Anatomi Perangkat Keras Komputer

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Anatomi komputer, Komputer dapat menerima input, memproses atau menyimpan data, dan menghasilkan output sesuai dengan  yang dimasukkan ke atau di arahkan oleh . Sistem komputer terbagi 2 komponen yang bertanggung jawab untuk menyediakan input dan output data, untuk memanipulasi dan sambil memproses data, secara elektronik mengendalikan berbagai input, output, dan penyimpanannya.

    Perangkat keras ialah bagian nyata dari komputer. Padahal, perangkat lunak ialah serangkaian instruksi tak berwujud yang mengendalikan perangkat keras dan membuatnya melakukan tugas tertentu. Tanpa perangkat lunak tentu saja komputer tidak dapat di gunakan dengan baik. Perangkat keras merupakan komponen fisik pada komputer yang dapat mencakup semua bagian mekanik dan sebagainya.

    Perangkat masukan(input) Data yang di perintah oleh user diketik, dikirim, atau dikirim ke komputer melalui perangkat input. Perangkat input yang biasa atau umum adalah Keyboard, yang biasanya  ter dapat 104 tombol. Tombol karakter Tombol-tombol ini termasuk huruf, tanda baca, dan angka. Saat menekan tombol karakter apa saja, karakter yang ditampilkan tentunya sesuai dengan apa yang di perintah. 

    Baca juga :  Tempat Wisata di Pekanbaru

    Tombol fungsi Ada 12 yang akan diguna untuk melakukan tugas tersendiri tertentu tergantung pada sistem operasi saat ini yang sedang dijalankan. Kunci ini ditempatkan di bagian atas papan kunci, bisa dengan mudahnya diidentifikasi dengan huruf F diikuti oleh angka mulai dari 1 hingga 12.Tombol kontrol Alt, Ctrl, Shift, Insert, Delete, Home, End, PgUp, PgDn, Esc dan Arrow adalah kunci kontrol.Tombol navigasi Ini termasuk empat panah, Page Up dan Page Down, Home dan End. Tombol-tombol ini bertujuan untuk navigasi di sekitar dokumen atau layar.

    Tombol Toggle Scroll Lock, Num lock, Caps Lock adalah tiga tombol sakelar. Status sakelar ditunjukkan oleh tiga LED di sisi kanan atas keyboard. Misalnya, saat menekan caps lock, diketik (huruf) oleh pengguna akan muncul dalam huruf besar. Saat menekan lagi, huruf diketik di layar dalam huruf kecil. Tombol-tombol lain-lain Tombol-tombol ini termasuk Sisipkan, hapus, lepas, cetak Layar dll. Tombol-tombol pada keyboard ditempatkan baris dan kolom yang disebut matriks kunci. Setiap tombol memegang posisi sehubungan dengan baris dan kolom.

    Baca juga : Kelebihan Dan Kekurangan Fuzzy C-Means

    Saat tombol di tekan otomatis langsung mengirimkan sinyal ke papan sirkuit di dalam keyboard. Pengontrol keyboard, sehingga menentukan kode apa yang dikirimkan ke komputer oleh keyboard. Mouse Mouse adalah perangkat penunjuk yang terletak atau ada pada komputer. Ini digunakan untuk memindahkan kursor di sekitar layar dan untuk menunjuk ke suatu objek Pada layar video komputer untuk tujuan memilih atau mengaktifkan objek pada antarmuka yang disediakan, perangkat lunak saat ini sedang di saring dan menjalankan berbagai tugas.

    Ini mempunyai 2 atau lebih bisa jadi 3 tombol untuk mengklik. Mouse melacak gerakan pointer mouse dan merasakan klik lalu mengirimka kepada komputer sehingga dapat merespon dengan tepat. Mouse bisa dihubungkan kepada sistem baik melalui konektor USB atau secara nirkabel melalui radiasi inframerah. Mouse nirkabel perlu diberdayakan melalui baterai.

    Perangkat output atau perangkat pengeluaran menunjukkan hasil operasi pada data input atau mencetak data. Perangkat keluaran yang biasa terlihat/ digunakan adalah monitor atau unit tampilan visual. Printer digunakan untuk mencetak hasilnya. Monitor Ini beroperasi pada prinsip yang mirip dengan televisi biasa. Berbagai teknologi telah digunakan untuk monitor komputer.

    Baca juga :  Tempat Wisata di Riau

    Printer ialah perangkat yang mencetak data, laporan, dokumen, gambar, diagram, dll. Cara kerja printer -> berdasarkan kontak fisik dan kertas yang mampu membuat teks atau gambar <-. Lalu CPU merupakan otak dari sebuah komputer. Sebagian besar pemrosesan berlangsung di CPU. Selama pemrosesan, ini menempatkan lalu menyaring instruksi yang di terima program. Ini juga mengambil data-data memori dan perangkat input / output dan mengirim data kembali. (Redho)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Anatomi Perangkat Keras Komputer
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar