaitu, dengan adanya budidaya perairan maka masyarakat tidak akan melakukan pengambilan sumber daya makanan yang terdapat dialam secara berlebihan, dengan demikian kita dapat mencegah terjadinya kerusakan ekosistem yang terdapat dialam.

    Mencegah kerusakan ekosistem dapat menjaga keseimbangan dan juga sumber daya alam yang tetap lestari. Adapun yang dimaksud dengan budidaya perairan yaitu bentuk usaha masyarkat dalam mengelola perairan menjadi sumber daya makanan melalui pemeliharaan dan juga perawatan. Hal ini karena, dengan membudidayakan atau memanfaatkan perairan kita telah membuka peluang kerja.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Dengan adanya lapangan pekerjaan akan memberikan pertumbuhan perekonomian yang merata. Dengan adanya pertumbuhan perekonomian yang merata dapat memberikan kemajuan pada suatu daerah. Dari penjelasan tersebut kita dapat mengetahui bahwa budidaya perairan memiliki peran dan fungsi yang sangat penting bagi perekonomian masyarakat.

    Budidaya perairan adalah salah satu cara yang dapat kita manfaatkan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup kita. Salah satunya yaitu untuk memenuhi kebutuhan pangan atau makanan. Makanan merupakan kebutuhan pokok yang selalu dibutuhkan setiap orang.(Rendi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tujuan Budidaya Perairan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar