Strategi Segmenting Targeting dan Positioning Produk

Daftar Isi

    LancangKuning.com -  Penargetan dan Posisi (STP) adalah pendekatan strategis yang akrab di Pemasaran Modern. Ini adalah salah satu model pemasaran yang paling umum diterapkan dalam praktiknya. Dalam jajak pendapat kami menanyakan tentang model pemasaran yang paling populer itu adalah yang paling populer kedua, hanya dikalahkan oleh matriks SWOT / TOWs yang terhormat.

    Popularitas ini relatif baru karena sebelumnya, pendekatan pemasaran lebih didasarkan pada produk daripada pelanggan. Pada 1950-an, misalnya, strategi pemasaran utama adalah 'diferensiasi produk'. Model STP berguna ketika membuat rencana komunikasi pemasaran karena membantu pemasar memprioritaskan proposisi dan kemudian mengembangkan dan menyampaikan pesan yang dipersonalisasi dan relevan untuk terlibat dengan audiens yang berbeda.

    Ini adalah pendekatan audiens daripada pendekatan yang berfokus pada produk yang membantu menyampaikan pesan yang lebih relevan kepada audiens yang menarik secara komersial.  Menerapkan Segmentasi, Penargetan, dan Pemosisian pada komunikasi digital

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    STP juga relevan untuk pemasaran digital pada tingkat komunikasi yang lebih taktis. Misalnya, menerapkan persona pemasaran dapat membantu mengembangkan komunikasi digital yang lebih relevan seperti yang ditunjukkan oleh pendekatan segmentasi pelanggan email taktis alternatif ini.

    Ini mengingatkan kita bagaimana saluran digital menawarkan opsi baru untuk menargetkan audiens yang sebelumnya tidak tersedia, tetapi kita perlu mencadangkan anggaran yang cukup. Sebagai contoh:

    1. Maksud pencarian saat pencari mengetik kata kunci saat membandingkan produk yang mereka minati

    2. Penargetan berbasis minat di Facebook, mis. Mencari calon pelanggan yang tertarik dengan Berkebun, Keanggotaan gym, atau Golf

    3. Menargetkan melalui personalisasi email dan personalisasi di tempat berdasarkan profil, perilaku (mis. Konten yang dikonsumsi)

    Ada juga peluang baru untuk membuat merek lebih menarik dengan menawarkan jenis nilai baru kepada konsumen berdasarkan proposisi nilai online atau digital atau apa yang disebut Jay Baer sebagai Youtility. Ini bisa melalui konten atau alat interaktif di situs web atau aplikasi seluler.

    Cara terkenal untuk mengelompokkan audiens Anda meliputi:

        1. Demografi

    Perincian berdasarkan kombinasi apa pun: usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, etnis, status perkawinan, pendidikan, rumah tangga (atau bisnis), ukuran, lama tinggal, jenis tempat tinggal atau bahkan profesi / Pekerjaan.

    Contohnya adalah Firefox yang menjual 'barang paling keren', yang ditujukan untuk pemirsa pria yang lebih muda. Meskipun demikian, Moshi Monster, bagaimanapun, ditargetkan untuk orang tua dengan ruang yang menyenangkan, aman dan mendidik untuk audiens yang lebih muda.

        2. Psikografi

    Ini mengacu pada 'kepribadian dan emosi' berdasarkan perilaku, terkait dengan pilihan pembelian, termasuk sikap, gaya hidup, hobi, penghindaran risiko, kepribadian dan sifat kepemimpinan. majalah baca dan TV. Sementara demografi menjelaskan 'siapa' pembeli Anda, psikografi memberi tahu Anda 'mengapa' pelanggan Anda membeli.

    Ada beberapa cara berbeda untuk mengumpulkan data untuk membantu membentuk profil psikografis untuk pelanggan tipikal Anda.

    Wawancara: Bicaralah dengan beberapa orang yang secara luas mewakili audiens target Anda. Wawancara mendalam memungkinkan Anda mengumpulkan data kualitatif yang berguna untuk benar-benar memahami apa yang membuat pelanggan Anda tergerak. Masalahnya adalah mereka bisa mahal dan sulit untuk dilakukan, dan ukuran sampel yang kecil berarti mereka mungkin tidak selalu mewakili orang yang Anda coba targetkan.

    Survei: Survei memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak orang daripada wawancara, tetapi bisa lebih sulit untuk mendapatkan jawaban yang berwawasan luas.

    Data pelanggan: Anda mungkin memiliki data tentang apa yang cenderung dibeli oleh pelanggan dari Anda, seperti data yang berasal dari kartu loyalitas jika merek FMCG atau dari riwayat pembelian online jika Anda adalah bisnis ecommerce. Anda dapat menggunakan data ini untuk menghasilkan wawasan tentang produk seperti apa yang diminati pelanggan Anda dan apa yang mungkin membuat mereka membeli. Misalnya, apakah mendiskontokan sangat meningkatkan kecenderungan mereka untuk membeli? Dalam hal ini mereka mungkin sangat spontan.

    3. Gaya hidup

    Ini mengacu pada Hobi, pengejaran rekreasi, hiburan, liburan, dan pengejaran waktu non-kerja lainnya. Perusahaan seperti majalah on dan off-line akan menargetkan mereka yang memiliki hobi tertentu, yaitu FourFourTwo untuk penggemar sepak bola.

    Beberapa hobi besar dan mapan, dan karenanya relatif mudah ditargetkan, seperti contoh penggemar sepakbola. Namun, beberapa bisnis telah menemukan sukses besar menargetkan ceruk yang sangat kecil dengan sangat efektif. Sebuah contoh yang bagus adalah ledakan dalam bisnis terkait 'persiapan', yang telah berubah dari sedikit kegiatan sampingan menjadi industri bernilai miliaran dolar dalam beberapa tahun terakhir.

    Rupanya sekarang 3,7 juta orang Amerika menganggap diri mereka sebagai preppers atau bertahan hidup. Cara yang bagus untuk memulai riset dan menargetkan ceruk semacam ini adalah Reddit, di mana orang membuat subReddit untuk berbagi informasi tentang minat atau hobi tertentu.

    4. Keyakinan dan Nilai

    Mengacu pada kepercayaan dan nilai-nilai agama, politik, nasionalistik dan budaya. Islamic Bank of Britain menawarkan perbankan yang sesuai dengan Syariah yang memenuhi persyaratan agama tertentu.

    Sebuah contoh aneh tetapi menarik dari demografi keagamaan yang memengaruhi pemasaran yang mungkin tidak Anda duga adalah bahwa orang Mormon benar-benar menyukai 'pemasaran multi-level'. Mereka jauh lebih mungkin terlibat dalam praktik daripada kelompok AS lainnya.

    Melangkah lebih jauh dengan riset demografis dapat mengarah pada menemukan peluang pemasaran baru dan berpikir di luar kebiasaan. Misalnya, tahukah Anda bahwa 55-64 tahun adalah kelompok usia yang paling mungkin membeli mobil baru? Tetapi Anda tidak cenderung melihatnya di iklan mobil.

    5. Tahapan Kehidupan

    Tahapan Hidup adalah pembandingan kronologis kehidupan orang-orang pada tahap yang berbeda. Contohnya adalah liburan Saga yang hanya tersedia untuk orang berusia 50+. Mereka mengklaim segmen yang cukup besar untuk fokus pada tahap kehidupan ini.

    Baca juga : Dasar – Dasar UML

    6. Geografi

    Menelusuri menurut Negara, wilayah, wilayah, lokasi metropolitan atau pedesaan, kepadatan penduduk atau bahkan iklim. Contohnya adalah Neiman Marcus, rantai department store kelas atas di AS sekarang memberikan ke Inggris.

    7. Perilaku

    Mengacu pada sifat pembelian, loyalitas merek, tingkat penggunaan, manfaat yang dicari, saluran distribusi yang digunakan, reaksi terhadap faktor pemasaran. Dalam lingkungan B2B, manfaat yang dicari sering kali tentang 'seberapa cepat dapat diberikan?' Yang mencakup segmen 'menit terakhir' - perencanaan di segmen sebelumnya.

    Contohnya adalah Parcelmonkey.co.uk yang menawarkan pengiriman hari yang sama, hari berikutnya dan paket internasional.

    8. Manfaat

    Manfaat adalah penggunaan dan kepuasan yang diperoleh konsumen. Smythson Stationary menawarkan produk serupa dengan perusahaan alat tulis lain, tetapi klien mereka menginginkan manfaat dari kemasan tanda tangan mereka: kotak Nile Blue yang dilapisi tisu dan diikat dengan pita biru tua!

    Penargetan pasar

    Daftar di bawah ini mengacu pada apa yang diperlukan untuk mengevaluasi potensi dan daya tarik komersial dari masing-masing segmen.

    Ukuran Kriteria: Pasar harus cukup besar untuk membenarkan segmentasi. Jika pasar kecil, itu bisa membuatnya lebih kecil.

    Perbedaan: Perbedaan terukur harus ada di antara segmen.

    Uang: Keuntungan yang diantisipasi harus melebihi biaya rencana pemasaran tambahan dan perubahan lainnya.

    Dapat Diakses: Setiap segmen harus dapat diakses oleh tim Anda dan segmen tersebut harus dapat menerima pesan pemasaran Anda

    Fokus pada manfaat yang berbeda: Segmen yang berbeda harus membutuhkan manfaat yang berbeda pula.

    Positioning Produk

    Penentuan posisi produk adalah bentuk pemasaran yang menghadirkan manfaat produk Anda kepada audiens target tertentu. Melalui riset pasar dan kelompok fokus, pemasar dapat menentukan audiens mana yang akan ditargetkan berdasarkan respons yang menguntungkan terhadap produk.

    Penelitian juga dapat menentukan manfaat produk mana yang paling menarik bagi mereka. Mengetahui informasi ini membantu merampingkan upaya pemasaran dan membuat pesan pemasaran yang efektif yang mendorong lebih banyak prospek dan penjualan. Ini juga membantu membedakan produk atau layanan dari persaingan di pasar.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Penentuan posisi produk merupakan komponen penting dari rencana pemasaran apa pun, tetapi tidak harus terbatas pada satu audiens. Sebagai contoh, suatu produk mungkin memiliki target audiens utama dan juga audiens sekunder yang juga tertarik pada produk, tetapi mungkin dengan cara yang berbeda. Setiap audiens akan menemukan produk yang menarik karena alasan yang berbeda, itulah mengapa penting untuk menyesuaikan pesan pemasaran untuk fokus pada manfaat yang paling dihargai oleh setiap audiens.(Faisal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Strategi Segmenting Targeting dan Positioning Produk
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar