Penyebab Terjadinya Pemanasan Global dan Cara Mengatasinya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Dunia kita sudah semakin tua, wajar saja jika banyak terjadi bencana-bencana yang memberi efek kerusakan pada bagian-bagian tertentu. Banyak segi-segi yang menjadi penyebab bencana yang kian melanda dunia kita. Faktor tersebut bisa-bisa saja datang dari alam dan bisa juga berasal dari tangan kita sendiri.

    Belakangan ini terlihat jelas di mata kita dan dapat kita rasakan dampak yang diberikan dari salah satu bencana ini. Bencana ini akan memberikan efek yang sangat besar jika tidak kita sadari dan kita cegah. Bencana yang satu ini bernama Pemanasan Global (Global Warming). Pemanasan global sendiri memiliki makna yaitu cahaya matahari yang dapat menembus hingga ke lapisan atmosfer hingga mengakibatkan radiasi yang datang akan diserap oleh zat yang biasa kita sebut sebagai rumah kaca dan dari zat tersebut akan mengikat gelombang radiasi yang datang.

    Untuk dapat mencegah pemanasan global kamu juga wajib tahu dulu hal apa saja yang menjadi penyebab dari pemanasan global ini, karena dengan mengetahui penyebabnya saja kita dapat meminimalkan dampak yang diberikan dari pemanasan global yang saat ini dapat kita rasakan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Penyebab pemanasan global ini dapat saja datang dari tangan kita sendiri dengan perkembangan teknologi yang kian pesatnya, dengan perkembangan industry, dan pertambahan populasi manusia inilah yang menjadi penyebab utama dari pemanasan global yang bisa kita rasakan seperti saat ini. Berikut ini akan saya uraikan penjelasan mengenai penyebab terjadinya pemanasan global, untuk itu teruslah berada di halaman ini agar wawasan kamu bertambah.

    • Gas Karbon Monoksida

    Gas yang ditimbulkan dari kendaraan ini merupakan salah satu penyebab pemanasan global. Faktanya gass karbon monoksida yang ditimbulkan dari kendaraan sangatlah berbahaya terutama bagi kesehatan kita sebagai manusia. Tidak hanya itu, ternyata gas karbon monoksida juga merupakan salah satu penyebab dimana menimbulkan efek rumah kaca.

    • Efek Rumah Kaca

    Zat atau efek yang satu ini disebabkan oleh efek panas yang dipantulkan pada permukaan bumi terjebak di lapisan atmosfer yang disebabkan oleh gas-gas yang ada di lapisan atmosfer tadi. Gas yang menjebak cahaya panas tadi adalah gas karbon monoksida, seperti yang telah di jelaskan tadi.

    Baca Juga : Akreditasi Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah Selat Panjang

    • Gas Yang Dikeluarkan Oleh Industri

    Gas buangan ini juga salah satu faktor yang menyebabkan pemanasan global semakin menjadi-jadi. Gas ini juga menyebabkan pencemaran udara yang sangat berbahaya bagi kesehatan makhluk hidup. Pada asap pabrik inilah banyak mengeluarkan gas-gas yang berbahaya seperti karbon monoksida, karbondioksida, gas metana, dan juga beberapa gas lainnya.

    • Hutan

    Saat ini sudah banyak berita yang kian beredar mengenai populasi hutan yang turun drastis. Hal ini dikarenakan pembakaran hutan secara terbuka, dimana pembakaran ini memakan ratusan hektar pohon hingganya hal ini sama saja dengan mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Selain pembakaran hutan secara terbuka, juga dapat disebabkan dari penebangan hutan secara liar. Jika hal ini terus terjadi, bisa saja pohon-pohon yang menjadi paru-paru dunia akan pupus.

    • Listrik

    Mengapa listrik menjadi salah satu penyebab pemanasan global?. Hal ini disebabkan penguapan yang terjadi pada listrik jika kita boros dalam memanfaatkan listrik.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Pembakaran Sampah

    Pembakaran sampah secara berlebihan akan menjadi salah satu segi atau faktor dari pemanasan global yang terjadi, dimana asap dari sampah ini memberikan efek gas metana yang mengikat karbondioksida hingga karbondioksida kesulitan untuk menghasilkan oksigen yang kita butuhkan.

    Adapun cara mengatasi atau cara untuk meminimalkan pemanasan global ini adalah :

    • Yang pertama dapat kita laksanakan dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor.
    • Yang kedua diperlukannya kesadaran, jika kita memiliki kesadaran bahwa pemanasan global itu sangat berbahaya, maka kita pasti akan meminimalkan penyebab terjadinya pemanasan global.
    • Yang ketiga jangan melakukan illegal loging atau penebangan hutan secara liar, namun seharusnya kita melestarikan alam agar berdampak baik pada kehidupan kita.
    • Yang keempat dengan meminimalkan penggunaan lampu pada siang hari.
    • Yang kelima dengan mengurangi produksi gas karbondioksida.(Hamdani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penyebab Terjadinya Pemanasan Global dan Cara Mengatasinya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar