BMKG Imbau Masyarakat Lebih Waspada, Akhir Tahun Diprediksi Berpotensi Cuaca Ekstrem

Daftar Isi

    JAKARTA-Akhir tahun 2019 ini diprediksi akan terjadi cuaca ekstrem. Dalam catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ada beberapa daerah yang harus mewaspadai potensi cuaca ekstrem ini.

    Daerah-daerah yang dimaksud, Sumatera, Kalimantan, Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi), Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

    "Kondisi ini diakibatkan adanya faktor dinamika atmosfer skala regional dan lokal terkini," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, di Jakarta, Senin, (23/12/2019) seperti dilansir dari Vivanews.com

    Dwikorita menjelaskan, dinamika atmosfer karena adanya moonson Asia yang mulai menunjukkan aktivitasnya. Dari tanda itu terjadi peningkatan massa udara basah dan terbentuknya pola konvergensi, perkembangan dan belokan angin di beberapa wilayah. "Hujan terjadi dimulai pada saat menjelang siang hingga sore hari," katanya.

    Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat waspada. Terutama, saat hari liburan, masyarakat juga diminta untuk menjauhi pohon maupun bangunan-bangunan yang berpotensi roboh atau tumbang.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel BMKG Imbau Masyarakat Lebih Waspada, Akhir Tahun Diprediksi Berpotensi Cuaca Ekstrem
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar