Pembagian-Pembagian Metabolisme

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Berbicara mengenai makhluk hidup pasti tidak akan jauh-jauh dari yang namanya perangkat atau salah satu yang menjadi penyusun perangkat dalam kehidupan makhluk hidup. Banyak sekali hal-hal yang tidak terduga berada dalam tubuh makhluk hidup. Misalnya saja seperti sel, dan metabolime.

    Sel banyak memiliki arti misalnya sel merupakan bagian tersempit yang menjadi dasar penyusun dalam tubuh manusia dan makhluk hidup lainnya. Makna lainnya dari sel ini adalah bagian paling kecil dari makhluk, yang dimana dari kumpulan sel akan terbentuk jaringan, dari jaringan akan jadi sistem organ, kemudian menjadi organ dan akan terus berlanjut sampai terbentuklah individu, begitulah seterusnya.

    Namun, sel memiliki keterkaitan dengan metabolism. Disini kita akan membahas lebih lanjut mengenai metabolisme dan pembagiannya. Apa saja ya pembagian-pembagian metabolisme tersebut?. Jika anda ingin menambah wawasan ada baiknya anda meneruskan bacaan artikel ini hingga bagian akhirnya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Maksud dari metabolisme yakni segala macam bentuk proses yang terjadi secara kimia pada tubuh, tidak berarti sistem ini hanya terdapat pada tubuh manusia namun juga ada pada sebagian besar makhluk yang hidup di dunia ini, dapat kita contohkan seperti : tumbuhan dan juga hewan yang hidup di muka bumi ini. Berikut uraian penjelasan mengenai macam-macam dari metabolism, untuk itu teruslah membaca hingga selesai.

    Sebelumnya sudah di jelaskan arti dari metabolisme itu merupakan segala sesuatu bentuk reaksi, proses kimia yang bekerja di dalam sel-sel dalam tubuh. Disini terdapat dua (2) macam metabolisme yakni:

    1. Anabolime

    Maksud dari anabolisme yaitu proses penyusunan senyawa yang sederhana jadi senyawa yang lebih kompleks atau lengkap lagi, contoh dari metabolisme ini seperti fotosintesis serta kemosintetik yang terjadi pada tumbuhan yang punya zat hijau atau klorofil. Jalur anabolisme sendiri mampu membentuk senyawa-senyawa dari prekusor sederhana yang mampu mencakup : glikogenesis, gluconeogenesis, jalur sintesis porifirin, jalur HMG-CoA reduktase, metabolisme sekunder, fotosintesis, siklus calvin.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Atma Luhur

    Pada anabolisme juga terdapat sintesis komponen pembangun, apa sajakah itu?

    • Yang pertama ada komponen lipid
    • Kemudian juga ada gliserol, yang asalnya dari zat antara glikolisis
    • Yang ketiga ada asam lemak
    • Disusul dengan fosfatidilkolin
    • Selanjutnya ada fosfatidiletanolamin
    • Dan yang terakhir ada asam amino.

    Itulah beberapa sintesis komponen pembangun pada anabolisme, selanjutnya kita akan membahas pembagian metabolisme yang kedua yakni :

    2. Katabolime

    Pada proses ini pemecahan / uraian senyawa yang lengkap atau kompleks jadi yang lebih sederhana lagi, ini merupakan kebalikan dari anabolisme. Pada proses katabolis pelepasan energi dari hasil pemecahan senyawa yang bersifat organik pun terjadi, contoh dari katabolis mencakup fermentasi dan juga respirasi  contoh ; berubahnya karbo jadi CO2 & H2O pada saat respirasi berlangsung, dan hasilnya yaitu energi bebas yang biasa di sebut dengan eksergonik. Tujuan utama dari pereaksian katabolisme ini sendiri adalah sebagai penyedia energi serta komponen yang dibutuhkan ketika anabolisme melakukan pereaksian dalam rangka membangun molekul yang dibutuhkan oleh tubuh makhluk hidup. Katabolisme pun memiliki beberapa pembagian yang harus kita pelajari, apa sajakah pembagian katabolisme tersebut?

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • Katabolisme Karbohidrat

    Pada katabolisme karbohidrat ini juga terdapat beberapa pembagian kecilnya yakni : Glikosis, untuk glikosis sendiri memiliki peranan sebagai pengubah zat glukosa menjadi piruvat, dimana dari perubahan tersebut akan menghasilkan masing-masing dua (2) dari mol ATP, mol NADH, dan mol piruvat per mol dari glukosanya. Ada juga bagian yang bernama jalur pentose fosfat, memiliki peranan sebagai pendukung dari proses proferasi serta penentu kelangsungan hidup sel. Bagian lainnya adalah sebagai pemecah dari zat glikogen menjadi zat glukosa.

    • Katabolisme Lipid

    Tidak hanya pada katabolisme karbohidrat saja, pada katabolisme ini juga terdapat beberapa pembagian kecil-kecilnya seperti: pengoksidasian asam lemak dan pemecah kolestrol pada tubuh.(Hamdani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pembagian-Pembagian Metabolisme
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar