Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Ginjal

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ginjal merupakan salah satu komponen yang ada di dalam tubuh dan sangat penting untuk kesehatan seseorang. Ginjal juga berperan untuk memfilter atau menyaring sisa- sisa metabolisme tubuh dan menetralkan cairan dari darah jika ada hal yang berlebihan.

    Kemudian ginjal akan membuang semua sisa sisa kotoran tersebut melalui urine. Maka dari itu kita sebagai manusia harus menjaga kesehatan yang telah dianugrahkan oleh tuhan yang maha esa dengan cara menjaga pola makan dan  jenis makan- makanan yang kita makan kemudian jangan lupa juga untuk minum air putih minimal delapan gelas dalam sehari agar ginjal kita terjaga dengan baik.

    Bila ginjal sudah terganggu fungsinya, maka sisa- sisa metabolisme yang masuk ke dalam tubuh atau cairan- cairan dari darah akan menumpuk di dalam tubuh yang akan menyebabkan bermacam penyakit. Berbahaya bukan??? Tapi jangan khawatir, setiap masalah yang kita alami, pasti ada juga solusinya. Dengan makan- makanan yang sehat dan mengonsumsinya dengan tepat, itu sudah hal yang menjadi langkah penting untuk menjaga kesehatan untuk ginjal kita. Inilah makanan yang boleh di makan bagi penderita ginjal.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • Sayuran kol, paprika dan sayur lobak

    Sayuran jenis seperti ini merupakan sayuran yang mempunyai kadar kalium yang rendah, bukan hanya itu, sayuran- sayuran ini juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kesehatan ginjal kita. Gunanya untuk mencegah dampak buruk dari adanya radikal bebas.

    • Buah apel

    Buah apel merupakan buah yang rendah akan kandungan kaliumnya, selain itu apel juga mengandung serat- serat yang mampu untuk menurunkan kadar dari kolestrol dan glukosa pada darah. Agar bisa mendapatkan manfaatnya, pilih dan konsumsilah apel yang bersih, cuci bersilah. Jika tidak suka dengan buah apel, makanlah buah yang rendah kalium lainnya seperti strawberry, nanas, anggur dan blueberry. Hal ini bisa menjaga kesehatan ginjal kita.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan di Universitas Suryakancana

    • Ikan yang kaya dengan asam lemak omega tiga

    Dengan cara mengonsumsi ikan yang kaya dengan asam lemak dan omega 3 juga termasuk langkah baik untuk menjaga kesehatan ginjal kita. Contoh ikannya yaitu : ikan kakap. Ikan tuna, ikan sarden, ikan salmon, dan makerel. Semua jenis ikan seperti ini merupakan makanan yang juga mempunyai nutrisi penting untuk fungsi tubuh dan ginjal kita. Jika kamu tidak suka dengan ikan, makanlah suplemen kacang- kacangan dan minyak ikan. Makanan tersebut juga termasuk makanan yang mempunyai kandungan asam lemak dan omega tiga yang baik untuk ginjal kita.

    • Bawang

    Dengan cara memakan bawang- bawangan untuk mengurangi konsumsi asupan garam di menu makan juga baik untuk kesehatan ginjal. Gantilah bumbu garam itu dengan bawang- bawangan, karena bawangmengandung akan rendah kalium dan fosfor. Konsumsilah bawang putih dan bawang bombayuntuk pengganti bumbu menu makanan. Tumislah bawang tersebut bersamaan dengan makanan yang sedang di masak.

    • Putih telur

    Putih telur termasuk sumber yang akan kaya dengan protein yang kandungan fosfornya rendah. Tapi batasilah memakan kuning telurnya, karena itu yang mengandung banyak fosfor.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Buah ceri

    Buah ceri merupakan buah yang kecil. Jika kamu lihat, buah ceri banyak dan sering menjadi penghias kue- kue. Buah ceri mengandung magnesium, vitamin B, vitamin C, Vitamin K, sitrat, dan folat. Semakin buah cerinya asam, semakin bagus. Karena itu menandakan kadar sitrat buah yang tinggi. Selain untuk ginjal, Guna sitrat apada buah ceri juga dapat mengurangi asam urat yang ada di dalam darah. Sehingga dengan mengonsumsi buah ceri ini mempermudah fungsi ginjal untuk mengontrol keasaman yang ada pada tubuh.

    Sekian pembahasan mengenai makanan yang boleh dimakan untuk para penderita ginjal. Menjaga kesehatan itu penting. Semoga bermanfaat.(Fadil)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Ginjal
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar