Cara Mengatasi Rasa Kantuk yang Berlebihan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mengantuk ketika beraktivitas sebenarnya adalah hal wajar. Namun, tentu akan sangat mengganggu jika rasa kantuk datang terus-menerus, terutama saat Anda disibukkan dengan pekerjaan kantor yang harus segera diselesaikan.

    Seringkali rasa kantuk yang berlebihan diiringi gejala sulit untuk berkonsentrasi hingga membuat Anda tidak bisa mengendalikan emosi. Selain itu, rasa kantuk yang berlebihan membuat seseorang menjadi lebih ceroboh dan lamban.  Kondisi ini tentu sangat mengganggu saat Anda harus bekerja di kantor, belajar di sekolah hingga mengancam keselamatan ketika berkendara.

    Ada banyak faktor yang menyebabkan rasa kantuk berlebihan terjadi, terlebih lagi saat siang hari, dimana Anda banyak melakukan aktivitas. Faktor utama yang sering menjadi penyebab rasa kantuk berlebihan adalah durasi tidur yang kurang. Kurang waktu tidur saat ini sangat banyak dialami oleh masyarakat modern yang lebih mengutamakan produktivitas daripada memprioritaskan durasi tidur dengan cukup.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Rasa kantuk yang berlebihan saat sudah diderita secara luas di masyarakat modern. Namun, tak sedikit pula yang tidak menyadari kondisi ini. Kurangnya durasi tidur tidak hanya mengganggu aktivitas di siang hari, namun juga menyebabkan kesehatan tidur terabaikan. Beberapa penelitian bahkan menghubungkan rasa kantuk berlebihan dengan masalah kesehatan yang serius.

    Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa kantuk berlebihan yang mengganggu aktivitas hingga mengancam keselamatan saat berkendara tersebut?

    Selain mendapatkan durasi atau waktu tidur dengan cukup setidaknya hingga 8 jam setiap hari, terdapat beberapa cara untuk mengatasi rasa kantuk yang berlebihan seperti berikut ini:

    Pertama, jika Anda merasakan kantuk saat beraktivitas atau bekerja di kantor, Anda dapat bangun dari tempat duduk dan berjalan hingga sekitar 10 menit saja. Berjalan sebentar, akan membantu tubuh Anda kembali segar sehingga rasa kantuk yang berlebihan akan hilang dengan sendirinya.

    Kedua, untuk menghilangkan rasa kantuk yang berlebihan saat beraktivitas di kantor, tidak ada salahnya mengalihkan pandangan Anda dari layar komputer untuk sejenak. Anda dapat membuat mata beristirahat dalam beberapa menit saja.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Klabat

    Ketiga, selain itu, Anda dapat mengonsumsi makanan untuk membantu menghilangkan rasa kantuk yang berlebihan saat beraktivitas. Pilihlah makanan ringan yang sehat dan rendah gula, misalnya, kacang-kacangan, buah, ataupun yoghurt.

    Keempat, rasa kantuk berlebihan juga seringkali datang ketika Anda beraktivitas di ruangan dengan intensitas penerangan yang sedikit. Jika Anda bekerja di ruangan yang redup cahaya, sebaiknya nyalakan lampu untuk membantu mengusir rasa kantuk berlebihan.

    Kelima, mengobrol sejenak dengan rekan kerja ataupun orang di sekitar Anda juga dapat membantu menghilangkan rasa kantuk yang berlebihan saat bekerja.

    Terakhir, cobalah untuk menghilangkan rasa kantuk yang berlebihan dengan cara menarik napas dengan dalam. Menarik napas yang dalam dapat meningkatkan energy dan kadar oksigen pada darah.

    Kemudian, perbanyaklah minum air putih agar terhindar dari dehidrasi. Sebab, rasa kantuk yang berlebihan juga tidak jarang disebabkan oleh kurangnya asupan cairan dalam tubuh atau dehidrasi, terutama ketika Anda bekerja di ruangan kantor.

    Namun, jika cara-cara tersebut tidak dapat mengatasi rasa kantuk berlebihan yang Anda alami, sebaiknya berkonsultasilah ke dokter. Rasa kantuk berlebihan disebabkan oleh kondisi yang mengharuskan penanganan secara medis. Selain itu, rasa kantuk yang berlebihan juga dipengaruhi akibat kondisi kesehatan pada tubuh Anda.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Apa pun faktor yang menyebabkan rasa kantuk berlebihan, sebaiknya cobalah untuk mengatur jadwal tidur yang tepat agar mendapatkan durasi tidur dengan cukup. Setidaknya, seseorang butuh waktu tidur hingga 8 jam setiap hari agar tubuh dapat berfungsi secara optimal.

    Tidur yang cukup juga dapat membantu Anda mengatasi stress, depresi, kelelahan dan lesu yang sering dirasakan saat beraktivitas. Anda dapat memajukan waktu tidur untuk mencukupi durasi tidur. Namun, jika Anda sulit untuk tidur, tidak ada salahnya untuk membuat kondisi kamar Anda nyaman untuk beristirahat, seperti kasur, bantal dan selimut yang nyaman.

    Selain itu, membaca buku hingga 20 menit dapat membantu Anda tertidur dengan nyaman. Akan tetapi, hindari menatap layar ponsel sebelum tidur dan gunakan lampu yang redup untuk membantu Anda cepat tidur dan bangun dengan segar sehingga siap beraktivitas secara optimal di siang hari.(V0l1-Yl)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mengatasi Rasa Kantuk yang Berlebihan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar