Klasifikasi Berbagai Tingkat Keanekaragaman Hayati

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Keanekaragaman hayati muncul Karena diakibatkan dari adanya persamaan dan perbedaan ciri serta suatu sifat yang bisanya terdapat di makhluk hidup. Secara umum keanekaragaman hayati terbagi dari berbagai tingkatan yaitu tingkatan seperti genetik, ekosistem dan jenis. Dan keanekaragaman merupakan makhluk hidup yang menunjukan suatu keseluruhan gen, spesies, dan ekosistem di suatu daerah atau tempat.

    Biasa keanekaragaman ini terjadi dikarenakan adanya perbedaan diantara seperti ukuran atau bentuk, dari segi warna tubuh atau bulu, dan juga struktur penampilan. Keanekaragaman Hayati sering kita kenal dengan biodiversitas. Keanekaragaman hayati memiliki sesuatu pengaruh yang erat antara satu dan lainnya.

    Dan pasti di antara kalian tidak mengetahui, bahwa Indonesia termasuk dalam Negara yang memiliki keanekaragaman Hayati yang banyak atau tinggi dan Negara yang mempunyai keanekaragaman hayati yang tinggi adalah Negara Brazil, Negara Zaire. Dan Indonesia memiliki sesuatu keunikan tersendiri. Uniknya dari Negara Indonesia  adalah walaupun mempunyai keanekaragaman yang tinggi Indonesia juga memiliki kawasan tipe indomalaya yang lebar serta luas, juga tipe Oriental, Australia dan juga peralihannya, dan Indonesia juga mempunyai banyak flora dan fauna yang langka dan tumbuhan yang penyebarannya terbatas atau endemik.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Hal tersebut dikarenakan Indonesia memiliki letak geografis di daerah tropik sehingga mempunyai keanekaragaman yang tinggi dibandingkan dengan daerah yang beriklim subtropik atau iklim sedang dan juga iklim kutub, dan di dalam keanekaragaman hayati terdapat juga manfaat, contohnya seperti:

    • Manfaat Dalam Segi Ekonomi

    Beberapa Flora dan Fauna dapat diperbarui dan dimanfaatkan dengan bijak dengan secara berkelanjutan. Misalnya dari segi flora, seperti kayu yang memiliki manfaat dari kualitas maupun khasiat, dari segi kualitas misalnya terdapat di kayu jati. Jenis kayu jati sangat memiliki kualitas yang bagus jika kita menggunakannya sebagai bahan perabotan rumah, dan tentunya jenis kayu ini bisa diekspor keluar negeri dan Negara juga menghasilkan atau mendapatkan devisa dan juga akan menguntungkan bagi perusahaan tersebut.

    • Kemanfaatan  Dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

    Misalkan melakukan penelitian tentang mengenai suatu sumber makanan dan juga tentang obat-obatan yang terbuat dari tumbuhan misalnya. Ekosistem merupakan wadah untuk melakukan penelitian dikarenakan memiliki keanekaragaman yang luas.

    Klasifikasi Keanekaragaman Hayati

    Mungkin manusia telah lama memiliki keinginan untuk lebih dekat mengenal dan memanfaatkan keanekaragaman hayati untuk lebih dalam mempelajari dan mempertahankan kelangsungan hidup. Biasanya disebut dengan taksonomi. Taksonomi memiliki tujuan adalah sebagai berikut:

    Taksonomi memiliki tujuan yaitu ingin mengetahui serta mempelajari flora atau fauna yang menjadi sebagai objek belajar yang akan mudah menentukan kelompok flora maupun fauna.

    Dan taksonomi memiliki manfaat sebagai berikut.

    • Untuk penelitian yang selanjutnya sehingga makhluk hidup flora maupun fauna yang dikenal melalui klasifikasi yang dapat dimanfaatkan.
    • Untuk mempelajari supaya dapat melestarikan suatu keanekaragaman hayati.

    Klasifikasi taksonomi dapat dibagi dalam berbagai tingkatan yaitu:

    • Kingdom
    • Keluarga besar atau biasa disebut dengan filum
    • Kelas
    • Bangsa
    • Family
    • Genus
    • Jenis

    Baca Juga : Akreditasi Kampus Politeknik Putra Bangsa Pontianak

    1. Kingdom

    Merupakan sebuah tingkatan takson tertinggi yang terbagi menjadi berbagai golongan yaitu:

    • Archabacteria
    • Eubacteria
    • Protista
    • Jamur
    • Tumbuhan
    • Hewan
    1. Keluarga besar  atau filum/divisi  

    Kingdom biasanya terbagi menjadi filum atau hewan dan divisi untuk tumbuhan, untuk sebuah hewan dapat dikategorikan atas seluruh hewanmempunyai prinsip dasar yang hampir sama yaitu sebagai berikut:

    • Manusia atau Homo Sapiens dan chanos atau bandeng, yang memiliki bentuk dan habitat atau tempat tinggal yang berbeda, tetapi memiliki prinsip dasar yang sama yaitu mempunyai vertebrae (tulang belakang).
    • Filum Arthropoda yang terdiri atas i hewan yang mempunyai tubuh yang beda tapi prinsipnya sama yaitu bagian kaki terdiri dari suatu segmen yang memiliki sendi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Klasifikasi terbagi menjadi kelas-kelas

    • Bangsa (Ordo)

    Bangsa atau ordo terbagi kedalam ciri-ciri yang khusus lagi, di dalam kategori ini terdiri atas semua hewan yang mengacu pada pelaksanaan dari prinsip-prinsip kelas.

    • Suku (Kelas)

    Dari kelas ini memiliki ciri khusus yang sama serta perbedaannya yang kecil, di dalam kategori ini dapat mencakup semua organisasi yang marga-marganya dianggap berasal dari keturunan yang sama

    •  Marga (Genus)

    Disini dapat kita contohkan dari terong dan tomat jika dilihat dari segi bentuk dua tumbuhan tersebut memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Tapi dua tumbuhan tersebut memiliki marga yang sama yaitu solanum. Digenus ini memiliki reproduksi yang hamper sama.

    • Jenis (Spesies)

    Di dalam kategori ini mencakup seluruh jenis yang berdiri sendiri yang memiliki sifat yang hamper sama, walaupun dalam hal morfologi, anatomi dan fisiologi, contohnya seperti tomat yang mempunyai nama latin Solanum iycopersicum dan juga terong yang mempunyai latin Solanum melongena, dari spesies ini menunjukan nama individunya yang memiliki sifat yang sama. (Daru)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Klasifikasi Berbagai Tingkat Keanekaragaman Hayati
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar