Fungsi Sistem Peredaran Darah

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mungkin diantara kalian belum mengetahui apa itu fungsi dari  peredaran darah merupakan sebagai sebuah cairan yang penting bagi dalam tubuh, yang memiliki fungsinya adalah untuk menyalurkan berbagai zat yang penting di tubuh manusia. Dalam sistem peredaran tubuh manusia juga memiliki penyusun dari organ dan sebuah jaringan yang sebagai komponen yang utama. Contoh dari sistem penyusun peredaran sebagai berikut:

    • Jantung

    adalah organ yang berongga dan juga berotot yang dapat bertugas memompa saluran darah ke dalam seluruh pembuluh darah di tubuh. Jantung mempunyai lapisan jenis yaitu lapisan dalam, lapisan tengah serta lapisan luar. Jantung juga dilindungi sebuah lapisan. Jantung memiliki empat bagian, ruang bagian bawah dapat di sebut dengan ventrikel yang dari ventrikel bagian kanan dan bagian kiri.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Di sisi kanan jantung bertugas sebagai untuk menerima darah serta mengirimkan ke paru-paru supaya darah tersebutdapat di oksigen, dan di bagian sisi kiri hanya bertugas untuk menerima sebuah darah terdapat oksigen dari paru-paru yang untuk dapat di salurkan ke seluruh edaran darah pada dalam tubuh. Pada umumnya saat jantung sedang normalsebuah atrium akan mengetat ketika saat ventrikel yang mengendur dan juga sebaliknya. Dan juga terdapat sebuah katup diantara ventrikel serta atrium, dan katup ini akan berfungsi untuk membuka dan juga menutup sesuai dari aliran darah pada jantung.

    • Pembuluh darah

    Di dalam pembuluh juga terdapat beberapa jenis pembuluh seperti arteri, kapiler dan juga vena. pembuluh darah mempunyai panjang enam puluh ribu mil sampai sembilan puluh enam kilometer. Jantung dapat memompa sebuah aliran darah yang selanjutnya darah akan menyalurkan melalui pembuluh yang ada pada dalam tubuh. Di bawah ini merupakan pengertian dari jenis utama di dalam pembuluh sebagai berikut:

    1. Pembuluh  arteri

    Merupakan sebuah pembuluh yang mengangkut darah yang mempunyai oksigen dari jantung ke dalam seluruh jaringan serta organ dalam tubuh.

    A. Pembuluh darah vena

    Adalah sebuah pembuluh yang mengangkut darah ke tempatjantung, sebuah darah yang berada dalam pembuluh vena mengandung lebih sedikit dari oksigen dan lebih banyak dari limbah yang mestinya harus dikeluarkan dari dalam tubuh, vena juga akan membesar ketika dekat dengan jantung. Di saat vena membesar akan berfungsi sebagai pembawa darah dari kepala lengan ke jantung di dalam vena yang memiliki ukuran yang besar juga berfungsi sebagai pembawa sebuah darah yang memiliki tempat asal dari perut dan juga kaki yang akan menerima adalah jantung.

    B. Pembuluh darah kapiler

    Merupakan pembuluh yang cukup kecil dan juga tipis yang menghubungkan dari arteri dan juga vena. Di dalam dinding arteri yang tipis memasukkan sebuah oksigen kedalam dinding tersebut yang berasal dari sel.

    Baca  juga : Strategi Segmenting Targeting dan Positioning Produk

    Darah

    Pada saat di sistem peredaran darah, darah memiliki kadar sekitar 45% untuk sel dan 55% untuk plasma. Di dalam plasma bagian besar terdiri dari air yang mengandung suatu komponen lain seperti sebuah protein hingga limbah pelarut. dalam sel darah memiliki macam jenis macam darah yaitu adalah sebagai berikut:

    • Sel darah merah

    Sel ini sangat banyak memiliki kadar darahnya yaitu sebesar empat puluh dari semua keseluruhan sel darah. Sel ini juga mengandung protein yang khusus yang memiliki nama hemoglobin yang berfungsi untuk memberikan warna merah di dalam darah serta juga mengikat oksigen.

    • Sel darah yang putih

    Sel darah putih terbagi dari macam-macam jenis seperti neutrophil yang memiliki fungsi melindungi infeksi, dan limfosit yang memiliki fungsi untuk mengatur sel imun.

    • Keping darah

    Darah ini sangat penting saat dalam melakukan proses pembekuan dari sebuah darah, pembuluh darah ini ketika telah berkumpul ditempat yang terluka lalu akan menempel di dalam lapisan pembuluh yang terluka tadi dan akan membentuk sebuah gumpalan fibrin yang akan menutupi luka tersebut dan juga mencegah luka tersebut dari kotoran.

    Fungsi Sistem Peredaran Zat Darah

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Fungsi dari sistem sebuah peredaran sebuah darah dapat dilihat dibawah ini:

    • Dapat berfungsi untuk menyalurkan sebuah udara dari paru-paru ke dalam tubuh.
    • Dapat berperan dalam mengangkut semua zat sisa yang berasal dari sisa zat metabolisme  menuju ke suatu organ  yaitu ginjal.
    • Dapat untuk mengangkut sebuah hormon berasal dari tempat produksi menuju ke tempat seluruh bagian tubuh yang memerlukan(Daru)

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Sistem Peredaran Darah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar