Cara Menghilangkan Fobia Ketinggian

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebelum kita membahas cara menghilangkan pobhia terhadap ketinggian, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu pobhia? pobhia adalah rasa takut yang luar biasa terhadap sesuatu. Jadi phobia ketinggian atau di sebut acro phobia adalah rasa takut di sertai cemas yang sangat luar biasa saat berada di tempat yang tinggi. Apabila kamu termasuk orang yang memiliki pobhia ini, maka kamu harus mulai untuk menghilangannya.

    Tak hanya sampai di situ saja, kamu juga akan kesulitan jika hendak melakukan hal yang berhubungan dengan ketinggian. Oleh karena itulah phobia ini harus mulai kamu hilangkan atau kamu lawan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan pobhia ketinggian:

    1.Melakukan relaksasi

    Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meredam kecemasan atau rasa gugup saat rasa takut itu menyerang. Cara untuk melakukan relaksasi yaitu mulailah tarik napas yang dalam, lalu keluarkan lah secara perlahan lahan lakukan hal ini berulang ulang hingga rasa cemas yang kamu rasakan reda.

    Baca juga : Habib Rizieq Mengaku Dicekal Saudi Atas Pemerintahan Indonesia

    2.Memberi sugesti pada diri sendiri

    Beri dirimu sugesti positif untuk menghilangkan rasa takut akan ketinggian, setelah memberi dirimu sugesti maka kamu harus mengingat sugesti itu terus menerus hingga kamu dapat melupakan rasa takut mu.

     

    3.Yakin bahwa tak ada yang akan terjadi

    Kamu harus yakin jika kamu berada di tempat yang tinggi, tidak ada yang akan terjadi pada diri mu. Kamu akan baik-baik saja di tempat itu. Dengan kamu berpikiran seperti itu kamu akan merasa tenang dan berani mengatasi ketinggian.

    4.Sering melatih diri sendiri

    Tips yang selanjutnya adalah kamu harus sering melatih dirimu untuk melawan ketinggian. Contoh latihannya seperti naik turun anak tangga, berjalan jalan di pusat perbelanjaan  seperti mall yang mempunyai gedung bertingkat, hal ini secara perlahan akan membuat mu tidak takut dengan ketinggian.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    5.Membayangkan hal yang indah saat kamu berada di ketinggian

    Cara yang satu ini cukup ampuh untuk kamu yang phobia ketinggian untuk melawan rasa takut itu. Coba kamu bayangkan hal-hal yang indah bagi mu saat kamu berada di tempat tinggi misalnya melihat indahnya awan, seru nya bermain terjun payung, menikmati pemandangan alam sekitar yang dapat kamu lihat dari atas. Hal ini akan membuat kamu lupa dengan rasa takut mu karena kamu terfokus dengan hal-hal indah yang kamu bayangkan.

    6.menyaksikan hal yang menyenangkan di ketinggian

    Kamu bisa melihat hal yang menyenangkan di ketinggian melalui televisi atau youtube. Ternyata cara ini ampuh loh untuk kamu yang ingin menghilangkan rasa takut akan ketinggian. Setelah kamu terbiasa berimajinasi tentang ketinggian, usahakan secara perlahan memberanikan diri kamu berada di tempat tinggi sesuai dengan yang telah kamu imajinasikan.

    7.Memberi diri sendiri motivasi

    Cobalah kamu ingat mengapa kamu bisa takut dengan ketinggian, jika kamu sudah ingat apa sebabnya motivasi dirimu sendiri bahwa semua orang bisa merasakan apa yang kamu alami dan banyak orang yang telah berhasil keluar dari segala ketakutan yang melanda pikiran. Motivasi yang di lakukan secara berulang ulang akan menumbuhkan rasa percaya diri dan membangkitkan keberanian yang ada dalam diri kamu.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    8.Hindarilah mengkonsumsi kopi

    Dan tips yang terakhir adalah hindarilah mengkonsumsi kopi, jika kamu memiliki pobhia ketinggian dan kamu memiliki urusan kantor atau bepergian keluar kota yang mengharuskan kamu naik pesawat, sebaiknya kamu tidak meminum kopi keren kafein yang terkandung didalam kopi bisa jadi mempunyai kontribusi meningkatkan kecemasan dalam diri mu yang terhubung dengan phobia ini.

    Phobia itu tak akan hilang dalam waktu semalam, yang harus kamu lakukan adalah terus berusaha, semangat dan tetap bersabar dalam melawan rasa takut yang kamu alami (barnard).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Menghilangkan Fobia Ketinggian
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar