4 Fungsi Utama Media Penyiaran

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kita tahu bahwa komunikasi massa adalah proses penyebaran pesan ke sejumlah besar khalayak melalui beberapa bentuk teknologi pada suatu waktu. Dan beberapa bentuk teknologi yang digunakan untuk menyebarkan pesan adalah media massa.

    Hampir setiap orang mendapatkan informasi tentang urusan dunia, nasional, dan lokal dari media massa. Fakta ini memberikan fungsi penting pada jurnalisme cetak dan siaran yang meliput mempengaruhi opini publik, menentukan agenda politik, menyediakan hubungan antara pemerintah dan rakyat, bertindak sebagai pengawas pemerintah, dan mempengaruhi sosialisasi.

    Media massa adalah sarana ampuh yang tidak hanya memengaruhi dunia saat ini tetapi juga membentuk berdampak pada dunia di masa depan. Dalam hal ini, media massa melakukan tugas penting untuk memberikan efeknya kepada khalayak.

    Bagaimana kita berkomunikasi melalui teknologi modern saat ini mungkin lebih penting daripada sebelumnya, tetapi apakah teori lama tentang komunikasi massa masih berlaku? Empat fungsi komunikasi massa adalah: Informasi, hubungan timbal balik, transmisi budaya dan hiburan. Dalam banyak hal, keempat fungsi komunikasi massa masih relevan dan dapat ditransfer ke media kontemporer.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Pengawasan atau Informasi Lingkungan

    Komunikasi massa ada untuk mengamati dan menginformasikan. Media massa memberi informasi kepada warga tentang berita dan acara. Di saat krisis, pengumuman media massa menawarkan peringatan dan instruksi.

    Misalnya, ketika bencana alam terjadi, seperti angin topan, badai salju dan tsunami, outlet media tradisional dan sosial adalah alat komunikasi utama untuk menyampaikan informasi tentang jalur badai yang akan datang atau untuk memberi tahu orang-orang tentang penutupan sekolah dan bisnis, dan bagaimana mencari tempat berlindung dan menemukan rute evakuasi.

    Media juga digunakan sebagai alat otoritas pemerintah untuk melindungi warga negara dengan pembaruan penting. Dengan adanya informasi penting seperti ini yang di sampaikan kepada orang banyak tentunya menghasilkan dampak positif, contoh jika ada daerah yang terkena bencana gunung meletus, dengan adanya media yang meliput banyak pihak yang akan mengulurkan tangan untuk membantu daerah tersebut baik dari pemerintah maupun masyarakat lain.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    1. Hubungan timbal balik

    Media dulunya adalah satu-satunya penengah dari apa yang terpilih sebagai berita dan tentang bagaimana penyiar dan jurnalis mengartikan informasi. Saat ini, platform media sosial seperti YouTube dan Facebook dapat mengindikasikan bahwa seringkali, tidak ada perantara, yang dapat menghubungkan peristiwa dengan cara yang objektif dan interpretatif.

    Pengguna dapat diberi makan cerita-cerita yang tidak masuk akal yang terlihat seperti "berita nyata," ketika, pada kenyataannya, mereka sama sekali tidak. Media massa adalah wahana yang digunakan pemerintah untuk memberi informasi, menjelaskan, dan mencoba mendapatkan dukungan untuk program dan kebijakannya.

    Contohnya seperti jika suatu ketika muncul kebijakan-kebijakan baru dari Presiden ataupun dari Parlemen, media selalu terus melakukan update berita tentang hal itu kepada publik dengan kata lain media menjadi perantara antara Pemerintah dengan rakyat.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Cultural Transmission and Influencing Societal Norms

    Meskipun dua fungsi pertama adalah untuk menyediakan dan menafsirkan berita dan informasi, yang ketiga memungkinkan media untuk mencerminkan dan mempengaruhi norma-norma sosial. Media berfungsi sebagai pemancar pesan budaya, membiarkan massa memahami apa yang dianggap sebagai bentuk perilaku yang dapat diterima.

    Budaya juga mengalami perkembangan. Apa yang tadinya tabu bisa menjadi norma ketika cukup banyak orang menerimanya dan kapan media melaporkannya. Contohnya semakin banyak wanita yang meraih prestasi dan mendapat jabatan yang tinggi sehingga anggapan masyarakat tentang perempuan yang harus tetap di rumah menjadi lebih berkurang.

    1. Pendidikan dan Hiburan

    Media juga berfungsi sebagai penyalur budaya yang mendidik dan menghibur. Jauh sebelum munculnya media massa, orang terpaksa menghibur diri. Mereka mungkin telah berpartisipasi dalam kegiatan atau menghadiri acara langsung. Kemunculan komunikasi massa memungkinkan pemirsa dan pendengar untuk melihat dan mendengar serta belajar secara real time dari mana pun mereka berada seperti di rumah atau di dalam ruangan.

    Platform media sosial mengambil faktor hiburan itu lebih jauh. Anda tidak perlu lagi bergantung pada penyiar radio atau produser untuk menyediakan hiburan Anda. Setiap anak dengan ponsel cerdas dapat mengunggah video konyol ke YouTube dan membuat Anda tertawa berjam-jam.(Ifana)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 4 Fungsi Utama Media Penyiaran
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar