Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Analis Kesehatan Unmuh Surabaya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Akademi Analisis Kesehatan Unmuh Surabaya, akademi yang beralamat pada jalan Sutorejo No. 59, Surabaya, Jawa Timur. Didirikan pada tanggal 26 September 2001. Akademi ini menyediakan sebuah program studi yaitu Analisis Kesehatan D3 dengan akreditasi B.

    Analisis kesehatan, apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata tersebut? Mungkin anda akan berpikir seorang yang bekerja sebagai dokter, perawat, ataupun apoteker. Ada banyak profesi yang bergerak di bidang kesehatan, seperti profesi yang berasal dari lulusan jurusan “analisis kesehatan” atau bisa disebut juga “pranata laboratorium”.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Mungkin bagi sebagian orang istilah analisis kesehatan memang masih terdengar asing. Analisis kesehatan merupakan pekerjaan atau profesi yang bergerak pada bidang sarana kesehatan,  bertugas melakukan penelitian pada bahan yang berasal dari seorang manusia ataupun yang tidak berasal dari manusia untuk menentukan dan mengenali jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor lainnya yang dapat memengaruhi kesehatan seorang manusia.

    Analisis kesehatan memiliki peranan yang sangat penting dalam kepentingan kesehatan manusia, yaitu sebagai pelaksana teknis dan peneliti dalam laboratorium medis. Seorang yang memiliki profesi di bidang analisis kesehatan harus memiliki keterampilan serta tanggung jawab yang tinggi dalam melaksanakan pekerjaannya. Ini dikarenakan profesi ini dapat berisiko sangat fatal jika terjadi kesalahan.

    Setelah membaca penjelasan tentang analisis kesehatan di atas apakah anda tertarik untuk mempelajari bidang ini? Tentunya jurusan ini dapat membuka peluang kerja yang sangat luas. Berikut kami akan jelaskan apa saja peluang kerja yang akan anda dapatkan dari jurusan analisis kesehatan.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

    Peluang Kerja Analisis Kesehatan

    1. Manajemen Kesehatan

    Manajemen kesehatan merupakan suatu kegiatan dalam mengatur dan mengkoordinasikan pelayanan kesehatan agar dapat berjalan secara efektif dan efesien bagi masyarakat. Lulusan dalam bidang ini dapat menduduki pekerjaan seperti manajer di instansi kesehatan.

    1. Kesehatan lingkungan

    Kesehatan lingkungan adalah bidang yang bertanggung jawab dalam aspek penanganan lingkungan yang dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat. Seorang yang berasal dari lulusan ini dapat menduduki pekerjaan seperti Manajer lingkungan RS.

    1. Biostatistik

    Biostatistik merupakan suatu ilmu dasar yang digunakan untuk mempelajari permasalahan di bidang biologi dan kedokteran dalam lingkup masyarakat. Lulusan dari bidang ini dapat menduduki pekerjaan seperti ahli statistik di instansi kesehatan.

    1. Epidemiologi

    Epidemiologi adalah ilmu yang bergerak dalam mempelajari tentang faktor dan pola penyakit serta masalah kesehatan dalam lingkup masyarakat. Lulusan dalam bidang ini biasanya bergerak sebagai tim surveilans penyakit.

    1. Administrasi kebijakan kesehatan

    Administrasi kebijakan kesehatan adalah suatu bidang administrasi yang penerapannya dilakukan pada upaya memperoleh ilmu serta kebijakan kesehatan. Lulusan yang berasal dari bidang ini dapat menduduki berbagai pekerjaan manajer di instansi kesehatan.

    1. Kesling

    Kesling atau kesehatan lingkungan merupakan ilmu yang mempelajari cara untuk dapat mencapai suatu keseimbangan dalam lingkungan dan juga ilmu dalam pengelolaan lingkungan agar tercapai kondisi yang sehat bagi masyarakat.

    1. Lembaga swadaya masyarakat

    Lembaga swadaya masyarakat atau disingkat LSM adalah sebuah organisasi yang bergerak secara sukarela dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. Dalam contoh ini lembaga swadaya yang bergerak untuk memberikan layanan kesehatan pada masyarakat.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Farmasi

    Farmasi adalah suatu profesi dalam bidang kesehatan yang menggabungkan ilmu kesehatan dan ilmu kimia dalam memastikan keamanan serta efektivitas suatu obat. Praktik kerja farmasi mencakupi praktik farmasi tradisional seperti membuat racikan dan menyediakan obat, ataupun pelayanan farmasi modern yang berhubungan dengan layanan pemberian informasi obat.

    1. Ilmu gizi

    Ilmu gizi mempelajari hal – hal yang berkaitan dengan zat – zat gizi, mulai dari zat gizi pada makanan, apa saja zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, serta berbagai penyakit. Seorang lulusan dari bidang ini dapat bekerja sebagai konsultan gizi pada instansi kesehatan.

    1. Teknologi Pangan

    Teknologi pangan adalah suatu bidang ilmu yang menerapkan ilmu tentang bahan pangan serta penggunaan teknologi yang tepat dalam memperoleh manfaat yang seoptimal mungkin dari bahan pangan.(Athallah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Analis Kesehatan Unmuh Surabaya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar