Kenali Gejala Penyakit Biduran Dan Jenis-Jenis Penyakit Biduran Dan Cara Mengobatinya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Apa anda pernah mengali bengkak yang melebar dan disertai gatal-gatal? Itu kemungkinan anda sedang terjangkit penyakit biduran, biduran bisa terjadi pada semua orang, gejala penyakit tersebut terjadi pada kulit, sebelum itu kita kenali terlebih dahulu apa itu Biduran.

    Biduran atau urtikaria adalah kondisi ketika kulit mengalami pembekakan yang menonjol seperti bentol-bentol di kulit sering muncul secara tiba-tiba. Kondisi ini muncul dari reaksi alergi yang terjadi pada kulit / tubuh kita, sengatan serangga, sinar matahari dan bahan kimia pada makanan dapat menyebabkan penyakit ini timbul.

    Dan obat-obatan tertentu bisa menyebabkan tubuh melepaskan /  mengeluarkan zat kimia yang disebut histamine. Hitsamine membuat plasma darah keluar dari pembulu darah kecil yang ada dikulit dan hal tersebut dapat menyebabkan biduran.

    Baca juga : Cara Usir Tikus, Dijamin Ampuh!

    Orang yang mengalami penyakit biduran biasanya mengali bentol-bentol yang menyebabkan rasa yang sangat gatal dan seperti rasa terbakar. Gangguan pada kulit ini bisa saja terjadi pada wajah, bibir, lidah, tenggorokan, dan bagian-bagian yang ada pada tubuh kita.

     

    Jenis-Jenis

    • Biduran akibat reaksi alergi. Alergi-alergi tersebut dapat disebabkan oleh makanan, hewan, serbuk sari, tungau, gigitan atau sengatan serangga, dan pengobatan tertentu
    • Anaphylaxis. Biduran ini tergolong parah, sebagai reaksi alergi yang dapat mengancam nyawa. Pada kondisi ini, biduran seringkali dibarengi dengan kesulitan bernafas, mual atau muntah, pembengkakan yang parah, dan pusing.
    • Biduran kronis. Jenis biduran ini seringkali tidak memerlukan penyebab tertentu yang dapat diidentifikasi. Penyakit dengan nama lain urtikaria kronis ditandai dengan rasa gatal yang mengganggu aktivitas. Melansir dari Mayo Clinic, kondisi ini dapat berlangsung 6 minggu hingga beberapa bulan atau tahun. Meskipun tidak mengancam nyawa, bentuk biduran ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Tanda tersebut juga mungkin menjadi gejala dari beberapa masalah kesehatan seperti celiac, lupus, diabetes, radang sendi, dan penyakit tiroid.
     
    • Dermatografi. Bentuk biduran akut ini tergolong ringan. Luka goresan yang berlebihan atau tekanan terus menerus pada kulit menjadi penyebabnya. Dermatografi seringkali hilang dengan sendirinya dalam waktu yang singkat tanpa memerlukan pengobatan tertentu.
    • Biduran akibat suhu. Perubahan pada suhu juga dapat menyebabkan biduran pada orang yang sensitif. Biduran jenis ini terjadi karena air atau udara dingin. Panas tubuh akibat aktivitas fisik juga dapat menyebabkan biduran. Begitu pula dengan paparan cahaya matahari.
    • Biduran akibat infeksi. Baik infeksi bakteri maupun virus dapat menyebabkan biduran. Biduran akibat infeksi bakteri juga dapat disertai dengan infeksi saluran kemih dan radang tenggorokan. Virus yang menyebabkan infeksi monoukleosis, hepatitis, dan pilek juga dapat menyebabkan biduran.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

     

    Pengobatan

    Pengobatan terhadap biduran, terutama yang berjenis kronis harus dilakukan dengan menghubungi dokter kulit.

    Melansir dari laman American Academy of Dermatology, adapun hal-hal yang dapat dilakukan di rumah saat menderita biduran adalah:

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Menghindari suhu yang terlalu panas

    • Mengenakan baju longgar
    • Mengompres dengan es yang dibungkus kain ke bagian kulit yang gatal beberapa kali sehari. Namun, jika dingin adalah penyebab biduran, langkah ini tidak perlu dilakukan
    • Gunakan obat anti gatal yang dapat dibeli tanpa resep seperti antihistamin
    • Cegah kulit kering dengan menggunakan pelembab bebas aroma beberapa kali sehari (Tio)
       

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kenali Gejala Penyakit Biduran Dan Jenis-Jenis Penyakit Biduran Dan Cara Mengobatinya
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar