karena Perubahan Iklim

Daftar Isi

     

    LancangKuning.com-Setelah 2019 tercatat sebagai tahun terpanas kedua sepanjang sejarah, Bumi terus mencetak rekor baru sebagai dampak dari perubahan iklim. Kali ini wilayah yang mulai memanas adalah Antartika, yang selalu dianggap sebagai daerah terdingin di Bumi.

    Senin (10/2/2020) badan meteorologi Argentina (SMN) melaporkan suhu di Antartika mencapai angka 18,3 derajat Celcius. Data ini diambil di pusat riset Esperanza di ujung utara Antartika pada 6 Februari lalu.

    Jika laporan ini berhasil diverifikasi, maka angka ini akan tercatat sebagai suhu tertinggi yang pernah dialami Antartika sejak data ini pertama kali dicatat pada tahun 1961. Sedangkan rekor sebelumnya adalah 17,5 derajat Celcius yang dicatat pada Maret 2015.

    Komite dari World Meteorological Organization (WMO) mengatakan bahwa mereka masih dalam proses untuk memverifikasi laporan tersebut.

    "Semua yang kita lihat sejauh ini mengindikasikan rekor yang kemungkinan sah tapi kita tentu akan memulai evaluasi formal tentang rekor ini setelah kita mendapatkan data penuh dari SMN dan dari kondisi meteorologi di sekelilingnya," kata Randall Cerveny dari WMO dalam keterangan resminya.

    Suhu yang sangat tinggi dan tidak umum ini kemungkinan terjadi karena hembusan udara yang lebih hangat di wilayah Antartika.

    WMO mendeskripsikan Antartika sebagai salah satu wilayah yang paling cepat memanas di planet Bumi. Tren mengerikan ini telah mengakibatkan melelehnya es di kutub yang secara langsung mempengaruhi level air laut.

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel karena Perubahan Iklim
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar