Penyebab Seseorang Mengidap Sindrom Down

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mungkin istilah down sindrom kerap di samakan atau di anggap sama dengan autism, padahal down sindrom dan autis adalah 2 hal yang sangat berbeda. Adapun maksud dari down sindrom sendiri yakni suatu kelainan kinetic pada seseorang yang di sebabkan oleh kromosom yang memiliki kelainan sehingga memberikan ciri atau gambaran pada si penderita.

    Berbeda dengan autis, autis sendiri terjadi di sebabkan oleh kelainan pada proses pertumbuhan si pengidap, namun bukan karena penyakit. Karena jika penyakit dapat di obati dengan obat dokter dalam waktu yang tidak terlalu lama, sedangkan autis membutuhkan pengobatan & perawatan yang sangat lama.

    Down sindrom dikarenakan kelainan kromosom, maka  perbedaan yang di berikan nya sangat lah penting, misalkan saja dalam bidang akademis nya, sudah terlihat jelas para penderita down sindrom atau di singkat dengan ds memiliki kemampuan yang berbeda beda.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Untuk lebih jelas nya apa itu down sindrom, dan kenapa bisa terjadi berikut ini adalah penjelasannya :

    Down sindrom itu dikarenakan kelainan pada kinetik manusia yang memberikan dampak pada si penderita memiliki daya atau tingkat kecerdasan dapat di katakana rendah. Tidak hanya itu saja saja, pada bagian fisik pun terlihat ciri khas penderitanya Kelainan kinetik seperti ini memang cukup sering terjadi di seluruh dunia,

    Badan WHO telah mendata bahwa ada sekitar 3000 sampi dengan 5000 bayi yang lahir dengan kondisi yang sama di setiap tahunnya. Dengan perawatan serta merawat nya secara tepat maka penderita ds dapat menjalankan hidup nya dengan lancar dan mandiri meskipun kelainan yang satu ini belum bisa di obati / diatasi hingga sekarang.

    Gejala penderita nya:

    • Kepala mempunyai ukuran yang lebih besar.
    • Kepala bagian belakangnya datar.
    • Mata bagian luar penderita ds mengarah ke atas.
    • Telinga yang tidak normal (ukurannya kecil).

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Ichsan

    Sebab terjadinya down sindrom:

    • Ds bisa terjadi apabila terdapat satu salinan yang jumlahnya ekstra dari kromosom nya bernomor 21, Kromosom yang bertugas memburuk gen normal memiliki pasangan yang di wariskan dari orang tua nya masing-masing.
    • Faktor atau sebab lain yang menjadi pemicu terjadinya down sindrom yakni ibu yang mengandung sudah cukup berumur dan ayah nya pun sudah berumur juga. Biasanya ibu suah berumur diatas 35 dan ayah nya 40 tahun ke atas.
    • Ada nya anggota keluarga yang menderita hal yang serupa, misalkan seorang wanita sebelumnya telah melahirkan seorang anak dengan keadaan ds, maka besar kemungkinan ia bisa melahirkan anak yang mendapat masalah down sindrom lagi.
    • Jarak umur  dan jumlah saudara kandung, Menurut berbagai penelitian resiko mempunyai keturunan yang down sindrom akan makin tinggi jika ibu yang mengandung untuk pertama kali nya sudah mempunyai umur yang tua, dan jarak kehamilan antar anak yang satu dengan yang lain jauh, hal ini juga bisa menjadi penyebab seseorang mengidap down sindrom.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • Kurangnya asam folat, Banyak ahli yang mengemukakan bahwa ds dapat terjadi karena adanya kerja metabolis dalam tubuh seseorang yang kurang maksimal untuk memecahkan asam folat, Kondisi seperti ini bisa memberikan pengaruh atau dampak pada epigenetik yang kerjanya menghasilkan kromosom. Untuk itu bagi perempuan yang mengandung sangat di anjurkan mencukupi / memenuhi asam folat sedari awal bahkan sebelum hamil, Karena asam ini nantinya akan sangat berpengaruh besar pada saat pembentukan tulang sum-sum dan perkembangan otak pada bayi di dalam kandungan, dengan memenuhi kebutuhan asam ini maka kemungkinan kecil bayi akan menderita ds karena sedari kandungan tulang dan otak nya telah tumbuh & berkembang secara optimal.   

    Itulah penyebab mengapa seseorang dapat menderita ds, beserta informasi lengkapnya, semoga dapat memberi manfaat. (barnard)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penyebab Seseorang Mengidap Sindrom Down
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar