Jenis-Jenis Virus Berdasarkan Ciri, Sifat dan Fungsinya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Virus merupakan parasit yang berukuran kecil yang hanya bisa di lihat dengan bantuan alat yakni mikroskop virus ini akan menginfeksi apa saja yang ingin ia dekati (keberadaanya). Virus ini hanya dapat berkembang jika ia menemukan mangsanya dengan cara memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus sendiri tidak bisa bereproduksi sendiri.

    Di virus terdapat namanya sel inang, sel inang ini adalah sel yang menyediakan tempat perlindungan dan tempat makan untuk virus  jika diluar dari sel inang virus akan tak berdaya, virus mengandung sejumlah asam nukelat (kecil), yang diselubungi dengan bahan yang berbentuk seperti pelindungnya.

    Karena virus tidak bisa menjalankan fungsi biologisnya secara bebas virus ini masih di perdebatkan apakah dia makhluk hidup, pada umumnya jika manusia atau hewan terjangkit virus gejala atau dampak nya bagi  manusia adalah virus influenza dan HIV ( HIV penyakit ini sangat berbahaya ia bisa merusak kekebalan pada tubuh orang yang telah derita HIV tersebut dan orang yang pertama kali terjangkit virus ini adalah Robert Reyford identitas  penduduk Amerika utara) dan bagi hewan adalah flu burung tidak hanya hewan saja  yang bisa terkena flu burung namun manusia juga bisa ikut terkena flu burung, dan terakhir tumbuhan dan tanaman seperti virus mosaik tembakau virus ini menyebabkan penyakit pada tumbuhan dampak nya seperti bercak bercak kuning pada tumbuhan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Jenis- Jenis virus

    Jenis virus berdasarkan ICTV, virus memiliki 4 tingkatan yaitu ordo – famili – genus – dan spesies

    Jenis virus berdasarkan asam Nukleat nya

    1. Ribovirus yaitu virus terdiri dari bahan inti atau biasa yang di sebut asam nukleat nya yang berupa RNA  contoh Rhabdo virus atau penyebab rabies (pada air liur anjing)
    2. Deoksiribovirus yaitu bahan intinya yang terdapat pada DNA contoh nya penyebab cacar

    Jenis virus berdasarkan Inangnya

    • Bakteriovage virus yang sel inangnya terdiri dari bakteri. Virus ini memiliki bahan inti bahan inti tersebut ialah DNA contoh nya virus yang menyerang E-Coli (virus yang menyerang t4).
    • Virus Mikroorganisme Eukariot virus yang menyerang organisme inti yang terdiri dari berbagai macam sel jaringan pada tubuh contohnya virus yang menyerang Protista dan jamur.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan An-nur Nanggroe Aceh

    • Virus Tumbuhan yaitu sel inangnya terdiri dari tumbuhan dan memiliki inti RNA contohnya seperti virus yang menyerang tembakau.
    • Virus Hewan adalah virus yang dimana sel inang nya terdiri dari sel hewan atau sel manusia contoh nya rabies pada anjing bisa menyerang ke manusia.

    Ciri-ciri virus

    1. Virus memiliki 1 jenis asam (nukleat) yang diselubungi dengan protein jenis asamnya yaitu DNA dan RNA
    2. Ukuran nya sangat kecil hanya bisa di dilihat melalui alat bantu yaitu mikroskop, jika tidak menggunakan alat bentuk maka tidak bisa di lihat.
    3. Virus tidak memilki inti sel karena virus tidak berbentuk sel.
    4. Virus hanya dapat berkembang biak hanya di  sel hidup (parasit)
    5. Virus ini merupakan makhluk metaorganisme maksudnya adalah virus merupakan salah satu bentuk perpindahan antara benda mati dan benda hidup, bersifat makhluk hidup maksudnya dapat berkembang biak.
    6. Virus juga memiliki bentuk, bentuk tubuhnya tergantung dengan dampak atau sifat mereka masing-masing

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Fungsi virus

    1. Virus digunakan sebagai vaksin : vaksin merupakan penyebab penyakit yang telah di modifikasikan menjadi lebih lemah dan dampaknya sedikit sehingga tubuh dengan mudah mengatasi dampaknya tersebut.
    2. Virus sebagai Antitoksik : memodifikasikan virus dapat membuat virus tersebut menghasilkan antitoksik yang berguna untuk menjadi obat segala macam penyakit
    3. Virus dapat menyerang bakteri Patogen apa bila virus menyerang pada patogen maka dampak yang akan diterima adalah memberikan manfaat yang sangat besar bagi tubuh.(Redho)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis-Jenis Virus Berdasarkan Ciri, Sifat dan Fungsinya
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar