Gajah Jantan Tanpa Kepala dan Gading Mati di Lahan Konsensi PT Arara Abadi

Daftar Isi

    PEKANBARU-Seekor gajah berkelamin jantan dan usianya ditaksir 40 tahun ditemukan mati dalam kondisi tanpa kepala dan gading di lahan konsensi Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Arara Abadi.

    "Dilakukan neuropsi kondisi kepala gajah sudah terpotong dari pangkal belalai di mana belalai terpisah dari tubuh dengan jarak satu meter," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono dalam siaran persnya, Selasa (19/11/2019).

    Haryono menjelaskan, bahwa gajah tersebut dugaan kuat mati karena perburuan dengan memotong bagian kepala untuk mengambil kedua gadingnya. Hanya saja ketika dilakukan pemeriksaan tidak ditemukan proyektil peluru.

    "Gajah yang mati berjenis kelamin jantan dengan perkiraan usai 40 tahun. Tidak juga ditemukan tanda-tanda keracunan dan bekas jerat, ditubuhnya," kata Haryono.

    Masih menurut Haryono, kondisi gajah ketika ditemukan sudah membusuk. Diperkirakan gajah tersebut telah mati enam hari sebelumnya ditemukan pada Senin (18/11).

    "Gajah tersebut merupakan gajah yang termasuk dalam subpopulasi gajah di kawasan Giam Siak Kecil," kata Haryono.

    Sebagaimana diberitakan sebelumnya, gajah ini pertama kali ditemukan seorang karyawan PT Arara Abadi. Lokasi ditemukannya bangkai gajah ini di Desa Tasik Serai Kecamatan Talang Mandau, Bengkalis. Dari penemuan ini lantas dilaporkan ke BBKSDA Riau.(rie/dtc)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gajah Jantan Tanpa Kepala dan Gading Mati di Lahan Konsensi PT Arara Abadi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar