Kadin Riau Tawarkan Investasi Pengolahan Nanas ke Investor

Daftar Isi


    Foto: Wakil Ketua Umum Kadin Riau Bidang Perdagangan, Ivadesman

    LancangKuning.com, PEKANBARU -- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Riau menawarkan investor nasional dan asing untuk mengembangkan pabrik atau industri pengolahan buah nanas kaleng, kripik nanas dan produk lainnya. Karena produksi Nanas di Riau melimpah.

    Baca Juga: Dandim 0314 Inhil Pimpin Penutupan Apel Danramil dan Babinsa Tahun 2019

    Wakil Ketua Umum Kadin Riau Bidang Perdagangan, Ivadesman, mengatakan produksi nanas di sejumlah sentra produksi nanas masih banyak yang terbuang. Kondisi ini merugikan pedagang nanas, sehingga butuh industri pengolahan yang baik.

    Baca Juga: Perempuan ini Melahirkan di Tengah Laut Kepulauan Meranti Sabtu Dinihari 

    "Upaya penawaran investasi membangun pabrik nanas ini adalah bagian dari komitmen Kadin Riau dalam mendukung kebijakan pemerintahan Jokowi yang disampaikan pada Rapimnas Kadin tahun 2019 di Bali beberapa hari lalu. Yakni Kadin komitmen memprioritaskan pembangunan SDM dalam rangka menciptakan pekerja keras, dinamis, terampil dan menguasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi," ujar Ivadesman.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Ia menyampaikan, sebelum Rapimnas pihaknya sudah mengadakan sejumlah pertemuan dengan pebisnis nasional. Mereka menjelaskan potensi hilirisasi komoditas nanas. Dari pendataan yang dilakukan Kadin, nanas punya sentra produksi di beberapa daerah Riau seperti Rokan Hilir, Dumai, Indragiri Hilir, hingga Kampar.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Namun nanas di daerah itu banyak dijual dalam kondisi mentah, dan belum diolah menjadi produk bernilai tinggi, dilansir cakaplah.com.

    "Ya ini memang kendala yang dihadapi petani nanas, saat panen raya dan tidak bisa diserap pasar, akhirnya banyak membusuk dan dibuang begitu saja. Harapan kami nanas ini bisa segera terealisasi untuk program hilirisasinya," pungkasnya.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kadin Riau Tawarkan Investasi Pengolahan Nanas ke Investor
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar