Level Segmentasi Pasar

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Segmentasi pasar adalah konsep pemasaran yang menggabungkan pembeli potensial ke dalam himpunan bagian atau segmen, berdasarkan preferensi umum, kebutuhan, atau karakteristik serupa lainnya. Alasan utama di balik strategi segmentasi pasar adalah untuk membuatnya lebih mudah untuk menargetkan dan mempersonalisasikan kampanye pemasaran.

    Strategi pemasaran yang sukses adalah menargetkan segmen atau bagian pasar dengan membaginya menjadi kelompok-kelompok yang memiliki karakteristik serupa. Ini memungkinkan penargetan sejumlah besar pelanggan potensial, daripada menargetkan setiap pelanggan secara individual. Segmentasi Pasar adalah proses yang membuat upaya pemasaran lebih efisien dalam hal biaya, waktu dan sumber daya lainnya.

    Definisi

    Wendell R. Smith mungkin adalah orang pertama yang memperkenalkan konsep segmentasi pasar, yang diterbitkan dalam artikelnya “Diferensiasi Produk dan Segmentasi Pasar sebagai Strategi Pemasaran Alternatif.” Menurut artikel Smith, dia telah mengamati “banyak contoh segmentasi” di pasar dan menganggapnya sebagai kekuatan alami.

    Saat ini segmentasi pasar sedang bergeser ke arah kustomisasi massal yang dapat membantu pemasar untuk meningkatkan tingkat konversi. Kustomisasi massal berarti menjangkau pelanggan pada tingkat pribadi dan menyediakan produk dan layanan serta mengembangkan strategi bauran pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan segmen. Berbagai Tingkat Segmentasi Pasar

    Pemasar membagi pasar menjadi beberapa segmen, sehingga mereka dapat melakukan fokus pada rencana pemasaran. Setiap Level segmentasi pasar menentukan strategi yang akan diikuti oleh perusahaan untuk mempromosikan, mendistribusikan, dan memposisikan produknya di pasar dan masing-masing target audiens atau pelanggannya. Sebelum mengembangkan rencana pemasaran, orang harus tahu apa tingkat segmentasi pasar.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Pemasaran secara massal

    Dalam Segmentasi, pemasaran massal mengacu pada strategi penargetan seluruh pasar pelanggan potensial melalui pesan pemasaran tunggal. Strategi pemasaran yang digunakan dalam segmentasi ini tidak menargetkan persyaratan atau kebutuhan spesifik pelanggan. Strategi pemasaran massal, alih-alih berfokus pada sekelompok pelanggan, berfokus pada seluruh segmen pasar yang bisa menjadi pelanggan yang mungkin dari suatu produk.

    Contoh dari strategi pemasaran massal adalah semprotan kecoak Baygon atau obat penolak nyamuk Mortein yang menargetkan semua pelanggan potensial melalui satu pesan pemasaran. Pemasaran Segmen

    Pemasaran segmen mengacu pada strategi di mana perusahaan membagi target pemirsa menjadi segmen yang berbeda berdasarkan kebutuhan dan persyaratan unik mereka. Dengan cara ini perusahaan menargetkan pesan yang berbeda untuk segmen yang berbeda, menarik mereka ke arah fitur unik yang ditawarkan produk. Strategi ini menciptakan diferensiasi produk untuk pelanggan dengan kebutuhan dan preferensi yang sama, berdasarkan jenis kelamin, usia, pendapatan, dan lokasi mereka.

    Contoh pemasaran segmen dalam industri pakaian dapat berupa segmen pakaian pria, wanita, kasual, modis dan bisnis.

    Pemasaran niche

    Strategi pemasaran ini berfokus pada segmentasi pelanggan yang lebih sempit. Pelanggan mungkin menginginkan atau menginginkan produk yang tidak dipenuhi sepenuhnya oleh produk yang ditawarkan di pasar. Ketika perusahaan bergerak maju dan mengembangkan produk yang sangat terspesialisasi untuk menawarkan kebutuhan spesifik pelanggan ini, mereka menawarkan produk berbeda di pasar yang hanya melayani segmen pelanggan tertentu.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sties Indonesia Purwakarta

    Sepeda gunung adalah contoh segmen pemasaran ceruk. di mana segmentasi pasar akan menjadi individu yang tertarik hanya bersepeda gunung. Karena tidak setiap perusahaan manufaktur sepeda melayani pengendara sepeda gunung, itu adalah segmen khusus. Perusahaan yang memproduksi sepeda gunung menargetkan segmen khusus pengendara sepeda gunung dan memenuhi kebutuhan, preferensi, dan persyaratan khusus mereka.

    Pemasaran Mikro

    Pemasaran mikro mengikuti strategi pemasaran segmentasi yang bahkan lebih sempit, melayani atribut subset pelanggan potensial yang sangat jelas, seperti melayani individu dari lokasi geografis tertentu atau gaya hidup yang sangat spesifik.

    Contoh pemasaran ceruk adalah mobil mewah yang harganya sangat tinggi dan menawarkan fitur luar biasa seperti kecepatan tinggi, tampilan yang disesuaikan, dll. Karena mobil ini sangat mahal dan jumlahnya terbatas, ceruk pasar untuk kendaraan ini menargetkan orang kaya, pecinta mobil yang tertarik pada fitur unik dan memiliki kemampuan finansial untuk membelinya.

    Jenis Segmentasi Pasar

    Proses segmentasi pasar sangat penting bagi pemasar karena memungkinkan mereka untuk merancang dan menyampaikan pesan secara efisien ke pasar sasaran. Hal ini memungkinkan anggaran pemasaran untuk digunakan secara efektif melalui menjangkau pelanggan potensial yang pada akhirnya akan berubah menjadi prospek, bukannya disia-siakan pada tayangan yang tidak akan pernah dikonversi. 4 Jenis strategi segmentasi pasar meliputi

    Segmentasi Geografis

    Segmentasi geografis mengacu pada membagi pasar berdasarkan geografi. Mengingat di mana pelanggan potensial Anda berada, beberapa perusahaan memasarkan barang-barang mereka dengan persyaratan khusus untuk area tertentu. Misalnya, LG Electronics, perusahaan peralatan listrik terkemuka memasarkan pemanasnya di wilayah geografis dingin sedangkan perusahaan yang sama memasarkan AC di wilayah geografis panas.

    Segmentasi Demografis

    Ini adalah salah satu segmentasi pasar terluas, pemasar membagi populasi pelanggan berdasarkan variabel yang berbeda dalam segmentasi ini. Misalnya, segmentasi berdasarkan usia, jenis kelamin, pendapatan, agama, kebangsaan, ras, pekerjaan, ukuran keluarga, dll diambil oleh perusahaan untuk menargetkan pelanggan potensial. Contoh segmentasi demografis adalah Kellogg's raksasa cereal yang menawarkan berbagai merek sereal untuk anak-anak dan orang dewasa, pemakan sehat dan pengamat berat badan, dll.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Segmentasi Psikografis

    Jenis segmentasi pasar ini menargetkan gaya hidup, kegiatan, minat, dan pendapat pelanggan potensial. Segmentasi psikografis mempertimbangkan aspek psikologis dari bagaimana pelanggan potensial merespons suatu produk. Sebagai contoh, Mountain Dew menggunakan strategi pemasaran yang mempromosikan produknya melalui mengasosiasikan maskulinitas dan kepribadian yang berani dengan para peminum merek, menargetkan orang-orang muda yang mendambakan kepribadian seperti itu dan mengasosiasikan diri dengan itu. Lini pakaian bermerek seperti Zara terlibat dalam segmentasi psikografis, menawarkan rentang pakaian untuk individu yang mengikuti gaya hidup trendi dan chic.

    Segmentasi Perilaku

    Segmentasi perilaku mengacu pada segmentasi pelanggan berdasarkan bagaimana mereka menggunakan, berperilaku atau membuat keputusan yang terkait dengan suatu produk. Di sini saya memberi Anda contoh segmentasi pasar perilaku batang sabun. Gadis-gadis muda akan lebih suka menggunakan Dove karena itu adalah sabun batangan kecantikan, sedangkan penggemar olahraga akan lebih suka menggunakan sabun batang Zest. Sementara anak perempuan akan lebih suka minuman seperti Minute Maid atau Rani, karena perilaku umum mereka lebih suka minuman yang sehat dan alami, anak laki-laki akan lebih suka minuman energi seperti Lucozade atau Sting, karena keputusan mereka yang menyukai minuman energi.

    Contoh Segmentasi Pasar

    Segmentasi pasar adalah aktivitas paling umum dari setiap organisasi bisnis. Pemasar dan pemilik bisnis tidak dapat fokus pada pemasaran massal dengan satu strategi pemasaran. Berikut adalah beberapa contoh segmentasi pasar untuk lebih memahami poin ini.

    Restoran cepat saji harus menargetkan remaja dan pasangan muda jika menargetkan orang tua itu akan menjadi kesalahan dan akan mempengaruhi generasi pendapatan mereka.

    Jika memasarkan Pakaian dalam dan produk kecantikan seperti "Victoria Secret" fokus pada wanita muda, sukses dan kelas pekerja.

    Merek olahraga, misalnya, Nike dan Lululemon menyegmentasikan pasar dan sadar akan kesehatan, atlet, pecinta olahraga, olahragawan, dan olahragawati.

    Segmentasi pasar adalah strategi terbaik untuk meningkatkan tingkat konversi dan mengurangi biaya produk. Ini membantu pemasar untuk selalu menargetkan pasar khusus dan mencapai tujuan Anda.(Fykral)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Level Segmentasi Pasar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar