Kingdom Protista dan Kingdom Fungi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bagi pelajar baik sd, smp maupun sma pasti sudah tak asing lagi dengan kata kingdom, adapun arti dari istilah kingdom (kerajaan) ini adalah kelas, tingkatan / takson dari spesies makhluk hidup teratas atau tertinggi. Kingdom pun punya beberapa jenis, contoh nya saja Protista dan juga fungi.

    Protista adalah kelas untuk organisme yang hanya memiliki sel tunggal atau bersel satu dan tidak punya sel sebenarnya, kingdom ini pun tidak dapat di katakan tumbuhan, fungsi dan juga hewan, namun ada juga anggota dari kelas ini yang sifatnya menyerupai tumbuhan, fungi atau pun hewan. Selanjutnya fungi adalah kelas bagi jamur dan membentuk dunia nya sendiri yang di sebut regnum fungi. Untuk penjelasan dari dua jenis kingdom tersebut adalah sebagai berikut ini:

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Kingdom Protista

    Jenis kingdom yang punya sel tunggal namun tidak dapat di katakan sebagai hewan, fungi atau pun tumbuhan, tetapi anggota dari kelas ini memiliki sifat seperti 3 kelas tersebut, kelas ini pun tak memiliki sel yang sebenarnya.

    Ciri ciri:

    • Biasa ditemui di daerah lembab atau terdapat genangan air.
    • Cuma punya 1 sel atau di sebut uniseluler  / mono seluler, ada juga yang punya sel banyak (multisel) namun belum dapat terdiferensiasi.
    • Memiliki tipe eukariotik atau istilah lainnya membran (dinding sel).
    • Ada jenis yang bisa membuat makanan nya sendiri atau hetorotrof terlebih lagi yang mempunyai jenis autotroph.
    • Biasanya pengembangbiakan kingdom ini di lakukan secara aseksual seperti fragmentasi jika ia hidup secara beramai-ramai atau koloni, dan juga pembelahan sel. Selain itu ternyata kelas ini dapat berkembang melalui jalan seksual yaitu dengan peleburan gamet serta konjugasi.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Marendeng Majene

    Yang termasuk kedalam kelas Protista ini misal: plasmodium malariae, paramecium caudatum, amoeba sp dan lain lain. Organisme yang menyerupai atau mendekati dengan tumbuhan adalah eucheuma spinosum, spirogyra chlorella, dan sebagai nya. Yang memiliki kemiripan dengan jamur yaitu pythium, pytophora sp, saprolegnia dan lain sebagai nya.

    • Kingdom fungi

    Mungkin bagi sebagian besar orang jika mendengar kata jamur mereka langsung merasa takut atau geli akan bentuk dan rupa dari jamur dan mereka berpikir bahwa semua jamur itu sama saja dan tidak tahu tentang apa sebenarnya jamur itu. Jamur sendiri mempunyai kelas nya yang di sebut fungi, merupakan organisme yang uekarotik dan dapat membentuk dunia nya sendiri (regnum fungi).

    Ciri ciri:

    • Perkembangan nya menggunakan yang sering di sebut spora.
    • Tak terdapat zat klorofil (zat hijau yang ada pada daun).
    • Tubuh dari jamur sendiri berupa hifa (benang benang yang sangat halus).
    • Pada jenis jamur sendiri, yang hanya memiliki satu sel masuk kedalam prokariotik sedangkan yang sel nya banyak masuk ke dalam tipe uekariotik.
    • Pada bagian tubuh jamur pun belum dapat di bedakan mana yang daun, batang dan juga akarnya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Struktur yang terdapat d tubuh jamur di tentukan berdasar jenis nya, misalkan saja yang hanya punya 1 sel ada jamur soliter & khamir , dapat juga membuat sebuah koloni ( tumbuh dengan tunas tunas). Selain itu ada juga yang jenis multi sel yang diameter atau ukuran yang di miliki nya bisa sampai 1 meter, biasanya itu jamur yang terdapat pada kayu kayu besar.

    Badan jamur seluruh nya sama saja  yaitu terdiri dari hifa , dari hifa itulah akan menjalin satu dengan lainnya sehingga  terbentuk miselium, dari miselium  akan membentuk jalinan lagi yang akan membantu yang di sebut tubuh buah pada jamur .

    Itulah pengertian beserta informasi tentang kingdom Protista & fungi, semoga penjelasan diatas dapat di mengerti dan menambah wawasan anda.(barnard)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kingdom Protista dan Kingdom Fungi
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    50%

    Marah

    0%

    Komentar