Pembagian Ilmu Ekonomi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ilmu ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mengamati atau mempelajari tentang berbagai macam aktivitas atau sikap dan perilaku manusia yang berkaitan dengan proses produksi, distribusi, dan konsumsi jasa atau barang. Ilmu ekonomi ini memiliki tujuan yaitu untuk dapat mengelola sumber daya yang terbatas dan diperolehnya oleh manusia tersebut. Adapun pembagian dari ilmu ekonomi dan adapun cabang ilmu ekonomi.

    Pembagian ilmu ekonomi

    Ilmu ekonomi dibagi menjadi 3 bagian yaitu ilmu ekonomi terapan, ilmu ekonomi deskriptif, dan ilmu ekonomi tentang teori. Berikut ini adalah pembagian ilmu ekonomi :

    • Ilmu ekonomi terapan

    Ilmu ekonomi terapan merupakan pembagian dari ilmu ekonomi yang menganalisis, memeriksa, dan mengukur penjelasan dari ilmu ekonomi deskriptif yaitu berupa fakta yang terjadi pada fenomena ekonomi. Hasil dari analisis dan pengukuran ilmu ekonomi terapan ini bisa ditujukan sebagai teori yang dapat merumuskan beberapa pedoman ataupun kebijakan yang ada. Ilmu ini biasa diterapkan dalam beberapa masalah ekonomi karena sifatnya yang lebih praktis dan gampang digunakan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • Ilmu ekonomi deskriptif

    Ilmu ekonomi deskriptif merupakan pembagian dari ilmu ekonomi yang mendefinisikan dan menjelaskan beberapa fakta dan fenomena yang terjadi pada dunia perekonomian. Biasanya pembagian ilmu ekonomi deskriptif ini menjelaskan fakta dan fenomena yang terjadi pada suatu wilayah atau negara misalnya krisis moneter pada terjadi Indonesia pada tahun 1998.

    • Ilmu ekonomi tentang teori

    Ilmu ekonomi tentang teori merupakan pembagian dari ilmu ekonomi yang menjelaskan dan mendefinisikan suatu proses atau cara kerja suatu sistem ekonomi. Dan ilmu ekonomi tentang teori terbagi lagi menjadi 2 bagian yakni ilmu ekonomi makro dan ilmu ekonomi mikro.

    • Ilmu ekonomi makro
      Ilmu ekonomi makro adalah ilmu ekonomi yang menganalisis dan mempelajari bentuk-bentuk kerja suatu ekonomi secara luas. Tujuan dari ilmu ekonomi makro ini adalah untuk menganalisis, merumuskan serta memperbaiki kembali pedoman atau kebijakan ekonomi.
    • Ilmu ekonomi mikro
      Ilmu ekonomi mikro adalah ilmu ekonomi yang hanya menganalisis dan mempelajari bentuk-bentuk kerja dari rumah tangga, perkantoran atau perusahaan.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Surakarta

    Cabang ilmu ekonomi

    Ilmu ekonomi dibagi menjadi 8 bagian, berikut ini adalah cabang dari ilmu ekonomi :

    • Ilmu ekonomi publik

    Ilmu ekonomi publik adalah salah satu cabang dari ilmu ekonomi yang biasa diterapkan oleh pemerintah dengan kebijakan pemerintah itu sendiri misalnya pajak, anggaran pemerintah, retribusi dan lain sebagainya.

    • Ilmu ekonomi Syariah

    Ilmu ekonomi Syariah adalah cabang dari ilmu ekonomi yang biasa diterapkan oleh umat muslim yang sudah sesuai dengan syariat agama islam.

    • Ilmu ekonomi industri

    Ilmu ekonomi industri merupakan cabang dari ilmu ekonomi yang berkaitan dengan sebuah perusahaan atau industri pada sebuah wilayah tertentu.

    • Ilmu ekonomi moneter

    Ilmu ekonomi moneter adalah cabang dari ilmu ekonomi yang hanya fokus pada kebijakan tentang perbankan, Lembaga keuangan, investasi asing maupun negeri dan lain sebagainya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Ilmu ekonomi regional

    Ilmu ekonomi regional merupakan cabang dari ilmu ekonomi yang hanya fokus pada kebijakan antar daerah dalam suatu wilayah atau negara yang bertujuan untuk mengembangkan ekonomi daerah tersebut

    • Ilmu ekonomi internasional

    Ilmu ekonomi internasional merupakan cabang dari ilmu ekonomi yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi antarbangsa dan antarnegara.

    • Ilmu ekonomi sumber daya alam (SDA)

    Ilmu ekonomi sumber daya alam atau SDA adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari tentang sumber daya alam yang bisa ditinjau dari berbagai aspek yang ada.

    • Ilmu ekonomi sumber daya manusia (SDM)

    Ilmu ekonomi sumber daya manusia atau SDM adalah cabang dari ilmu ekonomi yang hanya fokus pada tenaga kerja atau manusia termasuk kualitas dari tenaga kerja, Pendidikan tenaga kerja tersebut, dan lain sebagainya. (Mawarni)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pembagian Ilmu Ekonomi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar