Pengertian Metamorfosis

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Maksud dari metamorfosis ialah urutan atau jalannya yang menunjukkan sebuah proses perkembangan secara biologi yang pastinya akan terjadi pada hewan, dimana perubahan ini nantinya akan melibatkan perubahan-perubahan dari segi penampilan fisiknya dan strukturnya setelah dilahirkan atau setelah penetasannya tergantung dari fasenya masing-masing.

    Disini kita sudah mengetahui bahwa metamorfosis dapat terdiri atas dua jenis, yakni :

    • Metamorfosis Sempurna, dan
    • Metamorfosis Tidak Sempurna

    Lantas apa saja faktor yang bisa menjadi perbedaan diantara dua jenis metamorfosis ini? Berikut ini penjelasan mengenai hal yang bisa saja menjadi perbedaan diantara metamorfosis pada fase sempurna dan metamorfosis pada fase tidak sempurna.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna ialah sebuah perpanjangan fase yang dimulai dari tahapan terkecil yakni telur hingga menuju fase kedewasaannya. Perbedaan diantara dua jenis metamorfosis ini terletak pada tahapan atau fase yang dilalui oleh hewan tersebut. Dimana metamorfosis sempurna akan mengalami empat (4) tahapan atau fase yang dimulai dari yang paling kecil yakni telur, kemudian larva, pupa, dan fase yang terakhir dewasa. Sedangkan metamorfosis tidak sempurna hanya menjalani tiga (3) tahapan atau fase saja yaitu telur, kemudian nimfa, dan yang terakhir dewasa.

    Metamorfosis Sempurna

    Metamorfosis yang satu ini memiliki makna seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa metamorfosis ini meliputi empat (4) fase yang dimulai dari fase telur hingga fase kedewasaannya yang sangatlah beda di dalam morfologi. Beberapa hewan yang dapat dijadikan sebagai contoh dari hewan yang mengalami siklus kehidupan yang sempurna ini yakni : Nyamuk, semut, lebah, kupu-kupu, dan lain-lain. Siklus kehidupan hewan yang satu ini dimulai dari peletakan telur oleh hewan betina.

    Baca Juga :Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Surya Dharma

    Setelah menunggu beberapa waktu yang cukup lama, telur akan menetas menjadi larva. Larva ini memiliki ciri yaitu tubuhnya yang lunak layaknya cacing. Hal yang membedakan larva dengan yang lainnya yaitu larva memiliki selera makan yang sangat besar, maka dari itulah larva ini mengalami perkembangan yang sangat cepat hingga ia lanjut pada fase yang selanjutnya yakni kepompong atau pupa.

    Fase kepompong biasanya ditandai dengan pembentukan pupa di area sekitar larva tadi. Saat berada dalam kepompong larva tidak akan bisa makan dikarenakan ia sedang mengalami fase perkembangan atau pembentukan sel-sel yang baru misalnya kaki, sayap, dan organ-organ lainnya. Fase kepompong biasanya ada yang 4 (empat) hari dan ada pula menunggu hingga beberapa bulan. Dan rusaknya bagian kepompong menandakan bahwa larva sudah berkembang secara menyeluruh, saat inilah larva tadi akan mengalami fase menuju kedewasaan.

    Metamorfosis Tidak Sempurna

    Metamorfosis yang satu ini hanya bertumpuan pada proses perubahan dari fase telur menuju fase dewasa. Dimana fase ini dimulai dari sang induk yang meletakkan telur yang mana telur tersebut dilapisi oleh lapisan yang memberikan perlindungan pada telur tersebut.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Setelah menunggu beberapa saat, telur tersebut mengalami penetasan, dan yang dihasilkan dari penetasan telur tersebut di katakana sebagai nimfa. Nimfa ini merupakan wujud yang lebih muda dari serangga yang dewasa, wujudnya menyerupai serangga yang sudah dewasa namun tidak memiliki sayap. Setelah menjalani kehidupan yang cukup lama, nimfa akan terus tumbuh dan berkembang hingga menjadi serangga dewasa seutuhnya.

    Dari penjelasan diatas sudah kita ketahui bahwa metamorfosis yang mengalami fase sempurna dan metamorfosis yang melalui fase tidak sempurna memiliki perbedaan yang dapat dilihat dari bentuk proses perubahan yang terjadi pada larva dan proses perubahan yang terjadi pada nimfa. Dimana larva akan mengalami proses yang disebut sebagai kepompong hingga ia menjadi dewasa seutuhnya, sedangkan nimfa hanya menunggu proses menuju kedewasaannya saja.

    Itulah sedikit penjelasan atau informasi mengenai pengertian dan pembagian- pembagian metamorfosis. Semoga dengan membacanya menjadikan kita sebagai orang yang memiliki ilmu dan wawasan yang lebih luas.(Hamdani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Metamorfosis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar