Interaksi Antar Komponen Biotik

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Interaksi antar komponen biotik adalah interaksi atau hubungan yang melibatkan beberapa organisme dalam suatu ekosistem. Organisme yang dimaksud disini berbeda spesies dan bisa termasuk hewan, tumbuhan, atau bahkan manusia.

    Dalam ekosistem tersebut, organisme-organisme yang ada di dalamnya tidak hanya terjadi interaksi dimakan dan memakan tetapi juga melakukan interaksi lainnya dan melakukan tugas atau perannya masing-masing. Jumlah organisme dalam suatu ekosistem sangat penting karena interaksi antar komponen ini akan terus berjalan sampai tak terbatas.

    Interaksi antar komponen biotik terbagi menjadi 5 bagian yakni parasitisme, mutualisme, alelopati, komensalisme, kompetisi, dan predatorisme. Berikut ini adalah beberapa dari interaksi antar komponen biotik :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Parasitisme  

    Parasitisme merupakan interaksi atau hubungan antara organisme satu yang hidup mendapatkan keuntungan dari organisme yang ditumpanginya dengan organisme lainya yang tertumpangi oleh organisme tadi mendapatkan kerugian. Organisme yang mendapatkan keuntungan biasanya disebut dengan parasit sedangkan organisme yang mendapat kerugian disebut dengan inang.

    Kenapa disebut dengan parasit dan bisa mendapatkan keuntungan dari organisme yang ditumpanginya. Hal tersebut dikarenakan organisme yang mendapatkan keuntungan dari organisme yang ditumpanginya atau parasit dapat menyerap sari makanan yang ada pada inang atau organisme yang tertumpangi tersebut dan hal tersebut dapat membuat inang tersebut kekurangan makanan atau bahkan mati karena sari makanan yang didapatkannya terus diserap oleh parasit.  Contoh dari interaksi parasitisme ini adalah :

    • Cacing pita pada terdapat didalam sistem pencernaan suatu organisme (manusia atau hewan)
    • Benalu yang menempel pada suatu pohon
    • Tali putri yang menempel pada suatu pohon
    1. Mutualisme

    Mutualisme merupakan interaksi atau hubungan antara organisme yang dapat saling menguntung satu sama lain. Contoh dari interaksi mutualisme ini adalah :

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Desain Indonesia Bandung

    • Kupu-kupu yang membantu proses penyerbukan pada bunga dan bunga yang dapat memberikan nektar kepada kupu-kupu
    • Burung (berbagai jenis burung) yang memakan kutu yang terdapat pada tubuh sapi atau kerbau dan kerbau atau sapi tersebut mendapat keuntungan berupa gatal pada badannya yang berkurang.
    1. Alelopati

    Alelopati merupakan interaksi atau hubungan antara organisme yang dapat menghambat pertumbuhan suatu organisme yang berada di dekatnya. Organisme yang menghambat atau membasmi pertumbuhan dari suatu organisme ini adalah organisme yang memiliki zat alelopat.  Contoh dari interaksi alelopati ini adalah :

    • Kamboja yang memiliki suatu zat yang dapat menghambat atau membasmi rumput agar rumput tersebut tidak hidup berdekatan dengannya.
    • Tanaman pinus yang memiliki zat yang dapat membuat tanah yang tertanam tanaman pinus ini memiliki zat pH asam yang dapat menghambat atau membasmi tanaman lainnya untuk hidup berdekatan dengan tanaman pinus ini.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru 

    1. Komensalisme

    Komensalisme adalah interaksi atau hubungan antar organisme yang satu mendapat keuntungan sedangkan organisme yang lainnya tidak mendapat keuntungan dan tidak mendapat kerugian atau tidak mendapatkan pengaruh apapun. Contoh dari interaksi komensalisme ini adalah :

    • Ikan remora yang hidup berdampingan dengan ikan hiu agar mendapatkan sisa makanan dari ikan hiu dan ikan hiu yang tidak mendapatkan keuntungan apapun dari ikan remora tersebut.
    • Ikan badut yang hidup di dalam anemo laut agar dijadikan sebagai tempat berlindungnya dan anemo laut yang tidak mendapatkan keuntungan apapun dari ikan badut tersebut.
    1. Kompetisi

    Kompetisi merupakan interaksi atau hubungan antar organisme yang bersaing satu sama lain agar memenuhi kebutuhan hidupnya. Contoh dari interaksi kompetisi ini adalah :

    • Bersaingannya antara populasi kerbau atau sapi dengan populasi kambing di lapangan rumput atau padang rumput.
    1. Predatorisme

    Predatorisme merupakan interaksi atau hubungan antar organisme yang satu memakan dan satunya lagi dimakan. Interaksi ini sering disebut dengan predator dan mangsanya. Organisme yang memakan disebut dengan predator dan organisme yang dimakan disebut dengan mangsa. Contoh dari interaksi predatorisme ini adalah :

    • Burung hantu yang memangsa atau memburu tikus dan ular.
    • Singa atau cheetah yang memburu zebra, rusa, dan lainnya.(Mawarni)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Interaksi Antar Komponen Biotik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar