Manfaat Statistika Dalam Pendidikan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Statistika termasuk dalam bidang mata pelajaran matematika yang sejak awal kita pelajari sewaktu SMA dan juga di perkulihan. Tetapi statistika di tingkat perkulihan sangat berbeda dengan SMA di perkulihan lebih menjurus ke mata pelajaran statistika. Statistika dapat di artikan sebagai ilmu yang dapat di pelajari seperti data-data untuk di Analisis dan perkembangannya sangat cukup di zaman sekarang konsep dalam sebuah statistika sering digunakan di berbagai macam bidang ilmu apa saja.

    Di bidang ekonomi kita bisa tahu statistik pendapatan suatu negara dan itu sangat membantu. Di bidang sosiologi kita bisa tahu pertumbuhan penduduk di suatu kecamatan dan kita bisa tahu juga berapa banyak penyebarannya. Di bidang MIPA juga kita bisa gunakan untuk mendapatkan suatu rata-rata statistika untuk suatu percobaan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Kita juga sering menerapkan dasar sebuah statistika dalam kehidupan sehari hari tetapi kita tidak menyadari. Misalnya, kita sebagai seorang mahasiswa kita harus bisa manajemen uang supaya bisa sampai akhir bulan, dengan cara kita harus mempertimbangkannya pengeluaran setiap harinya. Dan itu sebagai contoh konsep statistika rata-rata. Contoh lainnya adalah seorang pedagang dia bahkan tidak menyadarinya bahwasanya dia telah menggunakan konsep statistika untuk mengetahui pendapatan mereka setiap harinya bahkan per-tahunnya.

    Di dunia pendidikan sering juga digunakan karena pendidikan banyak sekali menggunakan data-data. Contohnya, data suatu penerimaan mahasiswa, nilai mahasiswa dan juga absensi mahasiswa. Kata latin dari statistik adalah status yang maksudnya suatu negara. Untuk kegiatan pengumpulan data selalu berhubungan dengan negara, contohnya untuk mengetahui banyaknya penduduk, penghasilan penduduk dan juga berfungsi untuk administrasi.

    Statistik berupa angka atau bilangan data yang dikumpulkan, sehingga statistika bisa memberikan informasi untuk menyelesaikan masalah.

    Baca juga : Fungsi Mikrokontroler dan Mikroprosesor

    Statistik ialah untuk mencatat angka kejadian kasus yang tertentu. Statistik juga sebuah kumpulan fakta-fakta data yang berbentuk tabel yang disusun menjadi diagram, yang menggambarkan suatu masalah. Perbedaan statistika dengan statistik dalam bahasa Inggris “statistics” atau ilmu statistik, statistik dengan cara mengelompokkan dan mencari kebenaran dari sebuah data yang berupa sebuah angka.

    Statistika merupakan ilmu statistik yang mempelajari tentang sebuah pengumpulan data dan menganalisis mencari data berupa angka dan bilangan sehingga mendapatkan kesimpulan. Statistika merupakan ilmu yang mempelajari tentang matematika yang terdiri dari bagai mana menghitung dan menafsirkan suatu data yang dapat kita peroleh secara sistematis. Untuk dunia pendidikan perguruan tinggi statistika sering mempelajari metode yang sering digunakan untuk suatu pengumpulan data yang bersangkutan di pendidikan.

    Di dunia pendidikan konsep statistika lebih sangat diperlukan dalam membantu proses belajar mengajar dalam penilaian. Mahasiswa pasti mempunyai nilai masing-masing dan dosen juga punya penilaian kualitatif atau kuantitatif dan pasti mempunyai prosedur yang berbeda beda dan aturan yang berbeda-beda. Data statistika sangat membantu pendidik dalam penilaian atau menganalisa nilai mahasiswa.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Contohnya untuk mengetahui nilai mahasiswa yang menonjol dengan yang tidak menonjol dan juga untuk menyeleksi mahasiswa untuk mengikuti olimpiade mata kuliah tersebut, sedangkan untuk mahasiswa yang kurang menonjol pendidik bisa membimbing lebih giat lagi supaya tercapai pencapaian nya. Dan juga bisa kita lihat minat dan bakat para mahasiswa tersebut dan juga memantau perkembangannya tiap harinya. Jadi bisa kita simpulan bahwasanya statistika sangat berhubungan dengan pendidikan.

    Salah satunya alat bantu dalam dunia pendidikan belajar mengajar adalah statistika, untuk menilai hasil kuliah mahasiswa perlunya statistika yang mempunyai aturan tertentu untuk pendidik dan biasanya adalah ukuran. Hasilnya bisa digunakan dengan cara menyatakan dalam bentuk angka, yang dinilai itu adalah perkembangan atau kemajuan dari mahasiswa tersebut dalam menjalankan perkuliahan mereka dengan waktu yang tidak tertentu biasanya satu semester atau lebih. Penilainya biasanya bersifat kualitatif, dan nanti diubah menjadi data yang lebih kuantitatif.(Ade)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Statistika Dalam Pendidikan
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    16%

    Terinspirasi

    33%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    16%

    Komentar