Jenis-Jenis Limbah Berdasarkan Sumber Penghasilnya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di zaman modern ini manusia tidak terlepaskan adanya Limbah adalah buangan hasil dari produksi baik dari limbah industri maupun limbah domestik. Limbah juga sering di sebut dengan sampah.

    1.      Limbah Industri

    Limbah industri adalah suatu limbah yang menghasilkan proses industri. Contoh limbah industri adalah limbah pabrik zat bahan kimia, limbah penambang, limbah radio aktif dari PLTN dan limbah puskesmas.

    Industri yang melaksanakan proses pembakaran akan banyak sekali menimbulkan limbah gas. Ada pun macam-macam limbah industri:

    1. Proses Pendinginan

    2. Pencucian proses peralatan industri

    3. Proses Sisa industri

    4. Tumpahan bahan - bahan baku yang bersifat cair industri

    Ada pun macam – macam perbedaan Limbah domestik & Industri

    1.       Banyak Mengandung bahan organik biodegradable yang tinggi

    2.       Banyak Mengandung Nitrogen dan phosphate

    3.       Banyak Mengandung mikroorganisme patogen dan non patogen

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    2.      Limbah Industri Pangan

    Limbah industri pangan adalah limbah berasal dari aktivitas masyarakat dan selalu berusaha untuk mencukupi kebutuhan sehari hari mereka baik dalam jumlah yang besar atau pun dari jumlah yang kecil, dan kegiatan mereka bisa menyebabkan pencemaran lingkungan. Contoh limbah bersumber dari industry pangan banyak sekali mengandung protein lemak, mineral, karbohidrat, garam-garam dan sisa bahan zat kimia yang menghasilkan proses pembersihan dan pengolahan.

    3.      Limbah industri bahan bangunan dan bahan kimia

    Limbah industry merupakan limbah dari kegiatan pembuatan atau penggunaan oleh masyarakat bersumber dari industri kimia, aktivitas industry kimia dapat menyebabkan limbah cukup banyak karena memerlukan air yang cukup banyak untuk proses maupun untuk membersihkan alat yang dipakai sewaktu proses berjalan. Ada beberapa macam limbah menurut dari kegiatan industry adalah limbah padat seperti endapan dan gas contohnya uap alcohol dan limbah cair, Limbah anorganik termasuk limbah yang sangat berbahaya untuk masyarakat.

    4.      Limbah Industri elektronika dan logam

    Limbah yang berasal dari industry elektronika dan logam contoh nya adalah limbah industry logam proses pekerjaan industry baja untuk besar atau tidak menggunakan bahan kimia yang mana limbah kimia sangat berbahaya untuk kesehatan masyarakat. Ada pula hasil limbah logam dan elektronika sulit dapat mengalami korosi. Namun industry ini sebagian limbah sangat berbahaya untuk masyarakat.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Cahaya Surya

    5.       Limbah Domestik

    Adalah limbah yang dapat di hasilkan oleh masyarakat. Contoh limbah tersebut adalah air dari cucian menggunakan deterjen, kardus bekas, sisa makanan, kaleng, plastic, tinja manusia.

    6.      Limbah pertanian

    Limbah pertanian adalah limbah yang dihasilkan oleh kegiatan masyarakat khususnya petani. Limbah ini bisa di temukan di lahan pertanian dan perkebunan. Contoh limbah tersebut adalah pupuk cair yang mengalir ke aliran sungai dan berbahaya untuk ekosistem di sungai tersebut. Aktivitas pemberian pupuk tersebut berguna untuk menyuburkan tanah dan tumbuhan yang kita tanam namun ada pula kekurangan nya semisalnya kita berlebihan memakai pupuk tersebut akan mengakibatkan kerusakan ekosistem tanah.

    Hewan dan hama yang merusak tanaman jangan terlalu berlebihan untuk menggunakan pestisida yang mana bahan pestisida tersebut sangat beracun. Kegiatan tersebut sering kali digunakan oleh masyarakat. Bila sayur yang terkena pestisida harus di cuci dengan bersih harus mengikuti petunjuk yang benar karena pestisida tersebut sangat berbahaya untuk di konsumsi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    7.      Limbah penambangan

    Limbah penambangan adalah limbah yang merupakan dari kegiatan penambangan. Contoh limbah yang merupakan hasil dari penambangan adalah berupa seperti material tambang atau logam dan batuan. Kegiatan tersebut biasanya banyak di temukan pada penambangan emas, perak, dan batu bara. Aktivitas penambangan logam banyak di perlukan air raksa atau mercury supaya bisa memisahkan logam dari bebatuan dan tanah. Pada kegiatan penambangan dapat menimbulkan limbah logam yang harus dengan benar pembuangannya jangan sampai sembarangan karena sangat berbahaya.

    8.      Limbah Pariwisata

    Aktivitas masyarakat di luar kadang juga bisa menyumbang sedikit banyaknya limbah di daerah itu biasanya di tempat wisata dan hiburan lainnya dan ada juga tumpahan bahan bakar minyak ke laut disebabkan kebocoran tangki minyak kabal bocor itu juga termasuk limbah. Apa bila tidak melakukan pemberitahuan atau pengolahan limbah yang baik dan benar akan banyak sekali dampak buruknya kerusakan Kawasan lingkungan wisata atau hiburan yang disebabkan oleh masyarakat.(Ade)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis-Jenis Limbah Berdasarkan Sumber Penghasilnya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar