Akreditasi Jurusan Kampus Institut Teknologi Bandung

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada era globalisasi ini, dimana perkembangan teknologi menjadi sangat pesat dan signifikan, dan tentunya akan mempengaruhi kehidupan manusia, kita harus bisa mengimbangi perkembangan tersebut, caranya adalah dengan mempelajari ilmu teknologi.

    Dalam era ini tentunya pengetahuan teknologi adalah sesuatu yang sangat penting. Munculnya teknologi-teknologi maju terkini merupakan buah hasil dari para ilmuwan yang tidak hentinya melakukan penelitian, percobaan dan pengembangan terhadap produk teknologi yang akan bermanfaat orang banyak.

    Siapa yang tidak kenala ITB, Institut Teknologi yang terletak di bandung ini merupakan  sebauh universitas yang berfokus terhadap bidang teknologi. Universitas ini terletak di Jalan Raya Mawar Merah Nomor 23, Pondok Kopi, Jakarta Timur.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Universitas ini telah berdiri sejak tanggal 27 November Tahun 1984 di wilayah kopertis 03. Saat ini ITB memiliki 2 Fakultas, dengan total 4 program studi akreditasi B.

    Program Studi

    Strata

    Akreditasi

    Status

    Teknik Sipil

    S1

    B

    Berlaku hingga 18 Agustus Tahun 2021

    Teknik Mesin

    S1

    B

    Berlaku hingga 1 Desember Tahun 2021

    Teknik Informatika

    S1

    B

    Berlaku hingga 20 Desember Tahun 2021

    Teknik Elektro

    S1

    B

    Berlaku hingga 27 Desember Tahun 2021

    Sumber : Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi

    Fakultas Teknologi Industri

    1. Program Studi Teknik Mesin

    Teknik mesin atau di beberapa universitas lain dikenal dengan teknik mekanika, adalah program studi yang mempelajari prinsip fisika dan pengimplementasian nya pada pembuatan suatu mesin. Seorang mahasiswa program studi ini harus menguasai ilmu mekanika, material, termodinamika, kinematika, dan energi.

    Semua industri seperti perusahaan otomotif, manufaktur, konstruksi, dan lainnya tentunya membutuhkan seorang insinyur. Orang – orang biasanya akan menganggap lulusan prodi ini akan berakhir bekerja di bengkel, padahal banyak peluang karir terbuka bagi lulusan prodi satu ini.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Program Studi Teknik Elektro

    Teknik elektro atau teknik listrik merupakan program studi yang mempelajari hal – hal mengenai penerapan listrik serta teknologinya. Cakupan dari program studi ini sangat luas, teknik elektro dapat dibagi menjadi beberapa konsentrasi, yaitu teknik elektronika, teknik instrumentasi, hingga teknik komputer dan teknik telekomunikasi.

    Listrik merupakan energi utama yang sangat dibutuhkan oleh manusia, dan perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat teknik elektro menjadi sangat relevan. Dengan banyaknya konsentrasi yang ada di program studi ini, anda tidak hanya akan mempelajari tentang instalasi listrik, tetapi juga mengenai IT ataupun robotic.

    1. Program Studi Teknik Informatika

    Teknik informatika akan mempelajari teknik dalam pengembangan, penelitian, serta evaluasi sebuah piranti lunak, sistem operasi komputer, dan cara kerja suatu komputer. Perkembangan teknologi yang sangat cepat, membuat program studi ini menjadi populer, dan tentunya sangat diperlukan. Mahasiswa program studi ini nantinya akan mempelajari teknik rekayasa informatika, menganalisa, merancang, serta menciptakan sebuah piranti lunak (software).

    Jika kamu memilki minat pada bidang teknik informatika, maka program studi ini cocok untuk kamu. Program studi ini menekankan mahasiswanya untuk memahami ilmu matematika. Mahasiswa program studi ini akan sering berurusan dengan pemrograman, dimana pemrograman itu sendiri merupakan gabungan dari matematika dan logika. Peluang kerja bagi lulusan program studi ini sangat terbuka lebar apalagi pada era globalisasi saat ini.

    Baca juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Soerjo

    Fakultas Teknologi Sipil dan Perencanaan

    1. Program Studi Teknik Sipil

    Sipil merupakan segala sesuatu yang berkaitan dan berkenaan dengan penduduk atau rakyat. Pada program studi ini mahasiswa akan diajari ilmu – ilmu dalam perancangan dan pembangunan infrastruktur. Ini artinya kamu akan mempelajari ilmu tentang konstruksi bangunan atau infrastruktur. Tidak hanya itu kamu juga akan mempelajari unsur – unsur lingkungan yang dapat mempengaruhi pembangunan infrastruktur tersebut.

    Teknik sipil akan memiliki peran yang penting dalam perkembangan suatu negara dalam hal perkembangan infrastruktur. Dunia akan terus berkembang, begitu juga negara kita. Oleh sebab itu, bagi lulusan program studi ini tidak akan sulit dalam mencari pekerjaan, selama memiliki kualitas dan keahlian yang baik(Attalah).

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Institut Teknologi Bandung
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar