Langkah-langkah Segmentasi Pasar

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Segmentasi pasar adalah suatu kegiatan produsen menentukan siapa saja konsumen mereka berdasarkan produk yang mereka hasilkan, hal ini akan mempermudah produsen menentukan jalur pemasaran dan juga mempermudah konsumen sasaran. Dengan demikian produsen bisa focus ke pasarnya saja sehingga penjualan produk terus meningkat.

    Sebaiknya produsen perlu mengetahui tipe-tipe segmentasi pasar yang ada saat sekarang ini, Sebelum memasarkan produk yang telah diproduksi. Berikut merupakan tipe-tipenya:

    1. Segmentasi lokasi

    Tipe segmentasi lokasi ini rasanya paling layak dan banyak di Indonesia, karena Negara yang berbentuk pulauan. Contohnya saja jika target utama adalah pulau jawa, maka perusahaan biasanya akan membangun perusahaan yang lokasinya berada di pulau jawa, tujuan utamanya adalah agar lebih dekat kepada konsumen sehingga pengeluaran biaya semua bisa ditekan lebih murah.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Segmentasi waktu

    Segmentasi waktu ini sepertinya juga sering digunakan, biasanya pada waktu-waktu tertentu segmentasi ini bisa diterapkan. Contohnya orang-orang akan banyak menjual durian ketika lagi musim durian atau banyak perusahaan jaket yang akan memasarkan produknya saat musim hujan atau musim dingin.

    1. Segmentasi Harga

    Dengan menggunakan segmentasi harga, produsen memperhatikan bagaimana kondisi ekonomi masyarakat. Apabila konsumennya kebanyakan mennengah ke bawah, maka produsen tidak bisa memasang harga tinggi untuk produk mereka. Apabila memang segmentasi pasarnya luas, produsen bisa menerapkan harga yang relative sesuai dengan segmentasi pelanggannya

    1. Segmentasi Demografi

    Faktor jenis kelamin, dan usia merupakan variabel yang paling banyak digunakan pada segmentasi demografi. Karena kebanyakan produk yang dijual hanya cocok untuk jenis kelamin tertentu atau usia tertentu saja

    Cara Menentukan Segmentasi Pasar

    Setelah memahami apa yang dimaksud segmentasi pasar dan tipe-tipenya, maka saatnya produsen bisa menentukan segmentasi pasar untuk bisnis sebuah produsen. Berikut langkah-langkahnya:

    1. Tentukan target pasar
      Produsen harus sudah bisa menentukan tipe segmentasi yang pas untuk calon konsumen mereka. Dan memastikan bahwa semua orang yang sudah menjadi target pasar mereka memiliki kesamaan sesuai segmen.
    2. Tentukan ekspektasi
      Langkah selanjutnya adalah mencari tahu seperti apa dan bagaimana kebutuhan calon konsumen, lalu sesuaikan dengan produk yang akan dijual oleh produsen. Untuk bisa mendapatkan informasi tersebut, produsen bisa bertanya langsung kepada calon konsumen atau dengan melakukan serangkaian tes produk.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yadika Bangil

    1. Pisahkan menjadi sub-grup
      Dari hasil wawancara atau tes produk kepada konsumen, agar hasil yang didapat lebih maksimal produsen harusnya memisahkan hasil tersebut menjadi sub-grup sesuai dengan segmentasi.
    2. Evaluasi kembali target pasar
      Dari hasil pengelompokan data saat wawancara dan tes produk dengan konsumen, produsen seharusnya mengevaluasi lagi segmen pasar mereka, apakah telah sesuai dengan yang diprediksi.
    3. Berikan nama segmen pasar Anda
      Produsen perlu memberi nama untuk setiap segmen yang telah didapat, hal ini berguna untuk memudahkan untuk mengingat dan mengimplementasikan strategi yang dipakai untuk setiap segmen.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Tentukan strategi pemasaran produk
      Menentukan strategi pemasaran yang sesuai dengan target/segmen, karena pasti setiap segmen memiliki strategi yang berbeda-beda untuk pemasarannya
    2. Evaluasi respon pasar
      Jika strategi pasar sudah berjalan dengan baik dan menghasilkan penjualan, produsen perlu mengetahui respon dari konsumen mengenai kekurangan dari produk yang produsen tersebut miliki, produsen harus mencatat semua masukan yang diberikan konsumen kepada mereka agar untuk dipertimbangkan dan segera perbaiki.

    Sekian penjelasan mengenai cara mudah menentukan segmentasi pasar sesuai dengan tipenya. Selain itu, agar bisnis yang dijalankan mejadi sukses dibutuhkan juga pengelolaan keuangan yang baik dan benar. Dengan pengelolaan keuangan yang baik maka untuk anggaran pemasaran dan pengeluaran yang dilakukan bisa terdata secara lebih maksimal.(Raihan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Langkah-langkah Segmentasi Pasar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar