Cara Mendapatkan Bibit Unggul Tanaman

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tanaman adalah sebuah makhluk hidup  yang memiliki struktur tubuh dan organ yang berbeda dengan manusia dan hewan. Dan tanaman kebanyakan berbentuk berbatang tinggi ataupun rendah dan memiliki daun pada umumnya.

    Pengertian bibit

    Bibit adalah sebuah calon atau anakan yang di kembang biakan oleh suatu tanaman, bibit digolongkan jadi dua yaitu bibit unggul dan bibit tidak unggul, untuk mendapatkan bibit unggul pada tanaman mungkin ada beberapa teknik dan cara.

    Cara mendapat bibit ungul tanaman

    Mungkin ada beberapa kriteria untuk mendapat bibit unggul, untuk bibit unggul itu sendiri punya sifat di antara lain:

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Tahan hama

    Untuk sifat yang pertama ini bibit kita perlu sifat ketahanan terhadap hama, dengan ketahanan terhadap hama maka kita akan mudah merawat tanaman tanpa harus membeli pestisida yang banyak untuk mengusir hama pada tanaman kelah.

    1. Memiliki buah yang baik dan sesuai kriteria

    Untuk sifat buah itu ada banyak bisa jadi pada jambu harus manis dan pada jeruk nipis asam. Untuk tanaman harus memiliki jenis sifat ini karena bibit unggul bergantung pada sifat ini.

    1. Punya buah yang lebat

    Untuk bibit unggul selanjutnya, bibit anda harus memiliki sifat keunggulan ini. Jika tanaman anda sudah memenuhi 2 kriteria di atas tapi masih kurang dengan kriteria ini mungkin ini percuma karena letak keuntungan anda ada di sini.

    1. Punya pohon yang kokoh

    Untuk bibit unggul ini memang tidak jadi perhatian banyak orang karena sifat ini hanya diperlukan untuk tanaman perkebunan contoh mangga, durian kelapa jadi sifat ini hanya perlu untuk tanaman yang berumur lama.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Stis Darul Falah Pagutan Mataram NTB

    1. Mampu bertahan dalam lingkungan ekstrim

    Untuk bibit ini sangat penting karena bisa jadi anda di daerah yg sedang mengalami kemarau dan banjir, disinilah bibit ini berak si dengan adanya bibit yang tahan terhadap cuaca ekstrim maka bibit ini sudah dikatakan siap pakai.

    Cara mendapat bibit unggul

    Untuk mendapat bibit unggul sebenar nya anda bisa dengan cara membelinya atau anda bisa membuat nya sendiri.

    1. Cari tahu di internet ciri benih unggul

    Untuk mendapat benih unggul cobalah anda cari tahu dulu di internet ciri benih unggul, dengan begitu anda ada bayangan dan tidak akan sulit untuk memilih bibit anda.

    1. Coba cari produsen bibit yang berpengalaman

    Untuk mendapat bibit unggul, cobalah anda cari produsen yang sudah berpengalaman dan sudah membuktikan bibit nya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Jangan pernah mencari bibit dari prudusen yang belum punya sertifikat

    Jika anda ingin mendapat bibit unggul usahakan lah cari produsen yang sudah memiliki sertifikat, karena dengan ada nya sertifikat maka bibit nya pasti sudah ter uji.

    Cara memperlakukan benih yang baru anda beli

    Untuk benih yang baru sampai dari tempat jauh usahakan lah benih anda diamkan selama satu minggu, agar bibit anda siap untuk di tebar di lahan, untuk penanaman nya coba berpupuk dasar dulu di tempat yang akan anda tanam rawat bibit dengan benar maka akan menghasilkan bibit yang baik.

    Cara merawat tanaman yang sudah besar

    Untuk tanaman yang sudah besar lakukan lah pemupukan yang benar dal dalam waktu yang tepat ini agar produksi tanaman anda jadi lebih meningkat.

    Perawatan cika terkena hama

    Semua tanaman pasti terkena hama , jika tanaman anda terkena hama segeralah anda basmi hama itu baik dengan pestisi kimia atau organic.

    Panen

    Jika sudah masuk waktu panen, maka lakukan lah dengan waktu yang tepat jangan dibiarkan buah terlalu lama di batang karena ini dapat berakibat buruk pada tanaman. Jika masa panen sudah selesai cobalah untuk menginstirahatkan tanaman dan setelah itu baru beri pupuk  setelah panen.(Alfikri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mendapatkan Bibit Unggul Tanaman
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar