Efek Perang Dagang, Bank Indonesia Prediksi Ekonomi Dunia Semakin Terpuruk

Daftar Isi

     

    Foto: Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo di ASIA'S Trade and Economic Priorities

    LancangKuning.Com, JAKARTA – Bank Indonesia memperkirakan, pertumbuhan ekonomi dunia bisa semakin terpuruk jika perang dagang antara AS-China terus berlanjut. Jika itu masih berlangsung pada tahun depan, maka ekonomi dunia diprediksi hanya tumbuh di bawah 3 persen.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Hal itu diungkapkan Gubernur BI, Perry Warjiyo di sela acara International Symposium, Asia's Trade and Economic Priorities 2020, Jakarta, Selasa 29 Oktober 2019. Pihaknya memprediksi, pada tahun ini pertumbuhan ekonomi dunia sebesar 3 persen dan tahun depan sebetulnya bisa di angka 3,1 persen.

    "Tapi kalau perang dagang ini berlanjut, tahun depan bisa saja di bawah 3 persen, bisa 2,9 persen tergantung kelanjutan perang dagang," ungkap Perry, melansir VivaNews.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Oleh karena itu Perry mengatakan, pihaknya berharap dan menanti kesepakatan yang sedang dijajaki oleh AS dan Tiongkok itu soal perang dagang. Menurutnya, dampak perang dagang ini bukan hanya kepada perlambatan ekonomi dunia.

    Baca juga: Mahasiswa Kepri Asal Inhil Harapkan Bantuan dari Pemerintah Daerah

    "Tapi juga, sumber pertumbuhan perdagangan internasional dan juga harga komoditas berdampak tidak menguntungkan terhadap berbagai negara dan Indonesia," kata dia.

    Indonesia, lanjut dia, sedang berupaya mengatasi berbagai tantangan yang disebabkan oleh tekanan ekonomi dan keuangan global yang tidak kondusif itu. "Kita harus atasi itu," ujarnya.

    Baca Juga: Ketua TP PKK Inhil: Usia tidak jadi halangan untuk tetap terus belajar

    Selain perlambatan ekonomi dunia, sejumlah risiko dari negara-negara lainnya juga menjadi perhatian Bank Indonesia dalam membuat kebijakan. "Termasuk brexit dan risiko-risiko geopolitik," ucapnya. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Efek Perang Dagang, Bank Indonesia Prediksi Ekonomi Dunia Semakin Terpuruk
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar