Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan Yang Sering Tidak Diketahui Banyak Orang

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kata siapa kopi hitam tidak punya manfaat?. Selama ini, kopi hitam selalu diidentikkan sebagai minuman yang erat kaitannya dengan gaya hidup tidak sehat. Maklum, ia memang punya khasiat untuk menahan kantuk, sehingga keberadaannya lekat dengan orang-orang yang sering begadang. Selain itu, kopi hitam juga kerap menjadi kawan yang paling serasi bagi rokok.

    Tak heran jika kemudian banyak yang menganggap kopi hitam sebagai minuman yang minim manfaat. Pada kenyataannya, ada berbagai macam manfaat yang didapat seseorang setelah mengonsumsi kopi, utamanya kopi hitam. Tentunya dengan porsi yang aman, sebab orang sering melihat sisi negatif dari konsumsi kopi lantaran takaran yang berlebihan dapat menyebabkan perut kembung. Karena itu, untuk mendapatkan manfaatnya, takaran minum kopi juga perlu menjadi perhatian.

    Ada banyak manfaat kopi bagi kesehatan seseorang. Bahkan dalam hal kesehatan otak dan tubuh. Hal tersebut lantaran di dalam kopi terdapat berbagai macam kandungan yang efektif dan bermanfaat bagi tubuh. Nah, berikut adalah beragam manfaat minum kopi terutama kopi hitam bagi kesehatan.

    Membantu kinerja otak

    Manfaat yang pertama ialah untuk kesehatan otak. Siapa sangka kopi yang memiliki rasa pahit dapat membantu seseorang belajar. Kopi terbukti efektif membantu meningkatkan konsentrasi.

    Bagaimana kopi dapat meningkatkan konsentrasi orang yang meminumnya? Rupanya hal tersebut dikarenakan kandungan kafein yang terdapat pada kopi. Selama ini kafein memang dinilai sebagai stimulan sistem saraf pusat. Kandungan tersebut sangat efektif dalam peningkatan konsentrasi di dalam otak manusia. Bahkan kafein juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan membantu Anda memahami sesuatu.

    Dalam penelitian, manfaat minum kopi ternyata lebih luas lagi. Mengonsumsi kopi dengan takaran yang tepat dapat meningkatkan daya ingat. Terutama kaitannya dalam hal daya ingat jangka pendek. Dalam penelitian lain juga menjelaskan bawa minum kopi juga dapat membantu Anda memperbaiki mood yang sedang tidak baik. Tidak heran bila kopi menjadi pilihan menu saat bersantai.

    Mengurangi risiko Alzheimer

    Pernahkah Anda mendegar penyakit Alzheimer? Ya, penyakit yang satu ini identik dengan sistem memori otak manusia. Dengan kata lain, penyakit Alzheimer menyerang sistem memori pada diri seseorang. Orang-orang yang menderita Alzheimer biasanya akan mengalami penurunan daya ingat. Para penderitanya sering tidak ingat setelah melakukan aktivitas sehari-hari meski dalam hal sederhana.

    Selama ini penyakit Alzheimer dikenal menyerang orang-orang dengan usia senja. Sayangnya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Alzheimer dapat menyerang anak usia remaja, dewasa sampai usia senja. Menariknya Anda kini dapat meminimalisir resiko terkena penyakit ini dengan mengonsumi kopi. Lagi-lagi dalam hal ini kandungan kafein di dalam kopi menjadi alasan utamanya.

    Beberapa penelitian yang dilakukan memberikan gambaran mengenai manfaat minum kopi hitam. Mengonsumsi kopi setiap hari dipercaya efektif membantu Anda menurunkan resiko terkena penyakit lupa atau Alzheimer. Bahkan orang yang sering mengonsumsi kopi memiliki kecenderungan persentasi yang kecil terhadap resiko penyakit Alzheimer ketimbang mereka yang tidak minum kopi.

    Mengurangi risiko diabetes

    Mengonsumsi kopi ternyata juga mengurangi resiko terkena penyakit diabetes. Hal ini didukung oleh survei yang pernah dilakukan oleh UCLA School of Public Health and Medicine. Dalam survei tersebut terdapat 700 perempuan yang menjadi responden di tahun 2011. Hasilnya wanita dengan usia senja yang mengonsumsi kopi memiliki resiko terkena diabetes tipe 2 yang sedikit.

    Penelitian lain menunjukkan, mengonsumsi kopi tanpa disertai gula dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Sementara itu, pada tahun 2009 terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa tambahan secangkir kopi bisa mengurangi resiko penyakit diabetes tipe dua sampai 7 persen.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan Yang Sering Tidak Diketahui Banyak Orang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar