Akreditasi Jurusan Kampus Politeknik Surabaya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kuliah merupakan proses salah satu pilihan untuk Siswa/I yang telah lulus SMA untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, Kuliah merupakan proses pembelajaran tingkat lanjut di bidang formal dimana di dalam perkuliahan terhadap pilihan jurusan.

    Dalam pemilihan jurusan harus dilakukan berbagai pertimbangan, salah satunya minat dan bakat dimana kita bisa memfokuskan pada minat dan bakat yang kita pilih, di perkuliahan juga sebagai sarana untuk berproses terhadap berbagai macam hal kita bisa membuat kita perkembangan, bergabung ke organisasi-organisasi yang ada di lingkungan kampus maupun diluar kampus untuk lebih dapat berproses dan mendapatkan pengetahuan yang lebih dimana itu bisa bermanfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan pola pikir kita.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Program yang ada dii Perguruan Tinggi yaitu :

    1. Sarjana (S1)
    2. Diploma (DIII)
    3. Spesialis
    4. Magister
    5. dan Doctor

    Salah satu kampus yang dapat dijadikan sebagai pilihan bagi kita yang mau melanjutkan pendidikan di perkuliahan adalah Kampus Politeknik Surabaya.

    Sejarah

    Kampus Politeknik Surabaya atau yang disingkat dengan PENS dimulai pada tahun 1985. Waktu itu Saat itu pada saat tim studi  “Japan International Cooperation Agency (JICA)” dengan maksud untuk kerjasama dan batuan di bidang teknik yang dipimpin dan dikepalai oleh Prof. Y. Naito dari Tokyo Institute of Technology, datang dan berkunjung ke politeknik ini. Setelah tim mereka melakukan pemantauan, pengamatan dan studi kelayakan pada tahun 1986, JICA sepakat untuk menyetujui dan memulai kerjasama mereka di bidang teknik dan pada tahun 1987 mereka mengirimkan sejumlah pengajar Indonesia sebanyak 5 orang ke perguruan tinggi teknologi di Jepang.

    Politeknik Elektronika & Telekomunikasi (PET) 1988 – 1992

    Pada tanggal 15 Maret 1988, Pemerintah Jepang, melalui JICA secara resmi memberikan gedung kampus kepada pemerintah Indonesia lengkap dengan berbagai peralatan pendidikan. Pada tanggal 2 bulan Juni tahun 1988 kampus Politeknik ini diresmikan kembali dengan nama “Politeknik Elektronika and Telekomunikasi (PET)” . Kerjasama kampus dengan “Japan International Cooperation Agency (JICA)” pun berlanjut dengan banyak mengirim pengajar yang ada di Politeknik ini dan dikirimkan ke berbagai perguruan tinggi teknologi di Jepang dan sebaliknya juga, “Japan International Cooperation Agency (JICA)” mengirimkan beberapa para ahli dari Jepang ke politeknik ini sebagai wujud dari kerjasama mereka.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Umel Mandiri

    Politeknik Elektronik Surabaya (PES) 1992 hingga 1996

    Pada bulan Juni tahun 1991, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menata ulang kembali keberadaan seluruh Politeknik yang ada, Institut dan sebagian Universitas di Indonesia. Pada waktu itu politeknik ini kembali merubah nama dan diresmikan menjadi “Politeknik Elektronika Surabaya (PES)” dan juga merupakan bagian dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS).

    Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) 1996 sampai sekarang

    Di tahun 1996, nama kampus politeknik inipun kembali dirubah oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menjadi dan resmi menjadi “Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)”. Dan Nama itulah yang tetap kemudian bertahan hingga saat ini.

    Daftar Akreditasi program Studi yang ada di PENS

    No

    Strata

    Program Studi

    Peringkat

    1

    D-III

    Teknologi Multimedia Dan Broadcasting

    B

    2

    D-III

    Teknik Informatika

    A

    3

    D-III

    Teknik Elektro Industri

    A

    4

    D-III

    Teknik Telekomunikasi

    A

    5

    D-III

    Teknik Elektronika

    A

    6

    D-IV

    Teknik Komputer

    A

    7

    D-IV

    Teknologi Game

    B

    8

    D-IV

    Teknik Mekatronika

    A

    9

    D-IV

    Teknik Elektro Industri

    A

    10

    D-IV

    Teknik Telekomunikasi

    A

    11

    D-IV

    Sistem Pembangkit Energi

    B

    12

    D-IV

    Teknik Elektronika

    A

    13

    D-IV

    Teknik Informatika

    A

    14

    S2

    Teknik Elektro

    A

    15

    S2

    Teknik Informatika Dan Komputer

    B

     

    Jadi untuk para siswa/I yang telah tamat SMA dan masih mau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, Kampus Politeknik Surabaya dapat menjadi saran pilihan kita untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, pertimbangkan semua hal yang dapat membuat dirimu berkembang, kuliah jangan asal kuliah , di perkuliahan ini lah kita dapat lebih mengembangkan pikiran dan mental kita untuk lebih maju menjadi manusia yang berguna bagi keluarga dan dapat membuat keluarga menjadi bangga dan bagi bangsa dan Negara.(Tio)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Politeknik Surabaya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar