PENYEBAB FOBIA SOSIAL Atau “SOCIAL ANXIETY DISORDER”

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ngomong-ngomong soal “Fobia”, tiap-tiap dari kita pasti memiliki satu dari banyaknya Fobia. Fobia, adalah rasa takut yang berlebihan akan sesuatu, sehingga mereka yang memiliki fobia cenderung ketakutan ketika bertemu dengan fobianya. Ada banyak macam fobia didunia ini, dan kebanyakan dari fobia yang mereka miliki itu unik-unik lohh.

    Dan fobia biasanya terbagi atas beberapa golongan, misalnya : fobia pada hewan tertentu seperti “cicak”,”kucing” dan masih banyak lagi. Dalam golongan lain misalnya pada tumbuhan, contoh fobia orang terhadap tumbuhan seperti “Tanaman Lidah Buaya” biasanya mereka yang fobia dengan tanaman yang satu ini dikarenakan jijik dengan bau dan lendir dari tanaman ini.

    Dan golongan lainnya misalnya “ketinggian”, kebanyakan dari kita takut akan ketinggian karena ketika berada di ketinggian kita merasa akan jatuh dari sana. Nahh, itu sekilas info mengenai beberapa macam fobia tapi masih banyak lagi lohh, macam-macam fobia yang tidak bisa diuraikan disini.

    Banyak diantara kita memiliki rasa takut yang berlebihan ketika hendak bertemu dan berkomunikasi dengan orang lain dengan alasan takut akan di bully, takut dihina, takut dikucilkan, dan masih banyak lagi alasan yang membuat mereka memiliki fobia ini.

    Baca juga : Soal Pertahanan Indonesia, Ini kata Prabowo

    Biasanya mereka yang memiliki fobia ini akan mempengaruhi hubungan mereka dengan orang lain sehingga akan berdampak buruk bagi penderita fobia ini, seperti pada anak sekolah “Nilai mereka akan tetap dan sama bahkan akan lebih buruk jika tidak pernah berkomunikasi dengan teman ataupun guru”. Contoh lain, produktivitas kerja akan terus menurun hingga penurunan drastis seiring berjalannya waktu.

    Fobia sosial akan tampak jelas ketika orang yang terkena fobia ini terjebak dalam beberapa kondisi berikut :

    • Saat berinteraksi dengan orang lain, biasanya mereka yang memiliki fobia ini cenderung ketakutan ketika hendak bertemu dengan orang yang baru dikenalnya, disebabkan mereka takut salah bicara.
    • Ketika hendak memasuki ruangan yang penuh dengan orang contoh simple-nya “Masuk ruangan guru”, biasanya mereka yang memiliki fobia ini akan menimbulkan beberapa gejala fisik seperti wajah berubah memerah atau menjadi pucat, tanpa disadari berbicara terlalu pelan, tubuh yang semula biasa-biasa saja berubah menjadi kaku dan tegang, keringat dingin, jantung bekerja lebih cepat dari biasanya biasa disebut dengan jantung berdebar-debar, dan masih banyak lagi.
    • Ketika hendak berkencan dengan pasangan, biasanya mereka yang terkena fobia ini cenderung melakukan hal-hal seperti kesalahan kecil ataupun besar malu-malu ketika hendak bertemu dengan pasangan, situasi ini biasa disebut dengan salah tingkah (Salting).

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Hal-hal diatas memiliki penyebab yang membuat fobia penderita memiliki sifat menetap, berikut adalah beberapa penyebab fobia sosial atau “Social Anxiety Disorder” :

    1. Masa Lalu

    Masa lalu bisa menjadi alasan kenapa seseorang memiliki fobia sosial. Masa lalu yang suram biasanya membuat seseorang mengalami tekanan batin sehingga ia lebih memilih untuk berdiam diri tanpa melakukan interaksi dengan orang lain. Mereka memilih untuk memendam masalah yang dialaminya dan tidak berbicara kepada orang lain. Selain tekanan batin biasanya psikis penderita akan kena juga.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Pola Asuh Orang Tua

    Anak yang sering dimanja biasanya akan terkejut ketika hendak bertemu dengan orang lain selain orang tuanya. Hal tersebut dikarenakan mereka selalu dikasih perhatian yang berlebih sehingga anak tersebut merasa dirinya yang paling disayang dan selalu ingin dimanja. Namun, hal tersebut tidaklah baik, karena anak tersebut tidak akan biasa mandiri, pola asuh seperti inilah yang harus dihindari para orang tua.

    Oke itu dia sekilas informasi mengenai penyebab fobia sosial, semoga artikel yang saya buat dapat bermanfaat untuk sahabat semuanya (Dani).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel PENYEBAB FOBIA SOSIAL Atau “SOCIAL ANXIETY DISORDER”
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar