18 Konsorsium PTN Terlibat Dalam Pembuatan Soal CPNS 2019

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Registrasi secara online untuk menyeleksi CPNS 2019 hanya dalam hitungan hari saja. Pihak pemerintah sendiri menetapkan jadwal registrasi online berlangsung dari 11 -  24 November 2019 berdasarkan situs SSCASN yang merupakan website resmi milik lembaga kepegawaian Indonesia.

    Apabila tahapan registrasi telah dilakukan, maka pengumuman hasil dari proses penyeleksian bidang administrasi serta jadwal ujian akan dilakukan.

    Untuk ujian atau tes seleksi calon pegawai negeri sipil 2019 masih belum mendapat gambaran, namun jika berkaca pada proses tes pada calon pegawai negeri sipil 2018, memilih beberapa jenis serta model soal yang di keluarkan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Berdasarkan data dari website resmi Kementrian PAN RB, di situs Birokrasi,di situs menpan.go.id, untuk susunan soal yang dikeluarkan untuk Tes pada calon pegawai negeri sipil 2019 Telah mengikutsertakan 18 Konsorsium dari perguruan tinggi negeri (PTN) yang terdapat di indonesia. Dilibatkannya 18 Konsorsium PTN ini hasil dari koordinasi yang telah di lakukan dibawah perintah Kemendikbud.

     

    Sehingga untuk seleksi calon pegawai negeri sipil 2019 ini benar benar di persiapkan dengan matang dan memang di cari calon pegawai yang memang benar benar berkompeten. Dengan sistem yang baru seperti ini di harapkan benar-benar mampu menyaring orang orang yang benar benar punya skill.

    Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja memastikan ada perbedaan soal SKD tahun ini dengan tahun sebelumnya. "Setiap tahun kami ada update soal tersebut," kata Setiawan melalui keterangan resmi, Rabu (30/10/2019).

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Setiawan menjelaskan, terkait keamanan soal-soal SKD, bank soal dienkripsi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Saat soal hendak digunakan, yang memegang kunci antara lain Kementerian PANRB, BKN, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). "Mereka tidak boleh sembarangan membuka dan harus sesuai prosedur," ujar dia.

     

    Tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) direncanakan berlangsung pada Februari 2020, dilanjutkan dengan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada awal Maret 2020. Sementara, hasil integrasi SKD dan SKB dijadwalkan diumumkan pada April 2020.

    Baca juga : DPRD Kota Pekanbaru Akan Bahas 23 Raperda Tahun Depan

    Rekrutmen dan seleksi CPNS 2019 diselenggarakan oleh tim Panselnas 2019 yang terdiri dari berbagai pihak, seperti Menteri PANRB sebagai ketua tim pengarah, BPKP sebagai ketua tim pengawas, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sebagai tim audit teknologi, BSSN sebagai tim pengamanan teknologi, Kementerian PANRB dan akademisi sebagai tim quality assurance, serta Konsorsium PTN oleh Kemendikbud dan tim pelaksana yang diketuai Kepala BKN.

    Instansi pemerintah yang melaksanakan rekrutmen CPNS tahun 2019 terdiri dari 68 kementerian/lembaga dan 461 pemerintah daerah (Zainal).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 18 Konsorsium PTN Terlibat Dalam Pembuatan Soal CPNS 2019
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar