Klasifikasi Peralatan Kantor

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Perlengkapan kantor tentunya mempunyai peran yang sangat penting untuk pekerjaan instansi. Perlengkapan dari suatu kantor yang cukup baik, bagus, jumlahnya yang cukup, serta beraneka ragam fungsi dan jenisnya dapat semakin mempermudahkan pegawai dalam melakukan pekerjaan nya.

    Salah satu contohnya adalah, jika kantor memiliki mesin printer itu tentu saja akan mempermudah pegawai kantor untuk mencetak beberapa dokumen didalam komputer, tanpa pegawai-pegawai tersebut harus pergi ke war-net (warung internet) atau rental komputer untuk mencetaknya.

    Pengertian Peralatan Kantor

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Peralatan kantor yaitu beberapa barang berupa alat atau benda yang biasanya digunakan untuk menghasilkan beberapa pekerjaan dari sebuah kantor sama dengan  yang kita  harapkan. Dengan peralatan kantor tujuan dari suatu kantor dapat tercapai, sebaliknya jika tidak ada peralatan kantor maka tujuan dari suatu kantor tersebut tidak akan tercapai. Dengan peralatan kantor yang lengkap serta baik, akan melancarkan proses beberapa pekerjaan sehingga dapat mencapai tujuan secara efisien serta efektif.

    Klasifikasi Peralatan Kantor

    Berikut, beberapa Klasifikasi Peralatan Kantor yang biasanya ada di suatu perkantoran:

    1. Barang Bergerak

    Bisa kita bagi menjadi 2 jenis, yakni:

    1. Barang yang bisa habis pakai, merupakan barang yang penggunaan nya hanya sekali pakai. Ini adalah beberapa alat atau benda di sebuah kantor yang biasanya pemakai nya itu sehari-hari bisa saja habis. Benda seperti ini penggunaan nya biasanya itu untuk kegiatan seperti tulis-menulis juga biasanya benda tersebut tidak tahan dalam waktu lama. Maksud dari habis, bukan sepenuhya tidak ada bekasnya, sebenarnya masih ada bekas tapi tidak bisa digunakan lagi.       
    2. Barang yang bisa tidak habis dalam pemakaian nya, merupakan barang yang penggunaan nya bisa berulang kali. Ini adalah beberapa alat atau benda di sebuah kantor yang biasanya dari segi pemakaian nya tahan lama.

    Baca  juga : 4 Tahapan Proses Negosiasi

    1. Barang yang tidak bergerak.

    Terdapat beberapa istilah di peralatan kantor, yakni:

    • Bekalan Kantor atau Office Supplies, merupakan benda yang masa pemakaian nya akan bisa habis dalam pemakaian nya sehari-hari, dan benda tersebut biasanya tidak tahan dalam waktu yang lama. Beberapa contoh nya adalah:
    1. Bermacam jenis kertas, seperti Karton, HVS, Karbon, dll.
    2. Lem, Tinta, Penghapus, Pensil.
    3. Staples, Penjepit kertas.

     

    • Mesin Kantor atau Office Mechine, merupakan beberapa alat yang biasanya dipakai untuk memasukan data, mengelola, serta mencatat data bahan keterangan di dalam tata usaha yang dikerjakan secara elektronik, magnetik, dan mekanik.
    • Peralatan Kantor atau Office Appliances, merupakan beberapa alat yang biasanya dipakai di dalam. Beberapa contoh nya adalah:
    1. Bak Surat atau Desk Try.
    2. Kalender Meja atau Desk Calender.
    3. Penggaris / Mistar atau Ruler.
    4. Pena atau Pen.
    5. Tangkai Pena atau Pen Holder.
    6. Gunting atau Scissor.
    7. Cap Tanggal atau Band Date.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    • Perabot Kantor atau Office Furniture, merupakan benda yang ada di kantor yang biasanya terbuat dari bahan kayu yang di gunakan untuk melakukan tugas tata usaha. Beberapa contoh nya adalah: Kursi kayu, Lemari kayu, Meja kayu, dll.
    • Perabot Kantor berupa Tempelan atau Office Fixture, merupakan perabotan dari kantor yang biasanya telah melekat atau telah menjadi satu bersama bangunan lain yang ada di dalam kantor. Contohnya: rak yang telah tertempel di dinding.
    • Hiasan Kantor atau Office Ornament, merupakan benda di sebuah kantor yang biasanya untuk memperindah dan menambah suasana di dalam bangunan kantor. Beberapa contoh nya adalah: lukisan serta foto, dekorasi, pot dan juga vas bunga.
    • Pesawat Kantor, merupakan seluruh mesin yang berkaitan dengan alat komunikasi. Beberapa contoh nya adalah: Telephone, Handphone, Faksimile, dll.
    • Alat Bantu untuk Peraga, merupakan alat yang biasanya dipergunakan untuk memperlancarkan komunikas. Contoh nya yaitu: Tape recorder, televise, dll.(Bagas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Klasifikasi Peralatan Kantor
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar