Fungsi – Fungsi Perintah Command

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Command prompt ata yang sering disebut dengan CMD biasa sering diartikan sebagai suatu perintah DOS disampaikan dalam bentuk text. Kita bisa mengakses komputer seperti menjalankan windows explorer, tapi perlu diperhatikan ternyata command prompt ini juga memiliki fungsi lain yang signifikan.

    Dan juga ada beberapa pihak yang menggunakan command prompt untuk melakukan tindak kejahatan seperti peretasan dan lain sebagainya. Dan kode di dalam command prompt sering juga digunakan oleh cracker untuk melakukan sebuah peretasan terhadap komputer yang kita miliki.

    Kita juga perlu menginstallkan antivirus original supaya komputer tidak mudah untuk ditembus oleh para orang yang akan melakukan tindakan kriminal, dan juga kita harus memperhatikan software antivirus yang kita install, jangan sembarang software anti virus yang kita install, lebih kita memakai software anti virus yang berlabel original dikarenakan lebih aman dibandingkan dengan software anti virus bajakan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Banyak diantara kita yang belum mengetahui apa fungsi dari CMD tersebut. Pada umumnya command prompt digunakan untuk mengecek sebuah koneksi jaringan dengan cara menghubungkan dua alamat IP yang berbeda dan sehingga bisa saling berhubungan antara satu dan lainnya. Selain fungsi untuk mengecek sebuah alamat IP command prompt juga memiliki beberapa fungsi yang banyak seperti untuk mengecek keadaan harddisk, mematikan komputer, melihat kondisi daya tahan baterai dan banyak lagi. Beberapa fungsi dari command prompt adalah sebagai berikut:

    1. Melihat status aktivasi windows

    Selain untuk mengecek sebuah alamat IP, command prompt juga berfungsi untuk melihat status aktivasi windows, hal tersebut bisa kita lihat dengan masuk di Command prompt lalu ketik SLMGR / DLV dan otomatis akan keluar sebuah jendela baru yang dapat berisikan suatu informasi windows yang kita gunakan dan status aktivasi windows tersebut.

    1. Bisa mengecek kondisi harddisk

    Dan kita juga bisa mengecek kondisi harddisk dengan command prompt, yang pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara masuk ke CMD dan kemudian ketik CHKDSK. Untuk para pengguna system operasi windows vista ataupun windows xp biasanya layar monitor akan hitam atau blank dan kemudian langsung menampilkan persentase sebuah progress pengecekan harddisk oleh command prompt, kita tinggal menunggu progress hingga selesai.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Koperasi Malang

    1. Dapat melihat sebuah histori jaringan WIFI yang pernah terhubung di komputer kita.

    Kita juga dapat melihat sebuah histori jaringan wifi dengan cara yang pertama adalah masuk ke command prompt, dan kita ketik NETSH WLAN SHOW PROFILES dan otomatis akan menampilkannama jaringan wifi yang pernah kita gunakan dari perangkat komputer yang kita gunakan.

    1. Memberhentikan aplikasi secara paksa

    Tidak semua aplikasi yang kita gunakan itu selalu lancar, pastinya ada salah satu aplikasi yang mengalami error atau crash. Jadi pastinya itu akan mengganggu saat kita menjalankan komputer. Tapi kita tidak perlu bingung lagi karena di command prompt juga bisa memberhentikan sebuah aplikasi yang error atau crash dengan secara paksa.

    1. Dapat memeriksa kondisi baterai pada laptop

    Seringkali kita memiliki laptop yang sangat boros penggunaannya, tetapi kita tidak dapat memastikan apakah baterai yang kita gunakan itu normal ataupun sebaliknya. Jadi kita dapat mengetahui kondisi baterai laptop kita menggunakan command prompt dengan cara masuk ke CMD lalu ketik POWERCFGENERGY dengan cara seperti itu kita dapat mengetahui kondisi baterai laptop yang sedang digunakan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Dapat mengetahui kapan instalasi windows dilakukan

    Di dalam command prompt juga dapat mengetahui kapan kita akan instalasi windows, hal ini terjadi karena kita lupa kapan kita terakhir kali melakukan instalasi dan juga kita juga sering melakukan instalasi. Cara mengeceknya adalah dengan cara masuk ke command prompt dan lalu ketik SYSTEMINFO 1 FIND /I “INSTAL DATE” lalu tunggu saja hingga proses di command prompt berjalan.

    1. Bisa menyembunyikan file

    Pastinya sangat mengganggu ketika file yang kita miliki terlalu banyak sehingga dapat mengurangi kinerja komputer, dan di command prompt kita dapat menyembunyikan file yang kita miliki dan file tersebut pun tidak bisa dikunjungi oleh pengguna lain. Cara menyembunyikan file adalah dengan cara masuk ke command prompt, lalu ketik perintah ATTRIB + S + H E:\CAPCOM tunggu saja hingga proses pada command prompt selesai.(Daru)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi – Fungsi Perintah Command
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    66%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar