Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Surya Dharma

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Apa itu akreditasi? Akreditasi merupakan hasil penilaian criteria atau kelayakan suatu instansi sekolahan ataupun kampus. Apalah penting? Hal ini jelas penting, karena akreditasi ini menunjang ataupun menarik minat siswa untuk masuk ke sekolah tersebut. Jika minat para siswa baru sudah tinggi untuk masuk kedalam suatu sekolah, kemungkinan besar sekolah tersebut menerima banyak murid baru.

    Semakin banyak suatu murid pada sekolah, maka banyak juga peluang sekolah tersebut untuk terus maju dan maju menjadi sekolah favorit. Tugas penilaian ini diserahkan oleh suatu lembaga atau badan yang mengurus pengakreditasian yaitu BAN – PT. BAN - PT ini kepanjangan dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi. Telah disahkan oleh pemerintah Indonesia sebagai badan yang menilai akreditasi suatu sekolah.

    Semakin maju suatu ilmu pengetahuan, makin banyak pula perguruan tinggi di Indonesia yang didirikan. Pada salah satu provinsi Indonesia, yaitu Lampung, yang ibu kotanya Bandar Lampung. Provinsi yang banyak menggunakan ladang pertanian untuk bisnisnya, ada ladang gandum yang sangat luas, ladang ubi kayu yang juga luas. Bahkan Lampung menjadi pemasok terbesar ubi kayu di daerah Indonesia. Untuk mendapatkan hasil panen yang bagus atau bisa dibilang yang mantap, kita perlu belajar tentang masalah pertanian. Ada salah satu kampus atau sekolah tinggi di kota Bandar Lampung yang basisnya dalam pertanian, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Surya Dharma.

    Sekolah tinggi yang beralamat di Jalan Ki Maja, Gang Pertama No.1, Sepang Jaya, Way Halim 35141 Lampung, Bandar Lampung, lampung. Status sekolah tinggi ini masih “ aktif ”, bernomor SK “0820O89”, tanggal Sk yaitu 16 desember 1989. Mempunyai dua prodi (program studi) salah satunya yaitu agroteknologi, pada pembelajaran ini mengenai pertumbuhan suatu tanaman mulai dari bibit sampai menjadi hasil. Disini berguna untuk mengembang suatu komoditas lahan pertanian menjadi lebih sederhana, efektif, efisien, mudah dikelola serta menjadi lebih segar (berkondisi baik).

    1.  Prodi                : Agroteknologi

         Strata               : Strata Satu (S1)

         Akreditasi       : C

         No Sk               : 3416/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2018

         Kedaluarsa     : 19 Desember 2023

    2.  Prodi                : Agrobisnis

         Strata               : Strata Satu (S1)

         Akreditasi       : -

         No Sk               : -

         Kedaluarsa     : -

    Ada beberapa hal penting yang dipelajari di prodi Agroteknologi, yaitu :

    1. Proses penanaman

    2. Membudidayakan tanaman

    3. Menjunjung moto tanaman

    4. Bahan pangan mentah

    5. Mengelola tanah

    6. Budidaya dengan teknologi

    7. Penyait tanaman seperti gulama, hama dan lain – lain

    Pada Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Surya Dharma, sistem pendidikannya berupa perguruan tinggi. Pada sekolah ini mempunyai pengajar ataupun dosen yang berkualitas baik serta mempunyai kompeten di bidangnya masing - masing, bahkan di sekolah ini di dukung dengan adanya fasilitas penunjang pembelajaran yang lengkap, fasilitas itupun cocok dengan jurusan atau prodi (program studi) yang telah ada. Selain pengajar dan fasilitas, ada juga beasiswa untuk mahasiswa berprestasi. Ada beberapa fasilitas atau organisasi di sekolah tinggi ini, sebagai berikut :

    a. UKM (unit kegiatan mahasiswa ), yang dapat mewadahi minat mahasiswa

    b. Grup riset (research group)

    c. Group belajar

    d. Perpustakaan yang lengkap

    e. Organisasi kemahasiswaan

    f. Tim olahraga

    g. Hingga komunitas belajar

    Dengan berbagai fasilitas itu, diharapkan lulusan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Surya Dharma menjadi siap kerja setelah lulus. Karena di wilayah Lampung banyak terdapat lapangan pekerjaan yang berupa pertanian serta teknologi. Dalam hal pertanian dan teknologi ini pembelajarannya berupa agroteknologi, bersangkut paut mengenai teknologi yang berkecimpung di dunia pertanian. Maka dari itu, pembelajaran agroteknologi ini sangat cocok bagi pelajar yang ingin bekerja langsung maupun membuka lahan usaha (bisa pertanian, industry, ataupun bisnis).(Bintang)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Surya Dharma
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar