Akreditasi Jurusan Kampus IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) PGRI Jember

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya guru? Yap, guru sering disebut sebut pahlawan tanpa tanda jasa ini bukan hanya sekedar profesi biasa yang kasih pelajaran di sekolah saja.

    Guru sendiri memiliki tanggung jawab penuh terhadap murid - muridnya, mulai dari mendidik sikap dan sifat kehidupannya, serta ilmu pengetahuan. Guru sendiri merupakan profesi yang membutuhkan ketulusan dan juga wawasan yang luas terhadap ilmu pengetahuan. Karenanya, tidak sedikit yang ingin berprofesi sebagai seorang guru karena banyak yang ingin mendedikasikan hidup mereka untuk bisa terus mencerdaskan umat manusia dan menaikkan taraf kesejahteraan masyarakat.

    Untuk menjadi seorang guru tentu diperlukan pengetahuan, pengalaman, dan juga pendidikan yang tinggi. Jadi, kami menyarankan kalian untuk bisa berkuliah di Institut Keguruan & Ilmu Pendidikan PGRI Jember. Perguruan tinggi ini adalah lembaga pendidikan tinggi yang sudah didirikan sejak 20 September 1979 dan berada di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di Jl. Jawa No.10, Kab. Jember, Prov. Jawa Timur, Indonesia. Perguruan tinggi ini sendiri memiliki prodi sebagai berikut :

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1.  Pendidikan Luar Biasa(PLB)

    Pendidikan luar biasa atau sering disingkat PLB ini merupakan prodi yang fokus untuk menghasilkan tenaga pengajar yang dapat membina anak anak yang berkebutuhan khusus. Lulusan dari prodi ini nantinya diharapkan mampu membuat cara pembelajaran dan juga berkomunikasi yang baik tergantung dengan apa yang dibutuhkan masing masing dari peserta didik. Setelah lulus dari sini, kalian bisa menjadi seorang pengajar komunikasi dan juga guru vokasi di komunitas-komunitas penyandang disabilitas atau sekolah-sekolah yang khusus menerima murid difabel. Di sini, prodi ini memiliki :

    • Jenjang                    : S1
    • Akreditasi                 : B
    • No. SK                      : 2745/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2016
    • Tanggal Kadaluarsa : 24 – 11 – 2021

     2. Bimbingan dan Konseling(BK)

    Kalian tentunya tahu dengan nama prodi yang satu ini. Prodi BK ini mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan tata cara dalam pembelajaran, pemahaman terhadap sikap, sifat, dan juga kepribadian masing-masing murid, serta pemahaman pendidikan. Nah, sudah tentu juga kalo prodi ini juga mempelajari ilmu psikologi, seperti pemahaman kepribadian, teori psikologi, ilmu perilaku manusia, dan lain-lain. Setelah lulus, kalian bisa menjadi psikolog konseling, konselor edukasi, atau psikolog sekolah, dan banyak lagi. Di sini, BK memiliki :

    • Jenjang                    : S1
    • Akreditasi                 : B
    • No. SK                     : 3997/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019
    • Tanggal Kadaluarsa : 22 – 10 – 2024

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

     3. Pendidikan Guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

    Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini atau disingkat PGPAUD ini fokus dalam mempersiapkan para mahasiswa agar nantinya bisa menjadi pembimbing dan juga pendidik anak-anak di usia dini.

    Untuk hal ini, para mahasiswa dibekali pemahaman untuk bisa memahami perkembangan fisik serta psikologis anak pada usia dini. Sikap dan juga pendidikan yang diberi guru PAUD sendiri sangat berpengaruh dalam pembentukan sifat atau karakter dari setiap anak. Jadi, perlu professional dan berwawasan luas. Di sini, prodi ini memiliki :

    • Jenjang                    : S1
    • Akreditasi                 : B
    • No. SK                      : 2381/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016
    • Tanggal Kadaluarsa : 20 – 10 – 2021

     4. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

    Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan atau sering kita kenal dengan sebutan PPKN ini merupakan prodi yang menuntut kalian untuk menguasai ilmu – ilmu seperti pendidikan kewarganegaraan, politik, hukum, dan wawasan yang luas dan juga ilmu-ilmu lainnya yang relevan.

    Prodi ini tentunya mempelajari hal hal yang berhubungan dengan pendidikan pancasila, ilmu negara, ilmu hukum, politik, sosiologi, filsafat, dll. Setelah lulus dari sini, kalian bisa menjadi seorang tenaga pengajar di bidang Pendidikan Kewarganegaraan di berbagai jenjang pendidikan, baik SD, SMP, SMK/SMA. Kalian juga bisa bekerja di instansi-instansi pemerintahan, LSM, BUMN, dll. Di IKIP PGRI Jember, prodi ini memiliki :

    • Jenjang                    : S1
    • Akreditasi                 : B
    • No. SK                      : 2554/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019
    • Tanggal Kadaluarsa : 23 – 07 – 2024

    5.  Pendidikan Sejarah

    Di sekolah, kalian pasti mengenal pelajaran yang satu ini. Yap, prodi Pendidikan Sejarah merupakan prodi yang mempelajari dan memperdalam ilmu ilmu sejarah dan juga teknik riset sejarah.

    Di sini kalian akan mempelajari filsafat sejarah, histografi, teori sosial budaya, sejarah indonesia, sejarah eropa, amerika, asia, timur tengah, afrika, dan banyak lagi. Setelah lulus dari sini, kalian bisa menjadi seorang tenaga pengajar atau seorang guru sejarah, jika kalian melanjutkan ke jenjang pascasarjana kalian bisa menjadi dosen ilmu sejarah. Di sini, prodi ini memiliki :

    • Jenjang                    : S1
    • Akreditasi                 : B
    • No. SK                      : 2744/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2016
    • Tanggal Kadaluarsa : 24 – 11 – 2021

    Baca juga : Akreditasi Jurusan Kampus Iain Tulungagung

    6.  Pendidikan Ekonomi

    Pendidikan ekonomi merupakan prodi yang fokus atau konsentrasi dalam pemecahan masalah dalam memenuhi kebutuhan. Di prodi ini, kalian juga mempelajari tentang akuntansi, matematika, bisnis, pendidikan pancasila, dan lain-lain. jadi, prodi ini tidak bisa di samakan dengan prodi ekonomi lainnya, karena prodi ini fokus pada dua aspek, yaitu pendidikan dan ekonomi. Setelah lulus dari sini, kalian bisa berkerja sebagai tenaga pengajar atau guru di bidang ekonomi. Di IKIP PGRI Jember, prodi ini memiliki :

    • Jenjang                    : S1
    • Akreditasi                 : B
    • No. SK: 3012/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2019
    • Tanggal Kadaluarsa: 13 – 08 – 2024

    7. Pendidikan Biologi

    Nah, Biologi, pastinya kalian sudah tau dengan biologi, kan? Yap, pendidikan biologi sendiri merupakan prodi yang memiliki tujuan untuk dapat menghasilkan tenaga pengajar atau seorang pendidik di bidang biologi untuk tingkat pendidikan SD, SMP, dan juga SMK/SMA. Prodi ini mempelajari tentang biologi dasar, Botani, Strategi Pembelajaran, Bioetika, dan sebagainya. Setelah lulus dari prodi ini, kalian bisa berprofesi sebagai ahli biologi, ahli teknik biologi, dan tentunya seorang guru biologi. Di sini, prodi ini memiliki :

    • Jenjang                    : S1
    • Akreditasi                 : B
    • No. SK                      : 2048/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2016
    • Tanggal Kadaluarsa : 29 – 09 – 2021

    8.  Pendidikan Matematika

    Siapa yang tidak mengenal matematika? Pastinya kalian sudah tahu, kan? Yap, prodi pendidikan matematika merupakan prodi yang mempelajari dasar dari ilmu ilmu matematika, seperti aljabar, geometri, kalkulus, statistika, trigonometri, fisika, kimia, dan sebagainya. Di prodi ini, kalian juga akan di bekali pemahaman yang berkaitan dengan metode metode pembelajaran peserta didik. Setelah lulus dari sini, kalian bisa menjadi ahli matematika, atau tenaga pengajar/guru matematika, atau juga guru les privat. Di IKIP PGRI Jember, prodi ini memiliki :

    • Jenjang                    : S1
    • Akreditasi                 : B
    • No. SK                     : 798/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019
    • Tanggal Kadaluarsa : 09 – 04 – 2024 (Dimas).

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) PGRI Jember
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    50%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar