Viral ! Elly Sugigi Potong Gigi, Risiko Hingga Rawan Gagal

Daftar Isi


    Elly Sugigi jalani prosedur potong gigi. Foto: Instagram @ellysugigi_real_

    LancangKuning.com, Jakarta - Baru-baru ini Elly Sugigi telah menjalani prosedur potong gigi untuk mempercantik penampilannya. Di akun Instagram miliknya terlihat jelas perubahan penampilan Elly setelah memotong gigi.

    "Dipotong. Bisa mingkem kan gue sekarang," kata Elly dalam video Instagram stories milik Dinar Candy pada Jumat (20/12/2019).

    Baca Juga: PBNU Sebut Tak Masalah Ucapkan Selamat Natal, Tidak Ganggu Akidah Umat Muslim

    Prosedur potong gigi dikenal juga dengan sebutan pangur atau kikir gigi. Menurut drg Ahmad Syaukani, SpOrt, yang akrab disapa drg Kani dari Estetika Dental Clinic, prosedur ini dilakukan dengan cara mengikis lapisan gigi paling luar atau email agar kemudian tampak menjadi rata dan rapih.

    drg Kani menjelaskan ia tidak menyarankan seseorang menjalani potong gigi. Alasannya karena potong gigi menyebabkan lapisan terluar dari gigi yang keras terbuang, menyisakan lapisan dalam atau dentin yang lebih lunak dan banyak ujung saraf.

    Baca Juga: Selamat Hari Ibu, 5 Doa Simpel Buat Orang Tua Kamu

    "Gigi yang kurang rapi bisa dirapikan oleh dokter gigi spesialis ortodonti untuk merapikan giginya. Bukan dengan jalan memotong gigi tersebut," katanya.

    "Pemotongan gigi, pangur, atau kikir dapat menyebabkan lapisan email atau laporan terluar dan terkeras gigi ini terbuang dan lapisan di bawahnya terlihat," tambah drg Kani.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Lapisan gigi yang terekspos ketika gigi dipotong ini disebut dentin dan di dalamnya terdapat pori-pori yang berujung saraf. Dampaknya seseorang jadi bisa mengalami gigi sensitif saat mengonsumsi makanan.

    Dentin juga sifatnya lunak bila dibandingkan email sehingga rentan keropos. "Gigi menjadi lebih mudah keropos karena dentin lebih rapuh dibanding email jika terkena asam yang ditimbulkan oleh proses pembusukan sisa-sisa makanan," lanjut drg Kani.

    Dilansir detik.com drg Kani menjelaskan, terdapat beberapa dampak negatif ketika seseorang memutuskan untuk potong gigi. Gigi bisa menjadi lebih sensitif dan lebih mudah keropos.

    "Karena dentin lebih rapuh dibanding email jika terkena asam yang ditimbulkan oleh proses pembusukan sisa-sisa makanan," tuturnya.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Bila seseorang terlanjur melakukan potong gigi dan merasakan ada keluhan segera konsultasi dengan dokter gigi. drg Kani mengatakan hal ini dapat diatasi dengan melakukan perawatan saluran akar agar rasa nyerinya berkurang atau juga bisa dengan perawatan crown.

    "Jadi gigi tersebut dibungkus atau diselubungi oleh bahan berupa akrilik atau porselen," tutup drg Kani.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Viral ! Elly Sugigi Potong Gigi, Risiko Hingga Rawan Gagal
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar