Manfaat Gejala Abiotik dan Biotik Bagi Kehidupan Manusia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Manusia adalah makhluk hidup yang tumbuh dan berkembang berdampingan dengan alam. Dalam proses pertumbuhan manusia juga membutuhkan alam. Alam merupakan permukaan bumi yang masih natural artinya belum ada sama sekali terdapat aktivitas manusia.

    Alam sangat diperlukan dalam kehidupan manusia, oleh karena itu manusia juga harus menjaga keseimbangan dan melestarikan alam. Setiap makhluk yang hidup akan saling bergantungan. Sehingga itu yang membuat terjadi sebuah interaksi antara makhluk hidup di alam ini. Di alam terdapat komponen biotik dan abiotik.

    Biotik yaitu sebuah komponen yang terdiri dari makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan. Abiotik adalah komponen benda mati (sesuatu yang tidak bernyawa)namun sangat di butuhkan karena memberikan dampak contohnya seperti cahaya matahari. Gejala biotik adalah gejala yang terjadi antar makhluk hidup dalam ekosistem di sekitarnya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Gejala ini sangat mudah ditemukan dalam lingkungan sekitar Gejala ini terjadi akibat pertumbuhan, berkembang-biak dan kepunahan. Contoh gejala biotik yaitu bertambahnya populasi eceng gondok pada eksosistem perairan, tumbuh dan bertambahnya populasi manusia. Gejala abiotik adalah gejala berupa sebuah peristiwa seperti hujan, erosi , pelapukan dan lain sebagainya.

    Setiap gejala komponen biotik dan abiotik memberikan sebuah dampak. Dampak positif yang terjadi bisa memberikan manfaat bagi kehidupan manusia itu sendiri. Berikut manfaat gejala abiotik dan biotik bagi manusia

    1. Hujan

    Turunnya hujan ke bumi sangat memberikan dampak (manfaat) bagi manusia. Air hujan yang turun berguna bagi kelangsungan hidup manusia. Manusia merupakan salah satu makhluk hidup yang membutuhkan air.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Perikanan Yogyakarta

    1. Pelangi

    Pelangi merupakan gejala alam abiotik. Peristiwa ini terjadi karena pembiasan dari sinar matahari. terdiri dari banyak warna-warni yang membuat terlihat indah bagi manusia.

    1. Gunung meletus

    Gunung meletus memberikan dampak yang parah bagi manusia maupun wilayah yang terkena dampak. Namun gunung meletus juga memberikan manfaat bagi manusia. Tanah yang tercampur materi vulkanik menyimpan banyak nutrisi yang diperlukan tumbuhan. Hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk bercocok tanam. Manusia dapat menjual hasil pertanian nya dan memberikan keuntungan bagi manusia. Selain itu gunung meletus membuat timbul mata air yang mengandung banyak mineral, dan air ini sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia

    1. Angin

    Perubahan dan perbedaan pada suhu serta tekanan udara menghasilkan angin. Angin juga dapat dimanfaatkan oleh para nelayan. Terbentuknya angin darat dan angin laut dapat dimanfaatkan nelayan untuk melaut.

    1. Gerak rotasi bumi dan gerak semu harian bintang

    Pergerakan rotasi bumi sangat bermanfaat bagi manusia karena mengakibatkan terjadi pergantian siang dan malam. Selain itu rotasi bumi juga membuat pergerakan semu harian bintang. Ini bermanfaat bagi manusia pada malam hari, bintang akan salah satu penerang selain bulan pada bumi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Erosi

    Erosi merupakan gejala alam biotik dimana terjadinya pengikisan pada benda-benda padat, seperti tanah, bebatuan dan lainnya. Erosi dapat terjadi karena ulah manusia maupun terjadi dengan alami tanpa (tanpa campur tangan manusia). Terjadi secara alami disebabkan oleh aliran air, es dan turun hujan. Erosi memberikan manfaat bagi manusia seperti terciptanya dataran yang baru, dan ini dapat di manfaatkan manusia untuk lokasi tempat tinggal yang baru. Dampak lain dari erosi memunculkan endapan mineral yang bermanfaat bagi manusia.

    1. Pelapukan

    Pada saat pelapukan terjadi batu berubah menjadi pasir yang bisa dimanfaatkan manusia untuk membuat beton pada konstruksi bangunan.

    1. Bertumbuh dan Berkembang-biak

    Tumbuh dan Berkembang-biak merupakan salah satu gejala biotik. Pertumbuhan dan Perkembangbiakan makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan dapat menjaga agar makhluk hidup tersebut tidak punah. Selain untuk keseimbangan ekosistem, manusia dapat memanfaatkan tumbuhan dan hewan tersebut. Sebagai bahan makanan, kerajinan dan lain sebagainya.(Eka)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Gejala Abiotik dan Biotik Bagi Kehidupan Manusia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar