Komunitas Riau 2020 : Mendorong Dinas Perikanan dan Kelautan Melakukan Trobosan Riau Swasembada Ikan

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM - Pekanbaru -  Komunitas Riau 2020 mendorong Dinas Perikanan dan Kelautan Riau untuk meningkatkan hasil tangkap, guna mewujudkan swasembada ikan di Provinsi Riau.

    “Tujuan komunitas ini adalah mengontrol, menuangkan ide-ide, serta gagasan  kepada Dinas Perikanan dan Kelautan Riau,  untuk  pembangunan Riau kedepan, agar penghasilan ikan di Provinsi Riau meningkat dan menjadi  penghasil ikan terbanyak di dunia kembali, seperti yang dimuat  surat kabar De Indische Mercuur  menulis bahwa pada tahun 1928, Bagansiapiapi adalah kota penghasil ikan terbesar kedua di dunia setelah kota Bergen di Norwegia “ujar Andri Yulan sebagai Koordinator Komunitas Riau 2020 kepada wartawan lancangkuning, Jumat (18/03/2016).

    Gagasan terhadap dinas Perikanan dan Kelautan lebih kongkrit disampaikan oleh saudara Yulan sebagai koordinator

    1. Tingkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dengan program yang menjawab kebutuhan masyarakat. Baik dengan bantuan taktis atau dengan cara pemberdayaan.

    2. Hasil-hasil perikanan di Provinsi Riau harus memiliki nilai tambah.

    3. Wujudkan swasembada ikan di Provinsi Riau.

    4. Inventarisir Koperasi nelayan seluruh Kab/Kota di Provinsi Riau agar mendapat bantuan seperti kapal, alat tangkap, mesin, motor, dll, karena setiap bantuan yg diberikan kepada kelompok atau perorangan harus berbadan hukum.

    5. Tingkat kebutuhan Benih Ikan agar tidak improt lagi dari Provinsi Tetangga.

    6. Setiap SKPD di Provinsi Riau harus sinergi menyelesaikan persoalan masyarakat. 

    Lugas Andri Yulan

    Kedatangan komunitas disambut hangat oleh jajaran Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau Ibu Ir. Tien Mastina, M.Si

    “ Saya sangat mengapresiasi kedatangan  komunitas Riau 2020 dan mau ikut berperan dalam mendorong pembangunan perikanan dan kelautan” ujar Tien Mastina

    Diskusi mangkin mantab dengan paparan prestasi kerjaan dinas pariwisata dan kelautan, adapun prestasinya sebagai berikut :

    Produksi ikan s.d tahun 2014 (Validasi thn 2015) di Provinsi Riau adalah 211.743,85  Ton, sedangkan jumlah Penduduk Provinsi Riau sebanyak 6.125.283  Jiwa dengan Angka Konsumsi Ikan  sebanyak 40 Kg/Perkapita/Thn  (Angka Nasional 37,89 kg/Perkapita/Th) maka dapat dikatakan bahwa Provinsi Riau sudah memenuhi kebutuhan konsumsi ikan sendiri.

    Sedangkan Target Angka Konsumsi Ikan Provinsi Riau yg ditetapkan adalah 41 Kg/Perkapita/Thn dan Realisasi telah mencapai 40 Kg/Perkapita/Thn.

    Namun demikian dengan kerja keras melalui Program Gerakan Makan Ikan yang dicanangkan Dinas Perikanan dan Kelautan Sangat yakin Target ini dapat dicapai dalam waktu dekat. (BTN)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komunitas Riau 2020 : Mendorong Dinas Perikanan dan Kelautan Melakukan Trobosan Riau Swasembada Ikan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar