Listrik Statis dan Dinamis

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di kehidupan sehari-hari pastinya kita sangat membutuhkan sebuah energi listrik untuk keberlangsungan aktivitas seperti kegiatan industri atau perusahaan yang menggunakan energi listrik. Di dalam energi listrik terbagi menjadi dua macam yaitu listrik Statis dan listrik Dinamis. Pastinya di saat kalian masih belajar di bangku sekolah kalian telah mempelajari tentang energi listrik, di dalam muatan listrik terdapat suatu elemen yaitu proton dan elektron.

    Listrik Statis adalah sebuah suatu fenomena di dalam kelistrikan dimana suatu muatan listrik tidak bergerak, atau dengan kata lain Listrik Statis merupakan listrik yang diam tapi bersifat sementara kepada suatu benda. Tidak bergeraknya suatu listrik pada benda dikarenakan muatan listrik tersebut tidak mengalir dan perpindahan arusnya hanya terbatas.

    Muatan listrik dapat menjadi negatif ataupun positif dan muatan tersebut dapat berupa zat yang terjadi dari atom-atom. Setiap zat atom memiliki sebuah inti atom yang terdiri dari satuan muatan listrik positif dan satuan muatan listrik negatif.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Listrik Dinamis adalah sebuah muatan listrik yang mengalir atau dengan kata lain listrik yang dapat bergerak. Listrik Dinamis merupakan sebuah gejala listrik yang disebabkan oleh sebuah muatan listrik yang bergerak mengalir ke saluran energi listrik.

    Perbedaan Listrik Statis Dan Listrik Dinamis

    Di dalam listrik Statis dan listrik Dinamis pastinya memiliki perbedaan dan persamaan, listrik Statis Dan Listrik Dinamis memiliki perbedaan yaitu:

    • Listrik Statis tidak mengalir dalam sebuah rangkaian listrik, sedangkan listrik Dinamis merupakan sebuah muatan listrik yang bergerak atau mengalir ke suatu rangkaian energi listrik.
    • Listrik Statis terjadi karena terjadinya gesekan ataupun gosokan antara dua material atau benda, sedangkan Listrik Dinamis disebabkan karena adanya arus listrik yang satu arah atau berputar balik.
    • Parameter listrik Statis sangat susah diukur, contohnya seperti sulit saat akan mengukur arus, sedangkan Listrik Dinamis bisa diukur dengan sebuah alat ukur yang baku.

    Persamaan Listrik Statis dan Listrik Dinamis

    • Kedua muatan listrik ini memiliki medan magnet yang saling tarik menarik.
    • Kedua listrik ini memiliki inti atom
    • Kedua listrik ini dapat terjadi harus ada dua material atau benda yang harus saling terhubung satu material dengan material lainnya untuk dapat memindahkan dan mengalirkan sebuah muatan listrik.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan di Universitas Suryakancana

    Contoh Penerapan Muatan Listrik Statis Pada Kehidupan Sehari-hari

    • Sebagai Pengendap Elektroastis

    Pengendap ini digunakan supaya mengurangi polusi udara oleh sebuah pembakaran batubara yang digunakan untuk membuat pembangkit tenaga listrik dan dapat juga mengurangi pencemaran debu di dalam suatu jaringan. Pengendap ini menggunakan sebuah saringan kawat yang telah diberikan muatan negatif dan juga lempeng logam yang telah diberi muatan positif.

    • Mesin Fotokopi

    Mesin ini menggunakan daya tarik elemen listrik yang berbeda. Suatu pola sebuah muatan yang positif pada pelat mesin fotokopi akan seolah-olah bidang hitam yang akan diperbanyak atau digandakan.

    • Penangkal Petir

    Penangkal petir berupa sebuah batang logam yang berujung lancip dan dihubungkan dengan sebuah kawat logam yang berukuran cukup besar. Biasanya penangkal petir dipasang diatas sebuah gedung bangunan yang tinggi dan serta dihubungkan kedalam tanah melalui sebuah kabel logam. Penangkal petir juga menyediakan jalan bagi muatan listrik yang berada di awan agar dapat berpindah menuju ke tanah melalui kawat yang sudah dihubungkan tadi, sehingga bangunan tidak mengalami kerusakan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Sisir Rambut

    Pada saat kita menggosokan sisir ke rambut, maka electron dari rambut akan berpindah ke sisir tersebut, sehingga sisir akan mendapatkan tambahan elektron.

    • Penggaris Dengan Kain Wol

    Ketika penggaris plastik telah digosok dengan sebuah kain wol akan menjadi elemen yang bermuatan negatif, karena telah mendapatkan tambahan elemen elektron dari kain wol. Penggaris yang bermuatan negatif tadi dapat menarik serpihan-serpihan kertas yang ada.

    Contoh Penerapan Muatan Listrik Dinamis Pada Kehidupan Sehari-hari

    • Mobil Mainan Dengan Menggunakan Baterai

    Ketika sebuah muatan listrik yang terdapat di baterai mengalir dalam sebuah rangkaian listriknya, maka sumber penggerak dari mobil mainan tersebut yang sudah dialiri muatan listrik akan menggerakan roda pada mobil mainan tersebut.(Daru)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Listrik Statis dan Dinamis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar