Ciri-Ciri Listrik Statis dan Dinamis

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Listrik yang berada di lingkungan sekitar kita ternyata memiliki ciri-ciri yang berbeda. Biasanya kita sering mendengar kalimat listrik statis dan dinamis. Tapi apa kita tahu seperti apa listrik itu, dan ada berapa banyak jenis listrik yang sering kita jumpai. Berikut ini kita akan mencari tahu, apa itu listrik? Dan berapa banyakkah jenis-jenis listrik itu. Apa itu listrik?

    Listrik adalah sesuatu yang sulit di jelaskan secara terperinci karena kita lebih sering melihat listrik dari pengaruh atau gejala yang di timbulkan, kita dapat mengetahui listrik, biasanya dari fenomena alam atau kejadian yang berasal dari alam. Seperti terjadinya kilat dan juga petir. Listrik selalu terjadi di lingkungan sekitar kita, tanpa kita sadari.

    Ada yang beranggapan listrik berbahaya dan ada juga yang beranggapan listrik sangat bermanfaat bagi kita. Contohnya, untuk menonton TV, memasak nasi, menghidupkan lampu, menyetrika, mencuci baju, dan yang lainnya. Tapia da juga dampak negative dari penggunaan listrik, seperti terjadinya korslet, kemudian karena hal tersebut terjadi kebakaran.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Dan bahkan ada juga yang bahkan sampai tersetrum listrik. Bukan hanya memberi dampak positif tapi listrik juga memberi dampak negatif. Menurut penjelasan diatas ada yang mengatakan listrik ialah suatu energy yang memiliki daya tarik yang kuat, atau memiliki daya magnet yang besar sehingga terjadilah listrik.

    Listrik statis ialah jenis listrik yang tidak bergerak sesuai dengan namanya yaitu statis yang berarti tetap, listrik jenis ini sering kita lihat dan pernah atau bahkan selalu kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya ketika kita menggosokkan penggaris ke kepala kita atau saat dimana kita sedang menyisir rambut dan ketika menggosokkan gangang pena ke rambut kita.

    Selanjutnya adalah listrik dinamis, apa itu listrik dinamis? Listrik dinamis merupakan listrik yang berlawanan dari listrik statis, jika listrik statis pergerakannya tetap lain halnya dengan listrik dinamis listrik ini listrik yang pergerakannya tidak tetap atau listrik yang bergerak. Listrik jenis ini biasa kita jumpai atau kita lihat pada pembangkit tenaga listrik. Seperti PLN (Pembangkit Listrik Nuklir), PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), panel surya, dan yang lainnya.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Teuku Umar Meulaboh

    Listrik statis memiliki tegangan atau kekuatan listrik yang kecil atau kekuatan yang tidak terlalu besar. Namun, lain halnya dengan listrik dinamis, listrik dinamis memiliki tegangan atau kekuatan yang sangat besar sehingga jika kita tidak berhati-hati dalam penggunaannya akan dapat berbahaya bagi kita semua. Listrik dinamislah yang dapat berbahaya jika dalam penggunaannya tidak berhati-hati karena listrik dinamis memiliki kekuatan yang besar dan selalu bergerak, sesuai dengan namanya yaitu dinamis.

    Selain ciri diatas listrik statis dan listrik dinamis memiliki ciri-ciri yang lain lagi diantaranya adalah.

    1.Listrik Statis

    Listrik statis memiliki energy yang kecil atau kekuatan yang tidak besar. Dengan demikian listrik statis tidak terlalu berbahaya seperti listrik dinamis. Listrik statis tidak bergerak jadi jenis listrik ini selalu tenang dan biasanya selalu kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    2. Listrik Dinamis

    Listrik dinamis memiliki energy yang besar atau kekuatan dari energy listrik ini bisa sangat berbahaya jika dalam penggunaan dan pengendaliannya pengguna tidak selalu berhati-hati. Listrik dinamis adalah listrik yang selalu bergerak atau berpindah-pindah sehingga dalam proses menggunakannya peril berhati hati.

    Selain penjelasan diatas masih banyak lagi definisi atau penjelasan mengenai listrik. Baik listrik dinamis maupun listrik statis. Listrik dapat bermanfaat bagi kita dan mempermudah keseharian dalam hidup jika kita menggunakannya secara bijak. Dan listrik pun dapat sangat berbahaya di saat kita lalai atau kurang berhati hati. Semua ini merupakan sesuatu yang perlu kita ketahui agar kita menjadi manusia yang peduli lingkungan sekitar kita.(Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ciri-Ciri Listrik Statis dan Dinamis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar