Menghilangkan Rasa Takut Saat Belajar Nyetir

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di era yang serba cepat ini, kebanyakan orang akan dituntut untuk dapat melakukan segalanya secara mandiri. Di beberapa perusahaan bahkan mengharuskan karyawannya agar dapat mengemudi atau menyetir mobil, terutama untuk karyawan yang banyak melakukan pekerjaannya di luar ruangan.

    Namun, tidak semua orang mampu menyetir mobil bahkan enggan untuk mulai belajar menyetir. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang tidak mau belajar menyetir mobil. Salah satu faktor yang seringkali menjadi alasan seseorang menolak belajar menyetir mobil adalah rasa takut.

    Sebenarnya rasa takut saat belajar menyetir adalah hal yang wajar. Selain rasa gugup, ketakutan terhadap risiko-risiko yang kemungkinan terjadi membuat rasa takut semakin meningkat, terutama jika mobil yang digunakan untuk belajar menyetir bukan milik sendiri.

    Untuk itu, Garuda Cyber Indonesia akan memberikan beberapa tips untuk menghilangkan rasa takut saat belajar menyetir, terutama bagi pemula. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghilangkan rasa takut saat belajar menyetir:

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Belajar Nyetir dengan Profesional

    Saat pertama kali belajar menyetir, kebanyakan orang akan dilanda rasa takut dan gugup. Untuk mengatasinya, sebaiknya pilihlah pengajar menyetir mobil profesional dan sudah ahli membaca kondisi jalanan yang tepat digunakan menyetir mobil. Selain itu, pengajar profesional tentu sudah sangat memahami cara menangani ketakutan yang dirasakan pengemudi pemula.

    Nah, tidak ada salahnya untuk mendapatkan pengajar yang profesional dengan mengikuti kursus menyetir. Terlebih lagi, saat ini sudah banyak kursus menyetir mobil yang menawarkan berbagai keunggulannya masing-masing.

    Dengan mengikuti kursus menyetir, Anda tidak perlu khawatir lagi. Sebab, kursus menyetir mobil menyediakan tenaga pengajar yang profesional. Tak hanya pengajar profesional, kursus menyetir juga menyediakan mobil khusus yang telah dimodifikasi untuk memberikan rasa aman saat belajar.

    Atur Posisi Tempat Duduk

    Saat berkendara, terutama bagi pemula yang belajar menyetir, mengatur posisi tempat duduk sangat penting untuk dilakukan sebelum belajar menyetir mobil. Anda dapat mengatur ketinggian jok agar pandangan Anda saat belajar menyetir lebih luas. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan ketinggian jok dengan kebutuhan Anda sehingga pandangan saat belajar menyetir tidak dihalangi dashboard.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pekanbaru Medical Center​

    Kemudian, sesuaikan pula jarak jok dengan pedal gas, kopling dan rem untuk memudahkan saat menginjak pedal-pedal tersebut dan sesuaikan jarak tempat duduk dengan kebutuhan Anda agar lebih optimal saat belajar menyetir.

    Lalu, perhatikan pula sandaran jok dan buatlah lebih nyaman saat belajar menyetir. Posisi tempat duduk yang tepat akan membuat Anda nyaman saat belajar menyetir. Rasa nyaman tersebut akan membantu mengurangi rasa takut Anda.

    Pahami Fungsi Setiap Fitur pada Mobil

    Ketika memulai belajar menyetir, sangat penting untuk mengetahui dan memahami setiap fungsi pada bagian-bagian mobil yang membantu dalam mengemudi. Bahkan, hal ini sangat penting dipahami oleh pengendara.

    Pertama, ketahui fungsi dari setiap pedal di bagian bawah mobil, mulai dari pedal gas, rem hingga kopling. Lalu, pahami fungsi tuas rem tangan dan transmisi yang berada di kiri Anda. Selain itu, pahami pula fungsi dari berbagai fitur yang tersedia untuk membantu Anda ketika belajar menyetir. Dengan memahami fungsi-fungsi setiap bagian yang membantu saat menyetir, ketakutan ketika belajar akan hilang.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Jalankan Mobil Perlahan

    Setelah mengatur tempat duduk, memahami kegunaan setiap fitur untuk menyetir, dan sudah didampingi pengajar profesional, saatnya untuk menjalankan mobil. Namun, meski sudah nyaman Anda tetap harus berkendara atau menjalankan mobil secara perlahan, sebab Anda masih pengendara pemula yang masih belajar menyetir.

    Selain demi keselamatan Anda, berjalan dengan perlahan akan membantu menghilangkan rasa takut akan risiko-risiko yang terkadang terjadi saat belajar menyetir mobil.

    Perbanyak Latihan Menyetir

    Cara terakhir untuk membantu menghilangkan rasa takut saat belajar menyetir adalah dengan memperbanyak latihan. Dengan banyak melatih kemampuan Anda sebagai pengendara pemula, akan menghilangkan ketakutan yang sering dirasakan saat belajar menyetir.

    Selain itu, pilihlah tempat yang luas dan sepi kendaraan saat belajar menyetir mobil. Hal ini akan membantu menghilangkan rasa takut Anda akan risiko-risiko saat belajar menyetir mobil.(V0l1-Yl)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Menghilangkan Rasa Takut Saat Belajar Nyetir
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar